Bekerja Bukan Hanya Sekedar Gaji

-
Bekerja Bukan Hanya Sekedar Gaji

Sudah menjadi kewajiban bagi setiap perusahaan atau organisasi untuk memberikan hak para pekerjanya (gaji & kompensasi) yang telah memberikan kontribusinya demi jalannya perusahaan tersebut. Banyak perusahaan besar yang memanjakan para pekerjanya dengan jumlah gaji dan kompensasi yang cukup besar agar kinerja para karyawannya terus meningkat. Namun, ada juga perusahaan yang kurang memperhatikan hal ini sehingga para pekerjanya kurang memberikan kontribusi yang berarti.

 

Dalam dunia kerja sekarang ini, banyak para pelaku industri yang berpandangan bahwa kinerja itu berkaitan erat dengan remunerasi (gaji & kompensasi), sehingga kebanyakan dari mereka menilai kemampuan para pekerjanya hanya sebatas uang. Pada akhirnya mengakibatkan para pekerja hanya memberikan kontribusinya sesuai dengan jumlah remunerasi yang didapatkannya.

 

Memang benar jika setiap orang yang bekerja pada suatu perusahaan harus mendapatkan timbal balik yang setimpal dengan apa yang sudah dikerjakannya, namun bukan berarti setiap apa yang Anda kerjakan harus dinilai dengan uang. Bagaimana mungkin seorang karyawan dapat memberikan kemampuannya secara maksimal jika pada praktiknya di lapangan kerja tidak didukung dengan fasilitas yang memadai?

 

Mungkin Anda sering melihat bahkan merasakannya langsung ketika Anda ingin menunjukan performa terbaik Anda tapi tidak mendapatkan fasilitas yang menunjang Anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna. Dengan begitu, Anda akan terlihat kurang produktif dan berarti semakin kecil kemungkinan Anda untuk mendapatkan kompensasi yang lebih besar lagi karena pihak manajemen perusahaan menilai Anda kurang menunjukan prestasi.

 

Jika mengacu pada Teori Hierarki Kebutuhan milik Abraham Maslow, maka kita akan memahami bahwa pada tingkatan tertinggi kebutuhan manusia adalah kebutuhan untuk mengaktualisasikan diri semaksimal mungkin. Dalam bekerja, Anda cenderung selalu ingin menampilkan kualitas terbaik yang Anda miliki karena dengan begitu pihak manajemen perusahaan akan memberikan penilaian yang baik terhadap apa yang Anda kerjakan sehingga besar kemungkinan Anda untuk mendapatkan promosi untuk berpindah ke posisi yang jauh lebih baik lagi.

 

Untuk itu, perlu disadari oleh semua pihak yang berkecimpung dalamd unia kerja  bahwa kinerja seseorang bukan hanya ditentukan oleh seberapa besar kompensasi yang ia dapatkan, tapi juga harus didukung oleh fasilitas yang dapat menunjang setiap pekerjaannya.

 

Komentar