7 Hal 'Sepele' yang Pada Akhirnya Cuma Bikin Kerjamu Gak Produktif

Begitu banyaknya kegiatan yang kamu miliki dalam sehari, belum tentu jadi penentu kalau kamu itu produktif. Sibuk sih, banyak kerjaan juga, tapi apa kamu menghasilkan sesuatu? Belum tentu.

Dan kalau kamu merasa semua kesibukanmu itu semu alias tidak menghasilkan apapun, maka bisa jadi kamu telah melakukan 7 hal kecil di bawah ini yang membuat kamu gak bisa produktif.

1. Bangun siang itu membuat semua kegiatanmu dalam sehari jadi mundur

Memang sepele sih, siapa coba yang gak pernah bangun siang? Semua pasti pernah. Tapi bedanya, semua hal yang kamu lakukan itu karena kebiasaan. Kalau kamu tidak bisa bangun pagi ya itu karena kamu memang terbiasa bangun siang. Makanya, semua aktivitasmu akan mundur dari jam yang seharusnya pada hari itu. Bukannya produktif, kamu malah jadi bingung sendiri.

 

2. Melakukan banyak hal dalam waktu yang sama tidak akan maksimal hasilnya

Multi tasking tidak dianjurkan untuk kamu yang tidak bisa berkonsentrasi atau yang sering mudah terganggu konsentrasinya. Sebaiknya kamu melakukan satu hal sampai selesai baru setelah itu berpindah ke yang lain supaya hasil yang kamu punya juga bisa lebih maksimal.

 

3. Terlalu fokus dengan satu hal itu juga tidak baik

Nah, kalau kamu terlalu fokus pada satu hal, bisa-bisa kamu menghabiskan seluruh waktumu pada satu hal itu tanpa bisa mengerjakan yang lain. Caranya, lebih baik kamu menetapkan berapa waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan satu pekerjaan. Misalnya dua puluh menit atau lebih, kamu harus sudah berpindah ke pekerjaan lain.

 

4. Lupa waktu untuk setiap kegiatan. Pernah?

Setiap kegiatan itu maksudnya kegiatan kecil sekalipun seperti mengobrol dengan teman. Iya, sekali lagi ini memang sepele. Tapi percayalah setiap hal sepele itu berpengaruh, dan kalau kamu tidak tahu waktu dalam menggunakannya, kamu sendiri akhirnya yang akan kebingungan.

 

5. Tidak menyesuaikan waktu dengan kegiatan

Maksudnya adalah kamu harus bisa menyesuaikan berapa waktu yang kamu butuhkan untuk satu kegiatan, apa yang harus kamu lakukan dalam waktu tersebut. Kamu harus sudah punya mindset kalau bukan waktu yang mengatur kamu, tapi kamu yang mengatur waktu.

 

6. Tidak sadar kalau sudah main gadget terlalu lama

Scrolling instagram itu menjebak. Benar-benar menjebak. Kalau kamu tidak bisa membatasi dirimu, maka kamu sendiri yang akan rugi sendiri. Kegiatanmu tidak akan selesai, kamu juga tetap tidak produktif.

 

7. Tidak mengurutkan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu

Jika kamu tidak tahu mana dulu yang harus dikerjakan, kamu akan bingung. Nantinya kamu jadi tidak terstruktur dan teratur dalam mengerjakan setiap pekerjaanmu. Kamu jadi tidak tahu mana yang penting dan tidak, mana yang bisa ditunda dan mana yang harus sekarang.

Jangan mengentengkannya hanya karena kamu pikir itu hal kecil. Buktinya saja, semua produktivitasmu jadi terganggu karena hal kecil itu, kan? Sekarang jangan lakukan itu lagi. Ayo jadi anak muda yang bukan cuma sibuk kesana-kesini, tapi juga produktif dan menghasilkan sesuatu yang berarti!

 

Share
Komentar