13 Tips Mudah Meningkatkan produktivitas kerja

-
13 Tips Mudah Meningkatkan produktivitas kerja

1.BANGUNLAH LEBIH PAGI

Mulailah kebiasaan bangun lebih pagi. Ketika bangun lebih awal, hari menjadi lebih panjang. Bisa melakukan lebih banyak hal. Waktu pagi yang tenang adalah waktu yang paling cocok bagi kita untuk memecahkan masalah-masalah penting, karena pada waktu pagi otak santai. Pikiran jauh lebih tajam. Hampir 80% orang sukses bangun lebih awal dari orang kebanyakan. Penelitian dari Roehampton University di Inggris oleh Dr Joerg Huber menyimpulkan bahwa bangun pagi membuat tubuh sehat, mood baik. Bangun pagi cenderung membuat orang lebih bahagia dan produktif.

2.FOKUS PADA SATU TUJUAN

Hal yang membedakan pengusaha sukses dengan pengusaha yang lebih sukses adalah Tujuan mereka. Mereka menetapkan Tujuan. Tujuan harus spesifik, jelas dan tepat. Karena tujuan yang baik akan mengarahkan kita langsung fokus pada apa yang ingin kita capai. Tujuan sangat penting untuk meningkatkan produktivitas agar mendapatkan hasil maksimal.

3.BUATLAH LIST TO DO DONE BERDASARKAN PRIORITAS

Banyak hal yang akan dikerjakan setiap hari. Membuat kita merasa terbeban. Sehingga nantinya tidak ada satu hal pun selesai dilakukan. Mulailah list daftar pekerjaan. Urutkan berdasarkan prioritas. Tentukan tanggal selesai atau jam selesai. Sehingga bisa fokus. Menyelesaikan step by step agar produktivitas kerja bisa ditingkatkan.

4.BERIKAN DEADLINE

Deadline di Butuhkan agar kinerja dapat terorganisir dengan baik. Deadline Bisa Meningkatkan produktivitas kerja. Deadline membuat lebih terpacu menyelesaikan pekerjaan serta memberikan efisiensi waktu.

5.MULAI SAAT INI JUGA

Memulai merupakan bagian paling sulit. Ada pepatah mengatakan 1000 mil dimulai dari satu langkah. Ketika berhasil memulai, kita akan terlarut menyelesaikan pekerjaan tersebut. Memulai lebih baik dari pada memikirkan semuanya dan tidak menyelesaikan satu pun. Dengan Memulai maka kita sedang berjalan untuk menjadi produktif.

6.PASANG TIMER UNTUK SETIAP HAL YANG DIKERJAKAN

Tujuannya adalah agar bisa mengukur seberapa cepat atau lambat Anda bekerja. Jika perlu bandingkan dengan rekan kerja. Untuk mendapatkan gambaran seberapa baik dalam memaksimalkan waktu. Ini akan membantu diri Kita lebih produktif. Kita bisa mengukur produktivitas kerja sendiri.

7.LAKUKAN ANALISA PADA SETIAP TUGAS

Orang produktif tahu bagaimana menghabiskan energi yang mereka miliki. Orang produktif melakukan analisa apakah pekerjaan sudah dilakukan dengan tepat dan maksimal. Hal ini bisa meningkatkan produktivitas kerja.

8. AMBIL WAKTU ISTIRAHAT

Ambil waktu Lima Menit atau sepuluh menit. Untuk beristirahat. Hal ini penting untuk mengistirahatkan otak. Rentang konsentrasi rata-rata di antara orang dewasa hanya 20 menit, meskipun ada penelitian merekomendasikan istirahat 15 menit setiap dua jam.

Hal ini tergantung pada tantangan pekerjaan. Tingkat kesulitannya. Ambil waktu istirahat sejenak. Istirahat penting untuk meningkatkan produktivitas kerja. Bisa berjalan santai, keluar dari ruang kerja. Atau berdiri setelah duduk, meregangkan sendi-sendi. Intinya adalah menghadiahi diri sendiri, istirahat sejenak. Menggunakannya untuk menyegarkan pikiran dan tubuh. Atau hanya sebatas menghirup udara segar pada waktu makan siang.

Di Aquarius Resources kami mulai istirahat 10 menit setelah 1,5 jam bekerja. Anda bisa tentukan sendiri berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk istirahat agar bisa meningkatkan produktivitas kerja.

9.IMPROVE YOUR KNOWLEDGE

Mengupdate pengetahuan sangat penting. Kita bisa belajar dari mana saja. Menambah pengetahuan kita. Seperti: Membaca Buku, Sharing bersama rekan kerja, bertanya jika mengalami kendala dalam pekerjaan. Dengan menambah pengetahuan dan mau belajar maka produktivitas kita akan meningkat.

10.MEMBERIKAN REWARD

Sesekali wajib memberikan reward atas pekerjaan ataupun pencapaian yang sudah dilakukan. Penghargaan atas diri sendiri penting untuk memotivasi dan meningkatkan semangat kerja. Kalau kita saja tidak bisa menghargai diri sendiri, bagaimana orang lain bisa menghargai kita?

Sadar atau tidak, terkadang kita lupa bahwa sesekali kita berhak menerima “reward” atas apa yang telah dikerjakan selama ini. Bukan dari pacar, atasan, atau orang lain, tapi dari diri sendiri. kerjaan bertumpuk, tekanan dari lingkungan kantor.
Sadarkah kita bahwa kita berhak untuk mendapatkan penghargaan atas apa yang telah dikerjakan. Bukan di ukur dari keberhasilan yang telah dicapai tapi lihat sejauh mana prosesnya telah dijalani. Reward bagi diri sendiri perlu diberikan sebagai penghargaan dan rasa terima kasih terhadap apa yang telah dilakukan. Hal ini bisa membantu kita meningkatkan produktivitas kerja.

11. MENGUBAH PEMANDANGAN SAAT BEKERJA

Jika memungkinkan, Anda pergi bekerja di luar. sesekali Anda bisa bekerja di tempat berbeda. Bisa mengubah perspektif visual. Seperti ke taman atau kafe. Bisa juga di lobi kantor. Asalkan Anda tidak merasa terbatas pada dinding atau ruang yang sama. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Lokasi ini mungkin masih sibuk dengan kehidupan dan obrolan. Tetapi mereka akan segera menjadi “white noise” karena mereka adalah lingkungan yang secara pribadi tidak terlibat secara emosi dengan Anda.

12. KELUAR DARI CHIT CHAT

Tentukan Jam Sosial Media. Karena kita terbiasa membuka Skype, Messenger, Twitter, Facebook atau apapun itu, Pada saat kerja sebaiknya harus dimatikan. Jika Anda ingin menambahkan sedikit waktu produktif. Karena tanpa disadari membuka sosial media pada saat bekerja. Banyak sekali menyita waktu. Menghambat diri untuk meningkatkan produktivitas kerja.

13. RAPIKAN MEJA KERJA ANDA

Pastikan ruang kerja Anda bersih dari kekacauan yang tidak perlu. Termasuk di atas meja komputer. Ruang berantakan membuat pikiran jadi tidak terorganisir dan terfokus. Simpan dokumen-dokumen yang sudah selesai dikerjakan agar tidak ada tumpukan dokumen. Hal ini akan membantu Anda lebih produktif.

Menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Menjadi Produktif itu sebenarnya mudah. Semoga dari 13 tips ini, salah satu dua atau bahkan semuanya bisa diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari. Menerapkannya perlu dibarengi dengan keseriusan. Perubahan sulit dilakukan diawal. Mari memulainya. Latih jadi kebiasaan agar bisa menjadi orang sukses yang produktif.

sumber:http://aquariuslearning.co.id

Komentar