5 Kebiasaan Kerja Efektif Untuk Lulusan Baru

-
5 Kebiasaan Kerja Efektif Untuk Lulusan Baru

Sebagai Si Anak Baru dalam dunia kerja, seorang lulusan baru sebaiknya memperhatikan kebiasan kerja berikut untuk meningkatkan peluangmu menuju kesuksesan.

Ketika menjadi orang baru di dunia kerja, kami yakin kamu ingin memamerkan keterampilan dan pengetahuanmu yang baru saja didapat. Namun, di dunia kerja beberapa kebiasaan bekerja efektif yang mendasar dapat meningkatkan produktifitasmu. Dengan menjadi efektif secara konsisten dalam pekerjaan dapat meningkatkan peluangmu untuk sukses dalam karir.

 

Adapun 5 kebiasaan kerja efektif adalah:

1. Sukarela Mengerjakan Tugas

Salah satu cara terbaik untuk menunjukan bahwa kamu adalah orang yang tekun dan tidak takut untuk bekerja keras adalah dengan bersukarela mengerjakan tugas. Khususnya tugas yang orang lain tidak ingin kerjakan. Tetapi sebelum itu, ukur kemampuan dan pengetahuanmu agar kamu yakin dapat mengerjakannya atau tidak. Jika kamu yakin dapat mengerjakannya dengan baik, maju dan jadilah relawan untuk tugas itu.

Akan tetapi, ingat satu hal. Dalam pengerjaan tugas yang dengan sukarela kamu kerjakan. Jangan terlalu yakin kamu akan mengubah kesempatan yang baik menjadi berantakan. Saat kamu memulai pekerjaan, perhatikan hingga selesai. Kamu akan terlihat seperti seorang yang cukup berani untuk mengambil tugas tambahan. Kamu juga akan dilihat sebagai seseorang yang fokus dalam bekerja. Ini merupakan kebiasaan pertama yang kamu harus hayati.

 

2. Bersikap Baik Terhadap Siapapun

Kami yakin kamu sudah sering mendengar hal ini. Bersikap baiklah ke semua orang terlepas pangkat dan gelar mereka. Memang terdengar filosofis, tapi saat kamu baik ke orang suatu saat mereka akan membantumu dengan cara mereka. Menjadi anggota baru dalam organisasi kamu tidak akan pernah tahu bantuan apa yang akan kamu butuhkan. Kolegamu lebih suka bekerja dengan orang baik yang berbakat. Ketika memiliki kebiasaan kerja efektif ini kamu meningkatkan peluang orang menginginkanmu bekerja dalam tim mereka.

Baik kepada orang orang adalah adab yang umum. Tidak ada yang luar biasa dari kebiasaan ini, kamu tidak membutuhkan kemampuan khusus. Senyuman di pagi hari dan berucap “selamat pagi” adalah awal yang baik. Dewasa ini, orang orang yang bekerja dalam lingkungan yang penuh tekanan sering menjadikan stres sebagai alasan kemarahannya. Apakah ini perlu? Kebaikan sering dibalas dengan kebaikan. Faktanya, hal ini dapat menurunkan tingkat stres mu.

 

3. Prioritaskan Pekerjaan Kamu

Kita semua senang memulai bekerja dari hal yang kita sukai terlebih dulu. Tetapi, sering kali hal ini bukanlah yang mendesak dan penting dalam daftar pekerjaanmu. Ketika kamu memilih pekerjaan yang paling kamu sukai daripada yang lebih penting dan mendesak, kamu menurunkan peluangmu untuk sukses.

Buatlah daftar pekerjaan yang harus dikerjakan berdasarkan strategi perusahaanmu. Ketahui peranmu dalam menyelesaikan pekerjaan yang dihadapi untuk mencapai target perusahaan. Saat kamu memprioritaskan pekerjaan, kamu menjadi lebih produktif dan meningkatkan peluang untuk sukses.

 

4. Tetap Positif

Seseorang yang baru di dunia kerja mudah sekali merasa down karena tidak terbiasa dengan sistem kerja. Kamu berurusan dengan orang baru dan orang orang di dunia kerja yang bersikap sangat berbeda dari orang di sekolah. Dibutuhkan banyak membiasakan diri karena akan ada politik dalam kantor yang akan kamu hadapi walaupun tidak begitu banyak.

Alami semua hal diatas dan tetap positif di hadapan tantangan-tantangan tersebut. Ketika kamu positif, kamu kembali fokus pada tujuanmu. Kamu akan membuat pilihan yang lebih baik dan menjadi lebih produktif.

 

5. Jangan Hanya Komentar, Tapi Berikan Juga Solusinya

Kebiasaan kerja efektif yang terakhir adalah memberikan solusi pada bos atau managementsetiap kamu menemukan masalah. Kamu harus ingat bahwa jika kamu membawa masalah tanpa solusi, hal tersebut sering dianggap sebagai keluhan.

Berikanlah solusi untuk menghindari cap tersebut. Solusi yang luas juga mengindikasikan pada bosmu bahwa kamu sudah memikirkan masalah ini sebelum membawanya kepada mereka. Pikirkan solusi yang terbaik diantara solusi yang kamu berikan.

Komentar