Perlukah Ucapan Terima Kasih Saat Interview Kerja?

Kita mengucapkan terima kasih adalah hal yang sudah sangat biasa kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Ucapan terima kasih terlihat simple dan biasa saja namun terkadang sering terlewatkan untuk diucapkan.

Suatu hari saya membantu seorang rekan sedang melakukan interview kerja, dari beberapa kandidat ada seorang kandidat sebuat saja A. Kandidat A tersebut terlihat smart dan tegas saat menajwab, kualitas jawabannya pun termasuk memuaskan untuk kriteria posisi yang dilamarnya. Setelah selesai interview kami berdua melakukan diskusi untuk mengambil keputusan siapa yang dianggap lolos untuk bisa mengikuti tahap selanjutnya.

Karena kandidat A saya anggap memenuhi kualiikasi maka saya memutuskan bahwa dia lolos, namun teman saya berpendapat beda. Bahwa kandidat A tidak lolos interview dengan alasan, meskipun kandidat A smart dan sesuai kriteria namun dia mengabaikan ucapan Terima Kasih disaat terakhir interview. Menurut teman saya, ucapan terima kasih itu simple namun mengandung banyak arti. Menurutnya bagaimana mungkin dia akan mempekerjakan kandidat A jika dalam hal kecil saja dia tidak mampu berterimakasih bagaimana dengan hal besar. Intinya kandidat A orang yang mengabaikan sopan santun dan kurang bijaksana dalam hidupnya.

Belajar dari pengalaman tersebut, saya ingin memberikan gambaran begitu pentingnya mengucapkan terima kasih setelah interview kerja, meskipun setelah Anda menjalani sesi interview dan Anda memutuskan untuk tidak jadi bergabung dengan perusahaan tersebut.

Ucapan terima kasih juga menunjukkan bahwa Anda adalah seorang kandidat yang bijaksana serta siap untuk mengikuti proses selanjutnya. Ketika Anda mampu memberikan kesan yang baik, maka akan memiliki peluang yang lebih tinggi untuk bisa bekerja menjadi karyawan baru di perusahaan tersebut dibandingkan dengan kandidat yang tidak memberikan ucapan terima kasih. Saat mengucapkan terima kasih jangan lupa sambil tersenyum, sebab Senyuman yang diberikan saat mengucapkan terima kasih juga akan membuat Anda mendapatkan nilai positif.

Perlu diingat saat interview kerja Anda harus menunjukkan sikap yang positif terhadap interviewer supaya Anda dapat dianggap sebagai calon karyawan yang dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan. Sehingga peluang Anda untuk dapat diterima diperusahaan tersebut tinggi pula. 

 

Penulis,

Budy Indah Anggraeni, M.Psi

Owner Amaryllis Consulting

Share
Komentar