10 Pekerjaan untuk Jurusan Ilmu Komputer

-
10 Pekerjaan untuk Jurusan Ilmu Komputer

Selalu menghabiskan waktu di depan komputer? Mungkin anda selalu suka memecahkan masalah atau menguraikan kode. Mungkin anda memiliki kemampuan untuk mempelajari bahasa baru, atau mungkin anda cukup tertarik untuk mempelajari lebih dalam tentang komputer. . Jika demikian, ilmu komputer mungkin menjadi pilihan jurusan yang ideal untuk Anda.

Jurusan ilmu komputer perlu berpikir analitis untuk merancang sistem dan program, namun harus juga berorientasi pada detail yang cukup untuk memecahkan masalah. Mereka harus bisa berkomunikasi dengan orang non teknis untuk menilai kebutuhan mereka dan menyampaikan informasi teknis dalam bahasa sederhana.

Kreativitas sangat penting bagi jurusan ilmu komputer agar dapat mengikuti perkembangan gadget aplikasi atau teknologi terbaru. Mengingat tingkat perubahan yang cepat dalam teknologi, jurusan ilmu komputer perlu update untuk mengikuti perkembangan terakhir.

Dengan adanya teknologi komputer di masyarakat saat ini, ada banyak kemungkinan pekerjaan yang berbeda untuk jurusan ilmu komputer. Pekerjaan yang tepat untuk anda bergantung pada kemampuan, nilai, dan minat pribadi anda.

Berikut adalah daftar 10 besar pekerjaan untuk jurusan ilmu komputer.

 

1 Pengembang Perangkat Lunak

Pengembang perangkat lunak adalah pembuat program perangkat lunak yang memungkinkan pengguna melakukan tugas tertentu di berbagai perangkat seperti komputer atau perangkat seluler. Mereka bertanggung jawab atas keseluruhan pengembangan, pengujian, dan pemeliharaan perangkat lunak.

Pengembang perangkat lunak harus memiliki kreativitas teknis yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah dengan cara yang unik. Mereka perlu fasih dalam bahasa komputer yang digunakan untuk menulis kode untuk program.

 

2 Administrator Database

Database administrator adalah seseorang yang menganalisis dan mengevaluasi kebutuhan data pengguna. Mereka mengembangkan dan memperbaiki sumber data untuk menyimpan dan mengambil informasi penting.

Pekerjaan ini membutuhkan keterampilan memecahkan masalah untuk memperbaiki malfungsi di database dan memodifikasi sistem sesuai kebutuhan pengguna.

 

3 Teknisi Perangkat Keras Komputer

Teknisi perangkat keras komputer bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan menguji komponen komputer, seperti papan sirkuit, router, dan perangkat memori.

Teknisi perangkat keras membutuhkan kombinasi kreativitas dan keahlian teknis. Teknisi perangkat keras komputer harus memiliki ketekunan untuk melakukan pengujian sistem secara menyeluruh lagi dan lagi untuk memastikan perangkat keras berfungsi dengan baik.

 

4 Analis Sistem Komputer

Analis sistem computer bertanggung jawab untuk menilai sistem komputer organisasi dan merekomendasikan perubahan pada perangkat keras dan perangkat lunak untuk meningkatkan efisiensi perusahaan.

Karena pekerjaan ini membutuhkan komunikasi teratur dengan manajer dan karyawan, analis sistem komputer harus memiliki kemampuan interpersonal yang kuat. Analis sistem perlu meyakinkan staf dan manajemen untuk menerapkan solusi teknologi yang memenuhi kebutuhan organisasi.

Analis sistem juga membutuhkan keterampilan bisnis untuk mengetahui apa yang terbaik bagi organisasi.

 

5 Arsitek Jaringan Komputer

Arsitek jaringan computer bertanggung jawab untuk merancang, menerapkan, dan memelihara jaringan & sistem komunikasi data, termasuk jaringan area lokal, jaringan area luas, ekstranet dan intranet. Mereka memenuhi kebutuhan organisasi untuk berbagi data dan komunikasi.

Selain itu, arsitek jaringan komputer mengevaluasi produk dan layanan yang tersedia di pasar. Arsitek jaringan komputer menguji sistem sebelum melakukan implementasi. Arsitek jaringan komputer perlu memiliki kemampuan analisis untuk mengevaluasi jaringan komputer.

 

6 Pengembang Web

Pengembang web memenuhi kebutuhan pengguna untuk sumber berbasis informasi. Mereka menciptakan struktur teknis untuk situs web dan memastikan bahwa halaman web dapat diakses dan mudah didownload melalui berbagai browser.

Pengembang web menyusun untuk memaksimalkan jumlah tampilan halaman dan pengunjung melalui optimasi mesin pencari. Mereka harus memiliki kemampuan komunikasi dan kreativitas untuk memastikan website yang dibuat memenuhi kebutuhan penggunanya.

 

7. Analis Keamanan Informasi

Analis keamanan informasi bertanggung jawab membuat sistem untuk melindungi jaringan informasi dan situs web dari serangan cyber dan pelanggaran keamanan lainnya. Tanggung jawab mereka juga mencakup meneliti keamanan data untuk mengantisipasi masalah dan menginstal sistem untuk mencegah masalah sebelum terjadi.

 

8 Programmer Komputer

Programmer computer bertugas menulis kode yang memungkinkan perangkat lunak beroperasi seperti yang diinginkan oleh pengembang perangkat lunak.

Ilmu komputer menargetkan siswa untuk menguasai bahasa komputer umum yang digunakan untuk membuat program dan memahami logika & struktur bahasa sehingga mereka dapat lebih mudah mempelajari bahasa komputer baru.

 

9 Manajer Sistem Informasi dan Komputer

Manajer sistem informasi dan komputer bertanggung jawab menganalisis kebutuhan teknologi perusahaan dan mengawasi penerapan sistem data yang sesuai. Mereka harus bisa mengevaluasi perangkat lunak, perangkat keras, jaringan, dan sumber daya teknologi lainnya untuk pembelian atau pengembangan.

Keterampilan interpersonal sangat penting dalam peran ini. Mereka harus menjadi pemimpin kuat yang bisa berkomunikasi secara efektif dengan staf mereka.

 

10 Manajer Proyek

Manajer proyek di sektor TI mengkoordinasikan upaya tim pemrogram dan analis untuk menyelesaikan proyek. Mereka juga menganalisis masalah teknologi untuk perusahaan mereka atau organisasi klien, mengusulkan solusi dan tips untuk meningkatkan produktivitas.

Keterampilan memecahkan masalah dan pengetahuan yang luas tentang teknologi dan sistem komputer membantu jurusan ilmu komputer untuk unggul dalam pekerjaan ini.

 

Referensi: thebalance.com

Komentar