Tipe Rekan Kerja yang Sebaiknya Dihindari Kalau Gak Mau Rugi

Di tempat kerja, rekan yang baik tentu akan membuat kita lebih nyaman dalam menjalani rutinitas kerja sehari-hari. Tapi, apakah semua rekan kerja sama? Kebanyakan tidak, kita harus jeli melihat rekan kerja mana yang cocok dijadikan sahabat, dan mana yang tidak. Seperti apakah rekan kerja yang sebaiknya dihindari? 

 

1. Tukang gosip

Rekan kerja penggosip adalah salah satu ciri rekan kerja yang sebaiknya kita hindari. Mengapa? Karena hobinya menggosip adalah tanda bahwa dia kurang layak dipercaya. Bila kita curhat atau menceritakan sesuatu padanya, bukan tidak mungkin kita malah akan dijadikan bahan gosip selanjutnya deh.

 

 

2. Bermuka dua

Pernah mendengar rekan kerjamu menyampaikan sesuatu padamu, namun menyampaikan hal yang sama sekali bertolak belakang ketika bersama atasanmu? Itu adalah salah satu ciri orang yang bermuka dua. Orang seperti ini bisa bermulut manis dan tak segan berbohong untuk keuntungan dirinya sendiri. 

 

3. Mencuri ide

Sebagai teman sekantor, terkadang kita mendiskusikan beberapa ide saat berkumpul atau makan siang bersama untuk sekedar minta saran dan bertukar pikiran. Tapi bagaimana bila idemu itu tiba-tiba dimunculkan saat rapat oleh rekan kejamu dan diklaim sebagai miliknya? Hmm, pasti sangat menyebalkan bukan? Rekan kerja seperti ini juga patut kita waspadai di kemudian hari. Sangat penting untuk bicara dan berkonsultasi dengan orang yang tepat. 

 

4. Hobi pinjam uang sana-sini

Tak ada angin tak ada hujan, mendadak dia jadi baik, minta pinjam uang dengan berbagai alasan dan susah saat ditagih? Dan setelah beberapa waktu kita tahu bahwa ternyata banyak orang yang dipinjami uang. Wah, pikir-pikir lagi guys. Orang seperti ini sudah jelas punya masalah dalam mengatur keuangannya sendiri, dan akan lebih baik bila kita tidak terlibat dengannya. 

 

5. Ikut campur dalam tanggung jawabmu

Dan yang terakhir adalah rekan kerja yang suka ikut campur dalam perkerjaan, juga tanggung jawabmu. Suka mengambil keputusan yang bukan haknya dan mencampuri pekerjaanmu. Tipe orang seperti ini jelas mengganggu. Job desk, hak, dan kewajiban setiap orang seharusnya sudah ditetapkan dan dijalankan sesuai kepentingan masing-masing.

Hindari mencampuri urusan karyawan lain, dan jangan biarkan juga rekan kerjamu seenaknya mencampuri urusan kita, bukan membantu, malah menambah masalah baru. Bila menemukan tipe orang seperti ini, ada baiknya kita bicara kepada atasan mengenai hal ini.

Kita memang tidak bisa memilih rekan kerja kita di kantor. Namun kita bisa memilih rekan kerja yang baik, yang bisa dijadikan teman. Bukan berarti kita memusuhi sisanya ya, hanya menjaga jarak dan berhati-hati terhadap beberapa orang yang memberikan efek negatif pada diri kita. Bergaul bukan masalah, namun kita tetap harus berhati-hati dan memilih kepada siapa kita bisa membuka diri terhadap masalah pribadi. Semangat kerja guys

 

Share
Komentar