Ampuh! Terapkan 6 Tips dan Trik Ini Kalau Kamu Mau Dapat Kerja Kurang dari Sebulan

Siapa yang sedang mencari kerja? Pasti kamu sudah pernah merasakan melamar langsung ke tempat juga melamar online namun tetap saja gak kunjung dapat pekerjaan. Tenang saja guys, gak perlu minder ketika kamu belum mendapatkan pekerjaan yang cocok untukmu, karena mencari pekerjaan tuh emang gak gampang, kok.

Bagi kamu yang sudah ngebet pengen bekerja, terdapat banyak cara untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat, lho. IDNtimes sudah merangkum tujuh trik yang bisa kamu terapkan kalau kamu mau dapat kerja kurang dari sebulan. Yuk, kita simak! 

 

1. Update resume-mu agar menjadi lebih menarik

Salah satu hal yang pertama dinilai oleh perusahaan mengenai dirimu adalah resume. Coba kamu cek, kapan terakhir kali kamu meng-update resume milikmu. Kalau kamu sudah terlalu lama gak memperbaruinya, coba kamu susun dan desain ulang Curriculum Vitae (CV) dan surat lamaranmu. Siapa tau dengan desain dan isi yang lebih fresh, perusahaan akan lebih tertarik untuk merekrutmu. Menurut Karir.com, ternyata resume yang gak lengkap tuh gak akan dilirik oleh HRD, lho. Kriteria resume yang lengkap adalah data personal, pendidikan, dan pengalaman kerja. Kalau kamu mau dilirik oleh perusahaan, pastikan kamu melengkapi hal-hal itu semua di resume-mu ya! 

 

2. Perbanyak kegiatan organisasi dan volunteer 

Kuliah adalah waktu yang tepat untuk kamu menambah pengalaman organisasi dan kegiatan sukarela. Kamu bisa menjadi relawan dan panitia di berbagai kegiatan atau acara, misal mengajar anak-anak yang kurang mampu atau jadi penerjemah di yayasan non-profit. Dengan mengikuti berbagai kegiatan seperti itu, tandanya kamu bisa bekerja sama dalam tim, sehingga akan menambah nilai plus di CV-mu!

 

3. Selain kegiatan sukarela, perbanyak juga latihan

Untuk menambah pengalaman, jangan ragu untuk ikut workshop dan seminar, seperti workshop fotografi, menulis, atau public speaking. Gak hanya seminar, kamu juga bisa bekerja magang untuk mengembangkan ilmu yang kamu miliki. Selain bisa mengasah kemampuan, magang, dan workshop bisa memperluas jaringan sosialmu, kamu bisa kenal banyak orang sehingga kesempatanmu untuk mendapatkan pekerjaan full time jadi semakin besar. Sekarang sudah banyak perusahaan yang menerima pegawai magang lho, jadi jangan lagi ragu kalau kamu ingin melatih kemampuanmu, magang saja!

4. Cobalah ikut management trainee 

Management trainee (MT) adalah opsi yang paling bijak kalau kamu mau cepat mendapatkan pekerjaan dan akselerasi jenjang karir yang pasti. Gimana gak? Setelah mengikuti program pelatihan dan pengembangan, kamu bisa langsung meraih posisi supervisor yang menantang. Hal itu bisa kamu buktikan bersama Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) dan dan program MT-nya yang dinamai Graduate Trainee Program (GTP) untuk posisi Sales.

 

5. Banyak berinisiatif dan bersikap aktif

Stop menunggu saat perusahaan sedang membuka lowongan kerja, kamu harus aktif melamar ke banyak tempat. Siapa tahu resume-mu bisa membuat mereka tertarik dan kamu dipanggil untuk wawancara. Saat sudah melamar ke beberapa tempat, terus follow up perkembangannya dengan menghubungi perusahaan. Dengan begitu perusahaan juga dapat melihat bahwa kamu benar-benar menginginkan posisi tersebut, sehingga kesempatanmu untuk mendapatkan pekerjaan itu menjadi semakin besar. 

Selain itu kamu juga bisa berinisiatif untuk mencari tahu lowongan kerja ke orang-orang terdekatmu. Gak ada salahnya kok meminta bantuan orang lain, siapa tahu mereka punya informasi mengenai pekerjaan yang cocok untukmu. 

 

6. Rapikan media sosial milikmu 

Rapikan sosial media? Untuk apa? Nah, poin satu ini sering terlupakan oleh para pelamar kerja. Ketika kamu melamar kerja, besar kemungkinannya perusahaan akan mengecek sosial mediamu, seperti LinkedIn, Facebook, sampai Twitter. Kalau isi sosial mediamu aneh-aneh, jangan harap kamu akan diterima untuk bekerja di perusahaan mereka. Intinya jangan curhat di media sosial, apa lagi curhat soal atasan. Jangan pakai username yang susah dilafalkan ya!

Jangan menunda-nunda untuk mencari pekerjaan dan mulailah sekarang. Tingkatkan inisiatifmu dengan mengikuti kegiatan sukarela atau managemen trainee supaya kamu cepat mendapatkan pekerjaan. Terus semangat, guys! 

 

Share
Komentar