6 Cara Lebih Fokus Saat Kerja Agar Tugas Kantor Cepat Selesai

-
6 Cara Lebih Fokus Saat Kerja Agar Tugas Kantor Cepat Selesai

1. Buat Daftar
Banyaknya tugas kantor kadang membuat Anda kurang terorganisir. Hal itu bisa membuat Anda lebih lama dalam mengerjaannya. Untuk itu, siapkanlah sebuah daftar. Taruh tugas-tugas prioritas di urutan paling atas. Kemudian beri estimasi waktu pengerjaannya sehingga Anda jadi terpacu untuk menyelesaikan.

2. Buat Rutinitas
Ketika Anda sudah bisa mengerjakan tugas dengan lebih cepat, coba lakukan dengan konsisten. Usahakan untuk mengerjakan sebagian tugas Anda sebelum makan siang. Dan makan sianglah di jam yang sama. Lakukan pula sesuatu yang menyenangkan sebagai rutinitas. Misalnya Anda bisa janjian dengan teman untuk makan snack bersama di sore hari. Tentu saja Anda harus menyelesaikan semua tugas sebelumnya. Dengan begitu, Anda jadi terpacu untuk cepat mengerjakan semuanya.

3. Istirahat dan Bergerak
Meski Anda ingin cepat pulang, janganlah terlalu terburu-buru mengerjakan tugas. Karena pekerjaan bisa jadi berantakan. Lalu sediakan pula waktu untuk sesekali beristirahat. Karena jika tidak, Anda akan jadi terlalu lelah atau bosan sehingga sulit berkonsentrasi. Disarankan agar pula Anda mengistirahatkan mata dan pikiran satu jam sekali. Misalnya dengan lima menit mengintip media sosial atau berbicara dengan teman. Bisa juga dengan jalan ke ruang makan untuk mengambil minum.

4. Puasa Internet
Internet adalah salah satu penyebab banyak karyawan jadi menunda pekerjaan. Maka dari itu, usahakan untuk puasa internet sejenak. Dengan fasilitas WiFi yang tersedia di kantor memang tidak ada yang bisa mencegah Anda untuk browsing. Sehingga dibutuhkan pengendalian diri yang kuat agar pekerjaan cepat terselesaikan.

5. Makan Snack dan Banyak Minum
Selain dengan mengistrahatkan mata dan pikiran setidaknya lima menit dalam satu jam, jangan ragu pula untuk menyantap makanan ringan dan banyak minum. Hal itu bisa menyegarkan diri dan perut jadi terisi. Biasanya dua hal itu akan membuat orang lebih konsentrasi. 

6. Pakai Headphone
Tak semua karyawan dianugerahi situasi kantor yang tenang setiap saat. Jika tempat kerja Anda sering berisik, coba dengarkan musik dengan headphone. Ketika memutar lagu, pilihlah yang sudah Anda hapal liriknya agar tidak terganggu dengan kata-kata aneh yang buat konsentrasi terpecah. Headphone juga bisa dikenakan untuk memberi sinyal kepada rekan-rekan bahwa Anda tak ingin diganggu atau diajak mengobrol.

sumber:wolipop.detik.com

Komentar