Peran Pendidikan dalam dunia kerja !

-
Peran Pendidikan dalam dunia kerja !

Kercerdasan seseorang merupakan suatu barang yang sangat berharga. Sebab kecerdasaran merupakan suatu yang tidak dapat dicuri oleh orang lain. Kecerdasan diperoleh karena adanya pendidikan yang dilakukan setiap anak sejak kecil hingga dewasa. Baik dalam kekuatan metal moral dan fisik. Pendidikan memiliki peran penting dalam setiap hidup manusia terutama dalam mencapai kesuksesan hidup. Memang, tidak semua orang yang berpendidikan sukses dalam perjalanan hidupnya, tetapi jika dilakukan perbandingan maka orang yang berpendidikan tetap jauh lebih banyak yang bisa mengecap kesuksesan daripada orang yang tidak pernah mengecap pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal. 


Menurut pakar pendidikan, Timothy Wibowo, mengatakan pendidikan adalah alat untuk mengembangkan diri, mental, pola pikir dan juga kualitas diri seseorang. Maka dari itu, pendidikan perlu di cap sebagai kewajiban semua orang. Sebab pendidikan merupakan kunci keberhasilan semua orang dalam dunia kerja. “Orang  yang sudah dibekali ilmu saja terbukti masih ada atau bahkan banyak yang mengalami kegagalan, lalu bagaimana dengan mereka yang tidak dibekali ilmu sama sekali? Logikanya sudah pasti mereka akan lebih kesulitan dalam mengembangkan hal-hal yang diminatinya dengan tujuan untuk mendapatkan level kehidupan yang lebih baik. Proses hidup membutuhkan teori, dan dengan pendidikanlah teori tersebut bisa didapatkan.” seperti yang terkutip dalam buku Metode Pedidikan Dalam Dunia Kerja.


Maka dari itu, Wibowo menyaranka agar semua orang tidak meyakini opini sekelompok orang, karena setiap orang tetap membutuhkan pendidikan. Karena pendidikan akan membekali kualitas diri yang lebih baik sehingga anda akan lebih berpeluang untuk mendapatkan apa yang anda cita-citakan. Pendidikan merupakan alat terpenting untuk merealisasikan semua impian anda. Pendidikan adalah prioritas untuk menjunu kearah yang lebih baik, dan masa depan yang lebih layak buat.


Namun yang menjadi kendala, bagaimana untuk mencapai suatu pendidikan yang sukses?  Seorang Psikologi Pendidikan, M. Dalyono, mengatakan untuk mencapai kesuksesan hidup harus dimulai dari belajar. Karena dengan belajar segala sesuatu yang sebelumnya tidak diketahui dapat diubah menjadi suatu yang berharga dalam hidup manusia. Belajar juga bertujuan mengadakan perubahan di dalam diri antara lain tingkah laku. Dengan adanya kegiatan belajar maka norma yang dimiliki oleh seseorang setelah ia melakukan kegiatan belajar akan berubah menjadi lebih baik. Belajar bertujuan mengubah kebiasaan, dari buruk menjadi baik, seperti merokok, minum-minuman keras, keluyuran, tidur siang, bangun terlambat, bermalas-malasan dan sebagainya. Kebiasaan tersebut harus diubah menjadi yang baik.  


Orang yang telah melakukan jenjang pendidikan juga dapat  mengubah sikap, dari negatif menjadi positif. Misalnya seorang anak yang tadinya selalu menentang orang tuanya, tetapi setelah ia mendengar, mengikuti ceramah-ceramah agama, sikapnya berubah menjadi anak yang patuh, cinta dan hormat kepada orang tuanya. Selain itu, belajar dapat mengubah keterampilan. Misalnya seseorang yang terampil main bulu tangkis, bola, tinju, maupun cabang olahraga lainnya adalah berkat belajar dan latihan yang sungguh-sungguh. Jadi kegiatan belajar dan latihan adalah hal yang perlu dilakukan agar terjadi perubahan yang baik pada diri seseorang. Dengan adanya pembelajaran seseorang juga dapat menambah pengetahuan dalam berbagai bidang ilmu. Dalam kaitan hal ini pendidik lebih cenderung memperhatikan dalam penyaluran ilmu pengetahuan (transfer of knowledge). 


Jika kita menyimak peran dan tujuan pendidikan diatas dapat kita simpulkan bahwa pendidikan harus dimulai dari proses belajar terus menurus. Karena dengan adanya belajar seseorang akan memiliki kelebihan dibandingan dengan orang yang tidak berpendikan. Pendidikan juga berfungsi untuk mengantar setiap manusia ke arah yang lebih baik, meski tidak sepenuhnya. Namun orang berpendidikan akan memiliki keterampilan yang lebih dibandingan dengan orang yang tidak berpendidikan. Dalam kehidupan manusia pendidikan memiliki peran sebagai pendorong hidup manusia untuk mencapai kesuksesan hidup yang berkualitas terutama dalam dunia kerja. 

 

Komentar