10 Cara Olahraga Ringan di Meja Kerjamu

-
10 Cara Olahraga Ringan di Meja Kerjamu

Menjaga tubuhmu tetap fit membutuhkan kira-kira 30 menit aktivitas fisik sedang lima kali sehari atau 20 menit aktivitas berat sebanyak tiga kali sehari. Sayangnya, kira-kira kamu menghabiskan 40-45 jam di kantor setiap minggunya, sehingga mungkin kamu sudah terlalu lelah untuk berolahraga di rumah atau gym. Untungnya ada ratusan cara berolahraga ringan di kantor tanpa meninggalkan meja, yang dapat kamu lakukan di sela-sela jam kerja.

 

Ayo praktekkan latihan ringan ini!

 

1. Peregangan Leher

Mulailah dengan peregangan leher yang mudah namun dapat mengurangi sakit punggung. Caranya adalah miringkan kepalamu sehingga telinga menyentuh bahu dan tahan selama beberapa detik. Kamu juga bisa berdiri di depan pintu dan merentangkan tangan sehingga kedua tanganmu menyentuh kusen pintu, kemudian berjalan sampai kamu merasakan peregangan di bagian dada. Terakhir, letakkan tangan di pinggang kemudian lengkungkan tubuhmu ke belakang.

 

2. Peregangan Telapak Tangan

Berdiri di depan mejamu. Letakkan kedua tanganmu di atas meja, dengan posisi jari-jari menghadap ke arahmu. Kemudian, turunkan tubuhmu perlahan hingga kamu merasakan peregangan. Tahan selama 15 detik, kemudian kembali berdiri tegak.

 

3. Melayang di Atas Kursi

Duduklah bersila di atas kursimu. Letakkan kedua tangan di masing-masing pegangan tangan, tahan perutmu, dan angkat tubuhmu beberapa senti di atas kursi menggunakan kekuatan otot perut, lengan, dan tangan. Tahan selama 10 sampai 20 detik, turun, istirahatlah 30 detik, kemudian ulangi lima kali.

 

4. Peregangan Kaki

Duduk di kursimu dan panjangkan satu kaki lurus di depanmu. Tahan posisi tersebut selama dua detik, kemudian naikkan setinggi mungkin. Tahan lagi dua detik, kemudia turunkan kakimu secara perlahan ke posisi semua. Ulangi 15 kali untuk masing-masing kaki.

 

5. Peregangan Tulang Belakang

Duduk tegak di kursimu dan angkat kedua tanganmu ke atas. Letakkan tangan kirimu di atas meja, sentuh bagian belakang kursimu dengan tangan kanan, dan putar perlahan ke arah kanan. Tahan selama 10 detik, lalu kembali ke posisi semula, dan angkat kedua tanganmu ke atas lagi. Ulangi ke arah sebaliknya.

 

6. Push Up di Meja

Berdiri beberapa langkah di depan mejamu dengan kaki rapat. Letakkan telapak tanganmu di tepi meja, beri jarak selebar bahu seperti jika kamu hendak melakukan push up biasa. Bawa dadamu turun ke dekat sisi meja seperti melakukan push up. Ulangi 20 kali.

 

7. Invisible Chair

Berdiri di depan kursimu dengan kedua kaki terbuka selebar pinggang. Letakkan tangan di pinggang dan turunkan tubuhmu hingga beberapa senti di atas kursi. Lalu, duduklah perlahan-lahan. Ulangi 20 kali.

 

8. Peregangan Bahu

Duduk tegak di kursimu dan lipat lengan kirimu, letakkan di belakang punggung dengan telapak tangan menghadap ke atas. Angkat tangan kananmu ke atas dan tekuk, sehingga menyentuh telapak kanan kirimu. Jika kamu bisa, tahan 10 detik, namun jika tidak bisa, jangan dipaksakan. Pegang saja bajumu.

 

9. Peregangan Trisep

Berdirilah membelakangi mejamu dengan bokong menempel pada sisi meja, kemudian letakkan telapak tanganmu di pinggir meja. Rapatkan kakimu, tekuk siku, dan bawa badanmu turun. Tahan selama 10 detik, kemudian naik lagi. Ulangi 20 kali.

 

10. Peregangan Tangan

Duduk tegak di kursimu dan angkat kedua tanganmu. Genggam pergelangan tangan kananmu dengan tangan kiri dan tarik untuk meregangkan tubuh bagian kananmu. Tahan posisi ini selama 10 detik, sebelum kembali ke posisi semua. Lakukan hal yang sama dengan tangan lainnya dan ulangi masing-masing 5 kali tiap sisi.

 

Ide-ide latihan mudah ini membuatmu dapat berolahraga tanpa meninggalkan kantor. Selain mudah, tubuhmu akan bugar dan fit jika kamu melakukan latihan-latihan ini. Ayo, berani coba?

Komentar