Lakukan Aktivitas Ini Sejam Sebelum Bekerja, Dijamin Anda Lebih Produktif

Melakukan aktivitas ini dalam satu jam pertama akan buat Anda menjadi lebih produktif dalam menuntaskan pekerjaan sepanjang hari.

Pekerjaan sepanjang hari akan ditentukan oleh aktivitas yang Anda lakukan satu jam pertama. Hal ini dipercaya dapat membuat Anda menjadi lebih produktif dalam bekerja.

Dilansir Reader Digest, berikut adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengawali aktivitas atau pekerjaan sepanjang hari agar menjadi lebih produktif.

1. Sarapan sebelum bekerja

Memulai aktivitas sehari-hari sebelum bekerja dengan sarapan merupakan hal yang sangat penting. Pakar produktivitas kerja dan pengarang buku Doing the Right Things Right : How the Effective Executive Spends Time, Laura Stack, mengatakan Anda dapat menikmati sarapan dan kopi sembari mengawali hari dengan berselancar di blog dan media sosial, sebelum beranjak ke tugas-tugas penting.

Menurutnya, hal ini dapat membuat Anda menjadi lebih nyaman ketika mengawali pekerjaan sehari-hari dan mampu meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

 

2. Atur rencana kegiatan Anda

Memiliki perencanaan kegiatan akan membantu Anda untuk menjadi lebih produktif. Pengarang buku dengan penjualan terbaik berjudul Smarter Better Faster : The Secret of Being Productive in Life and Business, Charles Duhigg, mengatakan banyak orang menaruh hal paling mudah pada prioritas kerja. Namun demikian, hal tersebut sebenarnya tidak dapat membuat Anda lebih produktif.

Menurut Duhigg, dalam sebuah perencanaan kegiatan, tujuan jangka panjang harus menjadi prioritas, dibandingkan dengan tujuan harian. Selain itu, rencana pekerjaan sehari-hari Anda harus lebih spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan memiliki jadwal yang jelas. Mengatur waktu secara realistis dapat membantu Anda menyelesaikan semua pekerjaan, sehingga Anda menjadi lebih produktif.

 

Jadi Produktif dengan Mengerjakan Tugas yang Paling Menyita Perhatian

Kerjakan tugas yang paling membutuhkan perhatian, Anda akan menjadi lebih produktif sepanjang hari.

 

3. Mulai dengan tugas yang paling menyita perhatian

Dalam pekerjaan sehari-hari, sering kali Anda dihadapkan pada tugas dengan bobot kesulitan yang berbeda-beda. Penulis buku Getting Things Done : The Art of Stress-Free Productivity, David Allen, mengungkapkan idealnya Anda dapat menyelesaikan pekerjaan yang paling menyita perhatian. Dengan begitu, Anda menjadi lebih santai dalam mengerjakan tugas-tugas dan membuat Anda menjadi lebih produktif.

 

4. Matikan notifikasi

Ketika menggunakan media sosial, otak Anda akan cenderung melepaskan hormon dopamin. Pelepasan hormon tersebut akan membuat Anda lebih senang dan siap untuk menjalani hari-hari dengan baik.

Oleh sebab itu, Anda dapat menggunakan media sosial saat mengawali pekerjaan. Namun demikian, sebisa mungkin matikan notifikasi terkait pekerjaan yang justru akan menghambat produktivitas Anda.

 

 

 

Share
Komentar