SAAT BERTAHAN PADA PEKERJAAN YANG TIDAK SESUAI PASSION

Saat mendapatkan suatu pekerjaan kita seringkali melupakan apakah pekerjaan tersebut sesuai passion atau tidak, apalagi untuk kita yang sudah lama Jobless maupun bagi freshgraduate. Saat mendapat info diterima sebuah perusahaan seringkali kita langsung mengiyakan tanpa berpikir resiko apabila ternyata pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan pasion kita.

Setelah waktu berjalan, terkadang kita baru menyadari bahwa pekerjaan kita tidak sesuai dengan passion kita. Nah saat kita sadar apakah kita harus segera mengajukan resign ? Jika keadaa tidak memungkinkan kita resign bagaimana ? Jika keadaan tidak memungkinkan kita resign seperti masalah ekonomi kita bila tidak bekerja maka keperluan hidup tidak dapat terpenuhi, atau kita masih terikat dengan kontrak kerja kalau sampai kita melanggar kontrak kerja kita akan kena pinalty dari perusahaan, dan faktor-faktor yang lainnya.

Apabila kita dalam posisi seperti diatas maka ada beberapa hal bisa kita lakukan, antara lain :

a. Terkadang Kita Harus Memendam Passion Dan Harus Bisa Menerima Kenyataan

Saat kita menerima realita bahwa kita harus tetap bekerja walaupun pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan passion kita, hal itu terkadang memang cukup sulit, namun kita harus belajar untuk mensyukuri apa yang telah kita terima dan mencoba melihat keluar sana masih banyak pengangguran.

b. Jangan Pernah Berhenti Belajar Dalam Hal Apapun

Jangan pernah untuk berhenti belajar, kita harus terus mengali siapa diri kita, apa potensi yang Anda miliki untuk mengambangkan karir Anda diperusahaan. Saat kita bekerja terkadang kita menghadapi suatu permasalahan atau tantangan, namun jangan pernah menyerah namun jadikan itu sebagai media belajar untuk berkembang yang lebih baik lagi.

c. Bekerja Tidak Sesuai Passion Bukanlah Alasan Untuk Bekerja Setengah-setengah, sebab apabila kita bekerja setengah hati maka hasilnya tidak akan maksimal dan itu akan merugikan bagi kita sendiri seperti kita di PHK dari perusahaan, atau kita tidak diikutsertakan dalam proses promosi jabatan, atau kita tidak dipercaya oleh atasan dan dipandang sebelah mata dalam bekerja, sehingga karir kita akan cenderung stagnan.

d. Positive Thingking

Supaya kita mampu bertahan dalam kondisi dimana kita bekerja namun tidak sesuai passion, salah satu caranya adalah dengan berpikiran positif dalam setiap langkah pekerjaan Anda. Sebab dengan kita berpikir positif maka energi yang kita dapatpun akan berupa energi positif yang dapat mendukung kita dalam mengahadapi segala tantangan.

e. Memiliki “Me time”

Kita perlu meluangkan sedikit waktu untuk refresing atau istirahat supaya dapat mengisi ulang energi kita yang telah kita gunakan dalam bekerja, energi yang kita keluarkan akan lebih besar apabila kita menghadapi masalah dimana pekerjaan kita tidak sesuai dengan passion, kita cenderung mudah lelah dan mudah stress, untuk itu refresing sangat dibutuhkan bagi kita. Supaya kita tetap bisa bersemangat dan mampu mengendalikan emosi kita saat bekerja.

 

Penulis,

Budy Indah Anggraeni, M.Psi

Owner Amaryllis Consulting

Share
Komentar