Ini Keuntungan Bekerja di Perusahaan Kecil

-
Ini Keuntungan Bekerja di Perusahaan Kecil

Kebanyakan pencari kerja ingin bekerja di perusahaan besar, ternama, bahkan bertaraf internasional. Selain terlihat keren, perusahaan tersebut dapat menjamin untuk memberikan kesejahteraan karyawan diatas rata-rata.Tidak heran, jika saat perusahaan besar tersebut membuka lowongan pekerjaan, ada ribuan orang yang melamar. Bukan hanya para pengangguran saja yang melamar, tapi juga para karyawan yang sudah bekerja kadang juga ikut melamar. Ini berarti, saingan kamu untuk mendapatkan posisi di perusahaan tersebut akan semakin banyak dan kompetitif. Bila akhirnya bukan kamu yang mendapatkan pekerjaan tersebut, jangan berkecil hati dan putus asa. Mungkin ini saatnya bagi kamu untuk memutuskan melamar di perusahaan kecil ataupun startup.

 

Kontribusi yang kamu lakukan dalam bekerja sangat menentukan apakah perusahaan akan berkembang atau malah bangkrut. Sangat masuk akal bila orang-orang yang berkecimpung dalam perusahaan ini kerap menganalogikan seperti menaiki roller coaster. Ini disebabkan dinamika kerja yang sangat dinamis, kamu bisa bekerja lebih efisien, tidak adanya batasan tanggung jawab, pengetahuan, dan belajar mengenai segala hal yang berhubungan dengan bisnis.

Masih belum yakin juga untuk bekerja di perusahaan kecil? Simak keuntungan lainnya yang ditawarkan perusahaan kecil dan startup!

Keuntungan Bekerja di Perusahaan Kecil

 

1. Lingkungan Kerja yang Kekeluargaan

Perusahaan kecil atau startup memiliki karyawan kurang dari 200 orang,. Hal ini berarti membuka kesempatan karyawan untuk lebih mengenal satu sama lain. Kamu bisa mengenal karyawan yang berbeda divisi, yang bahkan pekerjaanmu tidak berhubungan dengan divisi tersebut. Lingkungan kerja yang kekeluargaan menjadi poin penting karena dapat meningkatkan produktivitas karyawan.

Bila kamu bekerja di perusahaan besar, walaupun sudah bertahun-tahun belum tentu kamu mengenal satu sama lain. Kamu mungkin bahkan tidak mengetahui secara detail karyawan yang kubikelnya berdekatan denganmu.

 

2. Berada di Lingkungan Penuh Inovasi

Bekerja di perusahaan kecil atau pun startup berarti kamu akan bekerja dengan tim yang bersemangat dan antusias. Berkerja dengan orang-orang yang berprofesi sesuai passionmereka masing-masing, dapat memicu inspirasi dan akhirnya akan muncul ide-ide yang inovatif. Hal ini akan mendorong ke perkembangan bisnis yang lebih maju lagi.

Menjadi bagian dari tim kewirausahaan juga merupakan cara terbaik untuk kamu belajar tentang inovasi. Pengusaha adalah orang tepat yang bisa kamu jadikan panutan untuk belajar mengenai bagaimana menangani masalah dan menemukan cara efisien mengatasinya.

 

3. Pencapaianmu Terlihat Nyata

Dengan bekerja di perusahaan kecil, hasil kerjamu akan terlihat nyata, sekecil apapun itu. Kamu bisa berkontribusi secara langsung dan terlibat dalam setiap program perusahaanmu, sehingga kamu akan bisa produktif setiap harinya. Hasil kerjamu juga akan diapresiasi oleh banyak orang dan  pastinya kamu pasti akan lebih bersemangat dalam bekerja.

Dalam perusahaan kecil, semua yang kamu lakukan akan memberikan kontribusi kepada keberhasilan ataupun kegagalan bisnis perusahaan. Karena hal itulah, sistem organisasi mereka dibuat sedatar mungkin. Bandingkan dengan perusahaan besar, kamu akan terus berurusan dari berbagai departemen untuk meminta persetujuan atas project yang kamu lakukan. Pada akhirnya ide-ide yang kamu miliki belum tentu bisa direalisasikan dalam waktu dekat.

 

4. Mempunyai Kesempatan Mengembangkan Skill

Walaupun kamu mempunyai job description yang jelas, namun bukan berarti kamu tidak bisa belajar hal yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaanmu. Walau mungkin hal tersebut tidak terlalu terdengar positif , tapi bagi kamu yang menginginkan tantangan pastinya akan bersemangat untuk berkerja di perusahaan kecil atau pun startup. Anggap saja hal baru yang akan kamu pelajari sebagai selingan untuk menghindari kebosanan yang umumnya dilanda karyawan perusahaan besar.

 

5. Mempunyai Kesempatan Mengembangkan Karier

Pernah merasa terjebak dalam karier yang sedang kamu jalani? Bekerja di perusahaan kecil memungkinkan kamu untuk menentukan jenjang karir yang akan kamu jalani. Bahkan bila saat ini kamu masih sedang merancang karir impian, bukan tidak mungkin kamu akan mendapat tawaran di posisi yang kamu inginkan. Jika kamu berusaha keras mewujudkannya, tinggal selangkah lagi kamu berada di posisi tersebut.

Bagi kamu yang ingin membangun perusahaan sendiri, bekerja di perusahaan kecil atau startup merupakan sekolah terbaik. Lingkungan kerja di perusahaan ini adalah kondisi ideal untuk mendidik diri kamu tentang cara menetapkan tujuan, melaksanakan strategi, menjalankan operasi bisnis. Kamu juga mungkin akan diminta untuk melakukan tugas-tugas bisnis administrasi lainnya yang benar-benar berguna saat memulai usaha sendiri

 

Bekerja di perusahaan ternama memang menguntungkan. Namun bukan berarti kamu boleh memandang sebelah mata terhadap perusahaan kecil atau startup. Bila jiwa kamu masih haus akan pengetahuan dan menyukai tantangan, perusahaan kecil akan memenuhi keinginanmu tersebut. Bigger doesn’t always mean better, ingat ini saat kamu mulai putus asa lamaran pekerjaanmu tidak ada tanggapan dari perusahaan besar.

Komentar