10 Pertanyaan Interview yang Bagus untuk Merekrut Manajer Proyek

Merekrut karyawan baru memang sesuatu yang menantang. Karena Anda harus mampu menggali banyak informasi soal kandidat yang ada dalam daftar pilihan. Sehingga mereka yang terpilih nanti memang yang benar-benar kompeten di bidangnya.

Termasuk juga dalam merekrut manajer proyek. Sosok yang pas untuk dijadikan pengendali utama di lapangan dari proyek yang Anda miliki haruslah dilakukan secara teliti dan mendetail.

Dengan demikian, proyek yang akan diembankan kepadanya nanti akan berjalan sesuai rencana dan memberi hasil yang memuaskan. Itulah mengapa dibutuhkan pertanyaan interview yang tepat bagi para kandidat manajer proyek ini.

Untuk membantu Anda mendapatkan manajer proyek yang tepat, berikut 10 pertanyaan interview yang bagus Anda tanyakan.

 

1. Antara 1 sampai 10, berapakah nilai yang Anda berikan jika harus menilai manajer proyek sebagai sebuah karier?

Dengan menanyakan nilai yang mereka berikan dan alasan mereka memberi nilai tersebut, Anda dapat melihat bagaimana mereka menghargai karier mereka.

Apakah mereka mempunyai hasrat untuk mengembangkan karier sebagai manajer proyek.

Hasrat yang besar biasanya akan berdampak kepada kinerja yang bersangkutan saat sudah resmi direkrut.

Dengan pandangan positif terhadap karier sebagai manajer proyek, maka dia kemungkinan besar akan menjalani pekerjaannya dengan sepenuh hati dan selalu berorientasi kepada hasil.

Sebaliknya, Anda mungkin mendapatkan jawaban yang tidak memuaskan seperti pemberian angka 1, karena si pencari kerja hanya mencari kerja untuk mengisi waktu sementara menunggu kerja yang diharapkan.

Anda boleh melewatkan kandidat seperti ini.

 

2. Tugas-tugas apa yang tidak Anda sukai?

Selalu ada bagian dari pekerjaan yang tidak kita sukai. Akan tetapi seorang manajer proyek umumnya akan mengerjakan semua tugas yang diterimanya, baik ia suka atau tidak suka. Selama itu menjadi tugasnya, akan dikerjakan dengan sebaik mungkin.

Dengan memberikan pertanyaan ini, Anda dapat melihat bagaimana calon pekerja:

  • mengembangkan diri
  • menyelesaikan persoalan
  • mengikuti perkembangan bisnis walaupun proyek tersebut tidak ia sukai

Ini menunjukkan sisi profesionalitas dari sang kandidat dalam bekerja.

Jawaban yang tidak memuaskan adalah ketika calon pekerja memilih-milih pekerjaan dan hanya mau mengerjakan apa yang dia sukai. Dipastikan kandidat yang memberi jawaban ini tidak akan bekerja dengan serius.

 

3. Apa yang Anda lakukan untuk mengisi waktu ?

Pertanyaan interview ini memperlihatkan bagaimana calon pekerja melakukan tugas mereka. Seseorang yang selalu bekerja di depan komputer mungkin cocok untuk pekerjaan ini.

Atau Anda mencari seseorang yang sering keluar untuk bertemu klien dan melakukan marketing terhaap proyek Anda.

Seorang manajer proyek terkadang harus melakukan sesuatu di luar kebiasaan mereka. Jadi pastikan calon manajer proyek ini akan cocok dengan pekerjaannya dan sesuai ekspektasi Anda.

Jawaban paling buruk dari pertanyaan ini adalah ketika calon karyawan mengisi waktu dengan “Facebook”. Anda boleh tidak mencoretnya.

 

4. Menurut Anda, tugas apakah yang paling utama dari seorang manajer proyek?

Jawaban dari pertanyaan ini akan menunjukkan prioritas dari calon pekerja dari proyek yang Anda miliki. Pun seberapa jauh mereka mengetahui tentang pekerjaan sebagai seorang manajer proyek.

Pertanyaan interview ini juga untuk mengetahui apakah calon pekerja cocok dengan budaya kerja perusahaan Ada.

Jika perusahaan mengharuskan seorang manajer proyek untuk lebih fokus di lapangan, sedangkan jawaban calon pekerja Anda lebih kepada kerja di belakang meja, maka dapat dipastikan dia bukan calon yang pas untuk perusahaan Anda.

Terlebih jika dia berpikir bahwa pekerjaan sebagai manajer proyek tak lebih dari sebuah pekerjaan sebagai staf administrasi.

 

5. Apakah Anda bekerja sendiri atau membagi tugas? Apa Alasan Anda?

Berbagi tugas adalah kunci dari sebuah proyek pekerjaan. Karena perlu banyak keahlian dalam menangani tugas yang berbeda-beda.

Jawaban dari calon pekerja akan memperlihatkan kejujuran dan kemampuannya dalam menghadapi masalah-masalah yang timbul dalam pekerjaan. Terutama bagaimana membentuk team wwork yang baik dan solid.

Seorang manajer proyek dituntut untuk dapat mengatur dan membentuk kelompok kerja yang saling berkesinambungan, sehingga pekerjaan dapat selesai dengan baik.

Jika jawaban dari pertanyaan ini adalah “tidak pernah berbagi tugas – semua dikerjakan sendiri” Anda perlu mempertimbangkan kembali menerima mereka dalam tim kerja Anda.

 

6. Bagaimana kerjasama Anda dengan pihak luar perusahaan? Bagaimana Anda bekerjasama dengan pimpinan?

 

Pertanyaan interview berikutnya adalah soal hubungan kerja dengan pimpinan. Karena pimpinan memegang peranan penting dalam pengambilan keputusan, terutama masalah dana dan regulasi.

Bagaimana seorang manajer proyek dapat bekerjasama dengan pimpinan atau yang lebih senior akan mempengaruhi kelangsungan hidup proyek yang dikerjakannya.

Apakah tersedia dana yang cukup dan dimudahkan dalam regulasi, tergantung bagaimana seorang manajer proyek dapat menjaga hubungan baik dengan mereka yang punya wewenang lebih besar.

Anda tidak dapat menerima calon pekerja yang sulit bekerjasama atau selalu menentang pimpinan yang lebih senior. Terutama pimpinan yang memegang peranan kunci mendanai kelangsungan proyek Anda.

 

7. Kriteria apa yang Anda lihat dari suatu pekerjaan?

Calon pekerja yang menjawab pengembangan karier, nama besar perusahaan, lingkungan kerja, akan memperlihatkan kualitas dari calon pekerja itu sendiri.

Pendek kata, apakah benar-benar pencari kerja yang serius dan loyal, atau sekadar kutu loncat.

Mereka yang hanya melihat besaran gaji dan kemungkinan untuk bekerja keluar negeri akan cepat meninggalkan perusahaan Anda jika ada tawaran gaji yang lebih tinggi.

Mereka tidak akan berpikir bagaimana ikut mengembangkan perusahaan. Tapi lebih berpikir untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Loyalitas adalah satu hal yang harus Anda dapatkan dari para calon manajer proyek ini.

 

8. Keputusan tersulit apa yang pernah Anda buat yang terkait etika dalam sebuah proyek?

Jawaban dari para kandidat dari pertanyaan ini akan menunjukkan kesadaran mereka akan aturan PMI Code of Etchics.

Kalaupun mereka tidak terlalu memahami aturan tersebut, gali lebih dalam soal pendekatan yang mereka lakukan terkait dengan pekerjaan atau proyek ini.

Anda bisa membuka sebuah diskusi dengan mereka soal etika ini. Sehingga Anda pun bisa punya gambaran untuk menentukan apakah mereka akan cocok dengan budaya perusahaan Anda atau tidak.

Jawaban yang buruk dari mereka adalah tidak menghargai kontrak yang disepakati. Dan hanya mengejar nilai kontrak yang besar, tapi kemudian banyak mengeluh dan melalaikan tugas.

 

9. Teknik kreatif apa yang Anda lakukan untuk memecahkan masalah?

Pertanyaan ini akan memberi Anda gambar kemampuan dari para kandidat ketika menemui masalah yang terkait dengan pekerjaan mereka. Gali teknik yang biasa mereka lakukan atau kuasai.

Apakah mereka punya pengetahuan mendalam soal Fishbone Diagrams, Topi Berpikir De Bono, atau teknik-teknik lainnya.

Gali kemampuan mereka dari proyek terakhir yang dilakukan. Bagaimana mereka memecahkan masalah yang dihadapi kala itu, akan menunjukkan kepantasan mereka untuk menduduk manajer proyek yang Anda butuhkan.

Jika ada dari mereka yang menjawab,”Saya selalu berusaha menyelesaikan masalah dengan cara saya sendiri tanpa melibatkan tim”, maka Anda boleh melewatkan kandidat ini.

 

10. Bagaimana Anda meningkatkan proses manajemen proyek di perusahaan sebelumnya?

Tidak semua orang punya kesempatan untuk bekerja dengan posisi penting dalam sebuah usaha. Atau mengerjakan proyek besar yang akan membuat CV mereka terlihat menarik.

Tapi, setiap orang punya kesempatan untuk menawarkan sejumlah ide yang berguna untuk mengembangkan perusahaan.

Kalaupun kandidat yang diwawancarai belum pernah menduduki jabatan strategis, coba gali dengan meminta mereka memberikan solusi dari sebuah contoh masalah.

Mereka yang memberikan ide atau sebaliknya, akan menunjukkan kepantasan untuk bergabung dalam proyek yang Anda lakukan.

Untuk mendapatkan seorang manajer proyek yang tepat, memang dibutuhkan serentetan pertanyaan interview yang pas dan tepat. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan jawaban yang bisa memberikan gambaran soal kandidat tersebut.

Selalu gali lebih dalam, dari contoh pertanyaan yang ada di atas. Karena bisa saja mereka agak malu untuk mengungkapnya, sehingga menutup kemampuan sebenarnya dan Anda pun kehilangan kesempatan mendapat manajer proyek terbaik.

 

Share
Komentar