Merasa Kesulitan Naik Gaji? Mungkin Hal-hal Ini Penyebabnya

Bagi Anda yang bekerja di kantoran, tentu saja menginginkan kenaikan gaji setelah sekian lama bekerja. Apalagi jika memang merasa sudah bekerja keras dan loyal kepada perusahaan, tentu saja Anda mengharapkan jika perusahaan menyetujui kenaikan gaji yang diinginkan.

Nyatanya, mengajukan kenaikan gaji bukanlah hal yang mudah. Meskipun Anda merasa sudah layak, ternyata ada banyak hal yang menyebabkan gaji belum dapat naik hingga saat ini.

 

1. Permintaan Kenaikan Tidak Sebanding dengan Kualitas

Salah satu faktor yang mungkin cukup memengaruhi adalah kualitas Anda yang kurang memenuhi ekspektasi perusahaan. Ada hal yang semestinya harus Anda buktikan, tapi tidak terpenuhi hingga 100 persen.

Jika hasil pekerjaan yang Anda miliki cuma begitu saja tanpa adanya peningkatan, tentu saja perusahaan akan berpikir-pikir lagi untuk memberikan kenaikan gaji untuk Anda.

 

2. Kurang Disiplin dan Kurang Taat Aturan

Setiap perusahaan pastinya punya peraturan masing-masing yang harus diikuti setiap karyawan. Jika Anda kesulitan mengajukan kenaikan gaji, bisa jadi karena Anda yang tidak mengikuti peraturan-peraturan dibuat perusahaan.

Tentu saja perilaku tersebut akan menyebalkan dan menimbulkan persepsi buruk dalam pikiran Anda.

 

3. Takut Meminta Kenaikan Gaji

Faktor lainnya mungkin saja dikarenakan Anda yang terlalu sungkan meminta kenaikan gaji kepada atasan.

Bila Anda memang sudah lama bekerja di perusahaan dan termasuk karyawan yang memiliki banyak prestasi dan kontribusi yang cukup signifikan, tidak ada salahnya sebenarnya untuk meminta kenaikan gaji.

Terkadang mengajukan kenaikan gaji menimbulkan rasa sungkan tersendiri karena mungkin Anda akan ditanyai tentang beberapa hal sebelum kenaikan gaji disetujui.

Menurut survei di Amerika Serikat, terdapat 43 persen orang yang mengakui jika mereka tidak pernah meminta kenaikan gaji selama bekerja. Padahal, segala usaha yang Anda lakukan tentunya harus dihargai dengan hasil yang serupa.

Karena itu, tidak ada salahnya untuk memberanikan diri meminta kenaikan gaji yang memang menjadi hak Anda.

 

4. Kurang Profesional

Sikap profesional Anda akan dinilai sebagai salah satu syarat untuk mendapat kenaikan gaji seperti yang diharapkan. Karena itu, cobalah untuk melihat diri sediri terlebih dahulu, apakah Anda sudah termasuk sudah profesional atau kurang.

Banyak orang yang kesulitan mendapatkan kenaikan gaji hanya dikarenakan kurang profesional dalam bekerja. Misalnya, sikap Anda yang cenderung untuk bemalas-malasan ketika di kantor. Karena itu, cobalah untuk memulai bersikap profesional agar keinginan bisa cepat terpenuhi.

 

5. Gegabah dalam Meminta Kenaikan

Jika Anda meminta kenaikan gaji dengan gegabah, bahkan tidak melihat bagaimana kondisi perusahaan, hal ini sebenarnya bukanlah langkah yang tepat. Meminta kenaikan gaji memang adalah hal yang wajar jika Anda memang merasa sudah memberikan banyak hal kepada perusahaan.

Namun, penting pula untuk menentukan waktu yang tepat untuk mengajukan kenaikan gaji. Jika kondisi keuangan perusahaan sedang tidak stabil, bukanlah waktu yang tepat untuk mengajukan kenaikan gaji. Apalagi jika Anda masih baru bekerja di perusahaan tersebut.

 

6. Negosiasi yang Kurang Canggih

Kemungkinan permintaan gaji yang ditolak bisa saja disebabkan karena Anda hanya melakukan negoisasi yang datar-datar saja. Saat melakukan negoisasi, kemungkinan Anda kurang menunjukkan potensi lebih yang memang layak dipertimbangkan untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Tidak ada salahnya jika menyampaikan potensi dalam diri Anda dengan disertai alasan-alasan yang rasional. Hal ini akan lebih mempermudah Anda mendapatkan kenaikan gaji seperti yang diharapkan.

 

7. Berperilaku Buruk

Faktor lainnya yang menyebabkan pengajuan gaji Anda tidak kunjung disetujui adalah perilaku Anda yang buruk. Mulai dari menjilat, terlihat rajin hanya karena di depan atasan, mencuri ide rekan kerja, korupsi, dan masih banyak lainnya. Hal ini bukan membuat Anda mengalami kenaikan gaji, malah akan membuat Anda kehilangan pekerjaan.

 

Berusaha Menjadi yang Terbaik untuk Perusahaan

Bekerjalah dengan hati yang tulus dan loyal terhadap perusahaan menjadi salah satu hal yang selalu diinginkan setiap perusahaan. Bahkan, tanpa mengajukan sekalipun, perusahaan akan memikirkan untuk menaikkan gaji yang Anda miliki.

Untuk itu, tidak ada salahnya untuk selalu berusaha menjadi yang terbaik untuk perusahaan tempat Anda bekerja.

 

Share
Komentar