Mempersiapkan Wawancara Kerja

-
Mempersiapkan Wawancara Kerja

Apakah anda punya jadwal wawancara kerja? Ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan sebelum wawancara untuk memastikan anda membuat kesan yang bagus selama wawancara.

Berikut adalah tips bagaimana mempersiapkan sebuah wawancara. Tips ini mencakup cara meneliti pekerjaan dan perusahaan, bagaimana cara mempraktikkan pertanyaan dan jawaban wawancara, cara berpakaian untuk wawancara, cara menindaklanjuti wawancara, dan banyak lagi.

 

Menganalisis  Pekerjaan

Bagian penting dari persiapan wawancara adalah meluangkan waktu untuk menganalisis lowongan pekerjaan. . Saat anda meninjau deskripsi pekerjaan, pertimbangkan apa yang dicari oleh perusahaan.

Buat daftar keterampilan, pengetahuan, dan kualitas profesional yang dibutuhkan oleh perusahaan karena hal itu sangat penting saat wawancara.

 

Buat Kecocokan

Setelah anda membuat daftar kualifikasi untuk pekerjaan itu, buat daftar kualifikasi anda dan cocokkan dengan persyaratan pekerjaan.

Buat hingga 10 daftar yang sesuai dengan persyaratan pekerjaan. Ini mungkin termasuk keterampilan, kualitas, sertifikasi, pengalaman, kualifikasi profesional, kemampuan, keterampilan komputer, dan basis pengetahuan. Anda dapat memunculkan beberapa kualifikasi ini saat anda menjelaskan kepada pewawancara mengapa anda sangat cocok untuk pekerjaan itu.

Juga pikirkan beberapa contoh dari pengalaman kerja masa lalu yang menunjukkan bahwa anda cocok untuk pekerjaan ini. Dengan cara ini, jika pewawancara meminta anda untuk menunjukkan keahlian atau kemampuan tertentu, anda akan siap.

Tinjau persyaratan pekerjaan, daftar kualifikasi anda, dan pengalaman anda sebelum wawancara, persiapan ini akan membantu anda siap menjawab pertanyaan wawancara

 

Penelitian Perusahaan

Sebelum melakukan wawancara kerja, penting untuk mencari tahu sebanyak mungkin. Tidak hanya mencari tahu tentang pekerjaan itu, tapi juga perusahaan. Penelitian perusahaan adalah bagian penting dari persiapan wawancara. Ini akan membantu anda mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan wawancara tentang perusahaan. Anda juga akan dapat mengetahui apakah budaya perusahaan tersebut cocok untuk anda.

 

Latihan Wawancara

Luangkan waktu untuk berlatih menjawab pertanyaan wawancara yang mungkin akan ditanyakan saat wawancara kerja. Ini akan membantu memberi anda kesempatan untuk mempersiapkan dan melatih jawaban. Latihan juga akan membantu menenangkan saraf anda karena anda tidak akan berebut jawaban saat berada di bangku wawancara. Mintalah bantuan seorang teman atau anggota keluarga untuk latihan wawancara.

Cobalah untuk melakukan latihan wawancara dalam format yang sama dengan wawancara sesungguhnya. Misalnya, jika ini adalah wawancara telepon, mintalah seorang teman untuk menghubungi anda untuk berlatih menjawab pertanyaan melalui telepon. Jika itu adalah wawancara panel, mintalah beberapa teman untuk berpura-pura menjadi panel.

 

Siapkan Pakaian Wawancara

Jangan menunggu sampai menit terakhir untuk memastikan pakaian wawancara anda. Siapkan pakaian wawancara agar siap dipakai setiap saat, jadi anda tidak perlu memikirkan apa yang akan anda pakai saat anda melakukan wawancara kerja.

Terlepas dari jenis pekerjaan yang anda lamar, kesan pertama itu harus bagus. Saat wawancara untuk posisi profesional, berpakaianlah sesuai dengan pakaian bisnis.

Jika Anda melamar pekerjaan di lingkungan yang lebih santai, seperti toko atau restoran, tetap penting untuk rapi dan memberi citra positif kepada atasan.

Penting juga untuk memikirkan makeup dan asesoris anda saat berpakaian untuk wawancara. Periksa juga pakaian wawancara yang cocok untuk untuk pria/ wanita.

 

Tentukan Apa yang Harus Dilakukan dengan Rambut Anda

Bagaimana gaya rambut anda untuk wawancara kerja hampir sama pentingnya dengan pakaian wawancara yang anda pakai. Bagaimanapun, pewawancara akan memperhatikan segala hal tentang anda termasuk pakaian wawancara, gaya rambut, dan makeup anda. Anda hanya memiliki beberapa detik untuk memberi kesan yang bagus.

 

Apa yang Harus Dibawa ke Wawancara Kerja

Penting untuk mengetahui apa yang harus dibawa dan apa yang tidak perlu dibawa ke wawancara kerja. Item yang harus dibawa mencakup portofolio dengan salinan tambahan resume anda, daftar referensi, daftar pertanyaan yang diajukan kepada pewawancara, dan sesuatu untuk ditulis.

Penting juga untuk mengetahui apa yang tidak harus dibawa, termasuk ponsel anda (atau setidaknya mematikan telepon anda), secangkir kopi, permen karet, atau hal lain.

 

Etiket Wawancara

Etiket wawancara yang tepat itu penting. Ingatlah untuk menyapa resepsionis, pewawancara anda, dan orang lain yang anda temui dengan sopan, ramah, dan antusias.

Selama wawancara, perhatikan bahasa tubuh anda, berjabat tangan dengan kuat dan lakukan kontak mata saat anda mengucapkan poin anda. Penuh perhatian dan terlihat menarik. Ini adalah sesuatu yang dapat anda lakukan saat wawancara.

Semakin positif kesan yang anda buat maka akan semakin bagus. Kiat etiket wawancara kerja ini akan membantu anda memberi kesan terbaik pada manajer perekrutan.

 

Dapatkan Petunjuk Arah

Penting untuk mengetahui di mana anda akan melakukan wawancara. Dengan begitu, anda akan terhindar dari keterlambatan wawancara. Gunakan Google Maps atau aplikasi lain untuk mendapatkan petunjuk arah jika anda tidak yakin tujuan anda.

 

Programkan GPS anda jika anda memilikinya, sehingga anda dapat menemukan rute terbaik untuk datang ke perusahaan.

Jika anda punya waktu, sebaiknya Anda melakukan latihan satu atau dua hari sebelum wawancara. Dengan begitu, anda akan yakin ke mana anda pergi dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya. Beri diri anda beberapa menit tambahan dan datang sedikit lebih awal untuk wawancara.

 

Dengarkan dan Ajukan Pertanyaan

Selama wawancara kerja, mendengarkan sama pentingnya dengan menjawab pertanyaan. Jika anda tidak memperhatikan, anda tidak akan bisa memberikan respons yang baik. Penting untuk mendengarkan pewawancara, memberi perhatian, dan meluangkan waktu.

Sebisa mungkin anda membangun hubungan dengan pewawancara daripada hanya memberikan tanggapan terhadap pertanyaan. Punya pertanyaan sendiri dan siap bertanya kepada pewawancara.

Menjelang akhir wawancara, biarkan perekrut tahu bahwa anda yakin pekerjaan itu sesuai dan anda sangat tertarik.

 

Referensi: thebalance.com

Komentar