Hal yang Tidak Dianjurkan Selama Interview Kerja

 

Setiap jobseeker menginginkan mendapatkan sebuah pekerjaan. Untuk memperoleh pekerjaan yang diinginkan, jobseeker harus melalui serangkain proses seperti interview awal, psikotest, dan interview dengan pimpinan perusahaan.

 

Dalam interview kerja ada beberapa rambu yang perlu diperhatikan, antara lain :

Bicara seperlunya dan jangan terlalu cepat.

Saat wawancara bicaralah secukupnya, Anda tahu kapan Anda harus berhenti bicara. Jangan berbicara berbelit-belit sebab hal ini akan membuat interviewer berpikir Anda orang yang kurang logis dan membuat jenuh.  Perlu diingat pula saat bicara jangan terlalu cepat dan perhatikan artikulasinya. Serta jangan gugup, sebab apabila Anda gugup maka bisa menghancurkan konsentrasi dan berbicara menjadi tidak terfokus.

 

Gerakan tangan jangan berlebihan

Biarkan tangan bebas untuk mengekspresikan kata-kata anda, tapi tidak berlebihan, gerakan tangan yang berlebihan dapat diindikasikan bahwa Anda sedang mengalami kecemasan. Perlu dingat juga jangan melipat tangan di dada pada saat wawancara, karena memberi kesan bahwa anda seorang yang kaku dan defensif.

 

Kontak Mata

Selama proses interview Anda harus menjaga kontak mata dengan sang interviewer, jangan pernah menundukkan kepala selama proses interview berlangsung. Sebab jika Anda menundukkan kepala, hal ini mengindikasikan ketidak percayaan diri. Namun jangan pula Anda terlihat melotot sebab kesannya Anda arogan dan menantang,

 

Jangan Pernah Berbohong

Berbohong adalah hal tidak baik, demikian pula selama proses job interview juga sangat dilarang. Terkadang Anda menjawab pertanyaan walaupun sebenarnya Anda tidak yakin dengan jawaban tersebut, hanya karena takut dianggap tidak tahu atau bodoh. Ketika ada pertanyaan yang Anda tidak yakin dengan kebenaran akan jawaban Anda, lebih baik Jawablah pertanyaan dengan jujur bahwa Anda belum mengetahui jawabannya.

 


Penulis,

Budy Indah Anggraeni, M.Psi

Owner Amaryllis Consulting

Share
Komentar