14 Tips Sukses Berpindah Dari Masa Percobaan Menjadi Karyawan Tetap

-
14 Tips Sukses Berpindah Dari Masa Percobaan Menjadi Karyawan Tetap

Menandatangi penawaran kerja adalah langkah pertama dalam mengawali suatu perjalanan karier yang kita harapkan akan menguntungkan. Tergantung kebijakan perusahaan, biasanya kamu perlu menghabiskan 3-6 bulan menjalani masa percobaan sebelum mereka menentukan apakah kamu layak menyandang status karyawan tetap atau tidak. Ada beberapa hal yang perlu kamu pastikan setelah mengakhiri masa percobaanmu seperti: jatah cuti, kenaikan gaji, jaminan kesehatan dan gigi, dll. Kinerja kamu dalam masa percobaan adalah tiket untuk mendapatkan semua keuntungan ini, sehingga penting untuk melakukan yang terbaik selama masa percobaan ini.

 

Cara Menjadi Karyawan Tetap

Kamu beruntung, kami menuliskan 14 tips yang dapat membantu kamu sukses menjalani masa percobaan hingga pada akhirnya kamu akan diangkat menjadi karyawan tetap. Bookmark artikel ini agar suatu saat kamu mudah mengaksesnya ketika kamu butuh reminder apa yang perlu kamu lakukan untuk menjamin pengangkatan kamu sebagai karyawan tetap.

 

1. Tepat waktu. 

Temukan bagaimana cara untuk cepat tiba di kantor dengan mempelajari can mencoba beberapa rute yang tepat pada akhir pekan. Ketepatan waktu adalah hal penting ketika kamu sedang menjalani masa percobaan jadi pastikan kamu bisa mempertahankan reputasi kamu sebagai karyawan yang displin waktu.

 

2. Jika jadwal kerjamu yang baru berbeda dengan yang perusahaan yang sebelumnya, sesuaikan tubuh kamu dengan jam kerja yang baru.

Adaptasikan tubuh kamu dengan perubahan rutinitas ini sehingga kamu tidak bermasalah dengan jadwal bangun tidur kamu dan tiba di kantor tepat waktu.

 

3. Bekerjalah dengan profesional. 

Cari tahu dress code kantor kamu lalu sesuaikan dengan busana yang kamu pakaii. Selalu tampil rapih, bersih dan menarik. Jika kamu tidak tahu cara menyetrika pakaian dengan benar, tanyakan kepada yang lebih tahu.

 

4. Senyum dan tampilkan rasa percaya diri. 

Terapkan sikap bersahabat dan bersiap untuk bertemu dengan orang baru, bertemanlah dengan mereka.

 

5. Siapkan diri untuk menerima reaksi yang beragam dari rekan kerjamu. 

Kamu tidak dapat mengharapkan setiap orang akan bersikap baik padamu. Biarkanlah mengalir, tetap bersikap positif dan belajar menghadapi orang yang berniat buruk pada proses kamu menjadi karyawan tetap.

 

6. Tunjukkan ketertarikan di kantor dan tanyakan pertanyaan apapun pada rekan kerjamu.

Masa percobaan adalah persiapkan bagimu, maka untuk menghindari diri dari kesalahan jangan sungkan-sungkan untuk bertanya atau meminta bantuan rekan kerjamu. Perhatikan dengan teliti setiap informasi yang disampaikan kepadamu. Jika mereka memperingatkan kamu tentang kondisi politik di kantor, simpan informasi tersebut di kepalamu!

 

7. Jangan berbicara ketika kondisi di mana kamu tidak seharusnya berbicara.

 Lebih baik kamu diam mendengarkan ketika orang lain sedang berbicara. Kamu pasti tidak ingin menyinggung perasaan orang lain karena kamu adalah orang bari di kantor, walaupun tidak sengaja kamu lakukan.

 

8. Sebagai orang baru, kamu masih dalam pengawasan manajer kamu

Supervisor kamu dan rekan kerjamu, jadi kamu harus siap untuk bekerja ekstra keras dan mempelajari hal-hal baru.

 

9. Semakin awal kamu membuat masalah,

dan belajar dari hal tersebut, maka semakin baik.

 

10. Temui atasan kamu dan belajar sebanyak mungkin dari dia.

Catat setiap hal yang menurutmu menarik dari diri atasan kamu. Kamu pasti menginginkan atasan kamu bersikap baik pada sehingga kehidupan kamu di kantor akan lebih menyenangkan.

 

11. Ambil inisiatif! 

Minta beberapa pekerjaan tambahan jika kamu yakin kamu dapat menyelesaikannya.

 

12. Ambil kesempatan dari situasi di mana kamu bisa menunjukkan kemampuan khusus kamu, 

tapi tetap tanamkan dalam kepala tips nomer tujuh dan delapan.

 

13. Bersikap dan berkatalah dengan jujur.

Tidak ada yang menyukai seorang pembohong!

 

14. Tetap berpikiran terbuka dan terus beradaptasi.

Kantor adalah suatu tempat di mana terdapat banyak kepribadian yang mungkin berseberangan dengan kepribadian yang kamu miliki. Jangan tanggapi segala sesuatu terlalu personal, tampilkan bahwa kamu mampu menunjukkan performa terbaik yang kamu miliki.

 

Dengan mengikuti tips tersebut kamu dapat melewati masa percobaan dengan mudah. Setiap jam kerja berakhir, kamu akan dinilai berdasarkan hal-hal yang kamu lakukan dan yang gagal kamu

Komentar