Kenapa Banyak Musuh di Kantor?

 

Tentunya sangat tidak menyenangkan berada pada situasi dimana tidak ada rekan yang bisa diajak bicara di lingkungan kantor. Situasi yang membuatnya semakin tidak nyaman adalah ketika bukan hanya satu dua saja tetapi hampir semua rekan kantor seperti enggan berbicara dengan Anda. Cari tahu alasannya di sini!

 

1. Ada Pemicu

Bisa jadi ada pemicu—bila kondisi ini terjadi baru-baru saja. Coba Anda ingat-ingat, ada kejadian apakah beberapa minggu terakhir ini. Jika memang ada sebuah peristiwa yang tidak mengenakkan dan itu berasal dari Anda, jangan segan untuk meminta maaf kepada orang yang bersangkutan.

 

2. Dalangnya

Jika Anda merasa tidak melakukan kesalahan apa-apa dan sebelumnya semua baik-baik saja, bukan mustahil ada seseorang yang sengaja menciptakan suasana tidak nyaman bagi Anda. Bisa jadi juga orang tersebut sengaja mengajak rekan-rekan lain untuk memusuhi Anda.

 

3. Intropeksi

Tidak ada salahnya melakukan intropeksi terhadap diri sendiri. Ini bukan soal menang dan kalah tetapi menuju kebaikan. Siapa tahu ternyata sikap Anda selama ini di kantor memang kurang baik. Arogan, mau menang sendiri dan tidak mau mengalah serta susah diajak bekerja sama. Terbukalah terhadap kritikan.

 

4. Selesaikan

Jika Anda tidak bisa bekerja dengan komunikasi yang hampir tidak ada dan merasa sangat tidak nyaman dengan pengabaian seperti ini sebaiknya Anda mengambil sikap untuk menyelesaikannya.

Temui orang-orang yang menjauhi Anda tersebut dan katakan apa yang menjadi masalah. Minta maaf kalau perlu dan katakan padanya jika secara pribadi dia tidak menyukai Anda jangan sampai terbawa pada situasi kantor. Toh, yang terganggu bukan hanya Anda tetapi juga dia. Bukan tak mungkin suatu masa kalian diperhadapkan pada pekerjaan yang membutuhkan komunikasi intens.

 

5. Abaikan

Jikalau memang Anda sengaja dibuat supaya tidak merasa nyaman dan Anda sudah berusaha untuk memerbaiki keadaan toh situasinya tetap sama, cobalah mengabaikan orang-orang tersebut. Jangan sampai ini mengganggu konsentrasi kerja Anda.

Apabila mereka tidak mau diajak bekerjasama dalam pekerjaan, tak ada salahnya melaporkan kepada atasan. Bila memang tidak ada kesalahan dari sisi Anda, jangan mengendurkan sikap sehingga membuat Anda merasa semakin terjajah. Tunjukkan saja lewat prestasi dan karya-karya Anda.

Share
Komentar