10 Kesalahan dalam Berkarier yang Wajib Kamu Hindari

-
10 Kesalahan dalam Berkarier yang Wajib Kamu Hindari

Sebagai manusia, kita memang pasti akan berbuat salah. Namun, sebisa mungkin kita berusaha untuk menghindari kesalahan yang mungkin terjadi. Dengan menghindari kesepuluh kesalahan karier di bawah berikut dan fokus terhadap kerjamu, maka kamu bisa tenang dalam berkarier.

Hati-Hati Kesalahan dalam Berkarier Berikut

 

1. Terjebak dalam Zona Nyaman

Ketika kamu telah di posisi yang sama dalam beberapa tahun dan mulai merasakan kenyamanan dalam bekerja sehingga tidak lagi ada semangat untuk bergerak maju, itu berarti kamu telah masuk ke dalam zona nyaman. Zona nyaman atau comfort zone memang menyenangkan, namun hati-hati karena berada di comfort zone bisa membuat Anda terlena sehingga enggan untuk bergerak maju.

 

2. Tidak Memandang Luas

Memahami betul apa yang ingin perusahaan capai merupakan salah satu cara penting untuk dapat mengetahui peranmu dalam bekerja dan pencapaian apa yang harus kamu raih agar target perusahaan bisa tercapai. Dengan memiliki pengertian dan pehamaman apa yang menjadi target perusahaan, kamu bisa menggali lebih dalam lagi apa tujuanmu direkrut dan passion dalam bekerja, yang berarti hal tersebut juga turut membawamu menuju pintu kesuksesan.

 

3. Membuang Kesempatan

Dunia bisnis kadang merupakan dunia yang kecil dan reputasi serta image merupakan hal penting dalam dunia ini. Networkingi dan rekomendasi rekan yang mengenalmu merupakan salah satu hal penunjang pencapaian kesuksesan kariermu. Dengan membuang kesempatan untuk networking, bisa saja kamu kehilangan kesempatan berkarier di perusahaan yang baik.

 

4. Kehidupan Bekerja dan Karier Tidak Seimbang

Hal yang pertama untuk mencapai kesuksesan berkarier adalah kamu harus enjoy dalam bekerja dan getting work-life balance. Dengan menyeimbangkan kehidupan bekerja dan berkarier akan sangat membantumu untuk mencapai kesuksesan yang menjadi tujuanmu. Bekerja memang penting namun apabila kamu tidak happy sama sekali dalam bekerja maka pekerjaanmu akan menjadi sia-sia.

 

5. Tidak Membatasi Kehidupan Personal dan Profesional

Sering kali, keakraban yang terjalin diantara para rekan kerja memang bagus. Namun, tetap pastikan untuk selalu bersikap profesional saat di kantor. Dengan membatasi antara kehidupan personal dan profesional kamu bisa bekerja maksimal di kantor dan akan mendapat image sebagai seorang profesional pula.

 

6. Selalu Merasa Rumput Tetangga Lebih Hijau

Sebelum memutuskan untuk berhenti bekerja, tanyakan kepada diri sendiri kenapa kamu memutuskan hal tersebut. Biasanya, menganggap pekerjaan orang lebih lebih menyenangkan dibanding diri sendiri akan membawa kepada kekecewaan. Percayalah, pekerjaan dan situasi orang lain tidak lebih baik dari kita dan bersikap rendah diri akan membawa masalah baru. Sebelum kamu mulai mencari pekerjaan baru, kamu harus memastikan bahwa hal tersebut bukanlah sebagai pelarian dari rasa kekecewaan yang kamu rasakan.

 

7. Tidak Memperbarui Kemampuan

Selalu up date dengan teknologi terkini adalah hal penting untuk memastikan kemampuanmu semakin berkembang. Gagal dalam mengikuti perkembangan zaman dan teknologi berarti gagal pula untuk mencapai kesuksesan karier karena setiap harinya para pesaingmu memperbarui kemampuan mereka.

 

8. Tidak Berani Mengambil Risiko

Setelah bekerja di dunia industri yang sama, kamu telah mempunyai pengalaman dan pelajaran yang cukup banyak dalam industri tersebut. Sehingga, ketika dihadapkan dalam suatu situasi, kamu bisa memanfaatkan pengalaman dan pemahaman yang kamu punya untuk mengambil keputusan. Dengan begitu, kamu bisa menghindar dari rasa penyesalan yang mungkin bisa datang di masa depan.

 

9. Tidak Dapat Membuat Priority List

Hal terpenting lainnya ketika bekerja adalah kamu harus bisa untuk membuat priority list dari project yang sedang kamu kerjakan. Fokuskan pekerjaanmu kepada project yang memiliki value tinggi. Value tersebut bisa berupa project yang membawa revenue paling tinggi dan membuat bisnis perusahaan berkembang. Pekerjaan yang bisa membawa impact besar terhadap bisnis perusahaan tentulah akan membuat semangat untuk menyelesaikannya.

 

10. Tidak Percaya Diri

Kehilangan kepercayaan diri adalah hal yang sangat berbahaya – karena saat kamu tidak percaya diri sendiri maka rekan kerjamu pun juga tidak percaya kepadamu. Kehilangan kepercayaan diri? Timbulkan lagi kepercayaan dirimu dengan mengingat pencapaian yang telah kamu raih. Selalu lah ingat bahwa kamu lebih hebat dari pada pemikiran yang kamu tanamkan ke dirimu sendiri.

Komentar