Facebook Sebagai Sarana Mendapatkan Pekerjaan

Untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, banyak hal yang bisa kita lakukan, misalnya melihat info lowongan kerja di koran, web penyedia info lowongan kerja, dari teman, dan dari media sosial. Media sosial yang sering digunakan adalah facebook. Menurut penelitian di Amerika 83 %  orang menggunakan facebook untuk mencari inormasi tentang lowongan pekerjaan.

Perusahaan lebih suka memasang info lowongan pekerjaan lewat facebook, alasannya selain pengguna Facebook yang mencapai 8 billion ( hingga januari 2017), free posting, dan sarana untuk mempromosikan perusahaan mereka. Selain itu pihak perusahaan dapat lebih mudah melihat profil pengguna Facebook dan melihat riayat pengalaman atau aktivitasnya.

TIPS :

 

1. Kelompokkan  teman Anda

Anda bisa mengelompokkan orang-orang yang menurut Anda profesional dan mempunyai peluang dapat memberikan Anda Pekerjaan, beri nama kelopok tersebut “Smart profesional”.

2. Posting CV

Posting CV Anda dalam akun profile facebook, namun usahan yang dapat melihat postingan tersebut hanya tema-teman yang Anda kelompok “smart profesional” saja. Sebab jika dipasang secara umum dan dapat dilihat oleh publik, takutnya ada beberapa orang yang tidak berkepentingan dapat menyalahgunakan CV Anda. Jadi Anda perlu membuat privaci dalam akun facebook Anda yang hanya dapat dilihat oleh kelompok-kelompok tertentu saja.

3. Posting kegiatan Anda yang Positif

Saat Anda posting suatu status atau foto kegiatan Anda, usahakan pikirkan dahulu beberapa kali, apakah postingan itu layak ditampilkan atau tidak. Usahakan posting status dengan kata-kata yang positif. Akan bagus lagi bila Anda terlibat dalam suatu kegiatan kemasyarakatan atau profesional yang positif yang dapat menjual “harga jual” Anda bagi perusahaan yang sedang mencari candidat karyawan.

4. Rajin Mengirin “message” kepada kelompok “smart profesional”

Rajin-rajinlah mengirim massege kepada kelompok “smart Proesional” untuk sekedar menyapa sampai menanyakan loongan yang tersedia untuk Anda. Bisa juga Anda membuka sebuah diskusi tentang dunia kerja dan seluk beluknya, namun sebelum melakukan diskusi tersebut sebaiknya Anda membaca reerensi dahulu jadi Anda akan lebih menguasai topik diskusi sehingga Anda akan terlihat mampu dan kompeten dalam materi diskusi itu. Sekali lagi semua itu bertujuan untuk menaikkan harga jual Anda dan membuka peluang kerja bagi Anda.

 

Penulis,

Budy Indah Anggraeni, M.Psi

Owner Amaryllis Consulting

Share
Komentar