Tips Mencari Uang Hanya dengan Menulis

Memiliki kemampuan yang baik dalam menulis akan membantu Anda untuk bisa mendapatkan sujumlah uang. Ini bahkan menjadi pekerjaan yang lebih mudah untuk dilakukan. Mengingat saat ini ada banyak media yang dapat Anda manfaatkan untuk memaksimalkan kemampuan yang dimiliki dalam bidang menulis.

 

Internet memberi banyak kemudahan bagi para penulis untuk bisa mendapatkan uang. Sebab ada banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan secara online. Bahkan, sekalipun Anda tidak bertemu secara langsung dengan para klien nantinya. Lalu, apakah Anda sudah siap untuk menghasilkan uang dari pekerjaan yang satu ini?

 

Menulis akan berbeda dengan pekerjaan lainnya. Sebab untuk pekerjaan yang satu ini, Anda hanya akan menggunakan pikiran dan pengetahuan yang cukup luas, tergantung pada jenis tulisan yang akan dibuat nanti. Untuk itu, pastikan diri Anda memang memiliki kemampuan yang baik dalam menulis sejak awal, termasuk komitmen yang jelas dan kuat untuk melakukan pekerjaan ini.

Jangan sampai Anda telah menerima pekerjaan, tapi tak kunjung mengerjakan dan menyelesaikannya dengan baik. Pilihlah jenis topik/bidang menulis yang sesuai dengan kemampuan sehingga Anda bisa menyelesaikan setiap proyek dengan baik dan tepat waktu. Jika sudah siap, segera mulai dan hasilkan uang.

 

Simak beberapa pilihan pekerjaan menulis berikut ini yang dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan untuk bisa mendapatkan uang.

 

1. Menawarkan Jasa Pengetikan

Punya kemampuan yang baik dalam mengetik, kenapa tidak menawarkan jasa pengetikan saja? Sebab jasa pengetikan hanya akan menerima pekerjaan pengetikan, bukan penulisan untuk topik tertentu. Meskipun demikian, Anda tetap harus memerhatikan akurasi dalam melakukan pengetikan itu sendiri.

Klien tentu menginginkan hasil ketik yang maksimal, minim typo, dan rapi serta terstruktur dengan baik. Untuk itu, pahamilah cara melakukan layout yang baik sehingga semua hasil ketikan akan sesuai dengan pesanan para klien.

Peluang Anda untuk bisa mendapatkan uang dari pekerjaan ini terbilang cukup besar. Mengingat kini ada banyak orang yang membutuhkan jasa ketik, seperti mahasiswa atau pekerja kantoran yang terlalu sibuk untuk menyelesaikan semua pekerjaan mereka.

Pekerjaan ini juga bisa Anda lakukan secara online. Sebab data dan hasil ketikan Anda tentu bisa dikirim dengan mudah kepada para klien melalui email. Namun, ada banyak orang juga yang membutuhkan pekerjaan ini secara offline, misalnya mahasiswa dan pelajar yang sedang mengerjakan tugas-tugas mereka.

 

2. Menjadi Penulis Captcha

Untuk menjadi pekerja yang satu ini, Anda harus memiliki sambungan internet yang baik dan memadai. Sebab pekerjaan ini akan dilakukan secara onlineCaptcha merupakan sebuah terobosan yang dibuat sebagai bentuk verifikasi bagi para pengguna internet. Tes ini dibutuhkan untuk memastikan pengguna yang sedang online adalah manusia, bukan robot yang diprogram secara khusus.

Jika melihat kegunaannya, jelas tes ini wajib dilakukan pengguna internet secara manual. Caranya dengan mengetikkan serangkaian kode unik yang nantinya diminta supaya bisa mengakses situs yang dikunjungi. Pekerjaan ini bisa dilakukan secara online selama 24 jam.

 

3. Menulis sebagai Kontributor Website

Ada banyak website yang membutuhkan tulisan untuk menaikkan traffic kunjungan. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan uang. Topik yang bisa dibahas cukup beragam, seperti kuliner, traveling, pernak-pernik, dan yang lainnya.

Anda bisa memilih salah satu website yang paling tepat, misalnya IDN Times. Di website tersebut Anda bisa menjadi seorang kontributor berbayar untuk setiap konten yang Anda tuliskan di sana. Jika jeli memilih topik yang banyak diminati, Anda bisa mendapatkan sejumlah uang yang cukup besar.

 

4. Jadi Freelancer Konten Online

Selain menjadi kontributor, Anda juga bisa menjadi freelancer konten online yang dipesan para klien. Ada banyak jenis konten yang dibutuhkan sehingga bisa memilih topik tertentu yang memang sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan Anda.

Untuk bisa terhubung dengan para klien, Anda bisa mengunjungi dan mendaftar di website freelancer, seperti freelancer.com atau project.co.id. Di sana Anda bisa menemukan banyak klien yang membutuhkan jasa menulis konten sehingga Anda memiliki kesempatan yang luas untuk mendapatkan uang.

 

5. Menawarkan Jasa Data Entry

Masih bekerja secara online dan mengandalkan kemampuan menulis yang dimiliki, Anda juga bisa menerima pekerjaan untuk melakukan data entry. Pekerjaan ini akan membutuhkan ketelitian yang tinggi, terutama jika data yang harus dimasukkan terdiri dari angka.

Ada banyak perusahaan yang membutuhkan layanan yang satu ini sehingga Anda akan bisa menemukan sejumlah klien dengan mudah. Pada umumnya, pekerjaan ini akan menangani data-data penjualan, stok barang, dan yang lainnya. Bergabung dengan website pencari kerja online akan memudahkan Anda untuk mendapatkan klien di bidang menulis.

 

6. Jadi Transkriptor atau Captioning

Kedua pekerjaan ini pada umumnya dilakukan secara online. Anda akan mendengarkan sebuah audio dan mengetikkan naskah untuk audio tersebut. Artinya, Anda harus memiliki kemampuan mendengar yang sangat baik, termasuk kemampuan untuk menghafalkan dan menerjemahkan (jika dibutuhkan) kata-kata di dalam audio tersebut untuk menjadi sebuah naskah.

Pilih yang Sesuai dengan Minat dan Kemampuan

Ada banyak peluang kerja menulis yang bisa Anda temukan saat ini. Namun, selalu pastikan bahwa Anda menguasai dengan baik bidang menulis yang Anda pilih. Hal ini akan membuat Anda lebih nyaman dan bisa bekerja dengan maksimal. Bukan hanya itu, Anda juga bisa lebih mudah untuk mendapatkan uang.

Share
Komentar