7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Tak Merasa Nyaman di Kantor

Kantor memang seharusnya jadi tempat yang membuatmu nyaman. Ketidak nyamananmu dalam bekerja bisa jadi membawa pengaruh penting dalam hasil pekerjaanmu. Makanya, kamu harus pintar-pintar mencari selingan agar kamu bisa terus nyaman dan melakukan tanggung jawabmu dengan baik.

Berikut adalah 7 hal yang harus kamu lakukan saat kamu tak lagi merasa nyaman di kantor. Jangan sampai memaksakan diri sendiri, nanti kamu bisa sakit kalau terus berada dalam lingkungan atau beban kerja yang tidak sehat.

1. Mencari tahu apa yang membuatmu tidak nyaman

Apakah itu rekan kerjamu, atau atasanmu atau pekerjaanmu atau kultur perusahaanmu yang tidak sehat kamu harus tahu apa yang membuatmu tidak nyaman supaya kamu bisa mencari jalan keluarnya.

 

2. Berkonsultasi pada rekan kerjamu

Mencari sosok yang bisa membuat kamu tenang bisa jadi membuat kamu nyaman berada di kantor. Lagipula kamu menghabiskan waktumu sebagian besar di kantor jadi kalau tidak nyaman kamu sendiri yang tersiksa.

 

3. Berkonsultasi pada atasanmu

Seharusnya memang kamu mengatakan padanya apa yang kamu rasakan supaya dia bisa ikut memberikan solusi. Kalau dia atasan yang baik, dia pasti tidak akan diam saja dengan kondisimu.

 

4. Berusaha menemukan formula untuk membuatmu nyaman

Mendengarkan musik, atau membawa camilan kesukaanmu di kantor juga bisa kamu coba. Pokoknya lakukan hal yang membuatmu senang. Setidaknya kamu betah dan bisa bekerja dengan tenang dulu.

 

5. Mengambil cuti beberapa hari untuk istirahat

Siapa tahu kamu terlalu penat dengan pekerjaanmu dan kamu memang harus istirahat sebentar. Tidak ada salahnya untuk kamu mengambil cuti beberapa saat agar kamu bisa menenangkan pikiranmu.

 

6. Mengubah cara kerja agar kamu mendapat suasana baru

Bisa jadi hal yang membuatmu tidak nyaman adalah cara kerjamu sendiri yang salah. Ubah cara kerjamu, kalau misalnya kamu merasa pekerjaanmu terlalu berat, maka kamu harus menemukan cara untuk membuatnya jadi lebih ringan. Atur waktu dan kesehatanmu supaya kamu bisa bekerja dengan maksimal juga.

 

7. Mencoba memegang tanggung jawab baru atau pekerjaan baru

Jika kamu sudah mencoba semua cara di atas tapi kamu tetap tidak menemukan jalan keluar, maka tidak ada salahnya kamu mengemban tanggung jawab di bagian lain di kantormu. Tapi kalau tetap tidak bisa, maka sebaiknya kamu keluar saja. Ini bukan soal bertahan atau tidak, tapi kamulah yang bertanggung jawab atas kesehatan mental dan tubuhmu sendiri.

Kalau ketidak nyamananmu adalah karena sesuatu yang tidak bisa kamu ubah, maka sebaiknya kamu segera menentukan langkah apa yang harus kamu ambil. Jangan sampai kamu terus tinggal dalam sesuatu yang tidak membuatmu berkembang tapi malah membuatmu tertekan. Bahkan suatu pekerjaan itu butuh hati yang tenang untuk dikerjakan.

 

Share
Komentar