Posisi Duduk yang Benar Saat Bekerja

Terlalu lama duduk di depan komputer bisa menyebabkan sakit pinggang, punggung, dan cepat lelah. Bahkan bisa membuat postur tubuh kita jadi bungkuk. Jika pekerjaan menuntut kita untuk duduk lama di depan komputer, kita harus menjaga posisi duduk sebaik mungkin. Berikut posisi duduk yang benar.

Posisi Pinggul
Dorong pinggul sejauh mungkin ke belakang saat duduk hingga menyentuh sandaran kursi. Cara ini membuat kita duduk selalu dalam posisi tegak. Sebaiknya hindari duduk di ujung kursi dengan punggung bersandar ke kursi, karena bisa membuat punggung dan pinggang cepat pegal.

Posisi Duduk
Duduk dengan punggung tegak. Pastikan tulang punggung dan tulang ekor mendapat sandaran yang baik. Biar lebih enak, gunakan bantal kecil yang diletakan di punggung bagian bawah. Kita juga bisa memilih kursi dengan bantalan yang tidak terlalu tebal atau terlalu tipis.

Tinggikan Kursi
Atur posisi kursi hingga sejajar dengan layar komputer, serta lutut sejajar dengan posisi pinggul. Sehingga mencegah kita bungkuk saat bekerja. Jangan menggunakan kursi yang terlalu tinggi atau rendah, karena membuat leher pegal dan lutut sakit.

Posisi Tangan
Sandarkan pergelangan tangan di atas meja. Pastikan jarak tangan tidak terlalu jauh saat menggerakan mouse. Hindari pergelangan tangan hingga lengan menggantung tanpa penyangga, karena bisa membuat tulang dan saraf pada tangan terganggu dan terasa pegal dalam jangka waktu lama.

Posisi Kaki
Pastikan kaki memijak lantai. Jangan biarkan kaki menggantung atau menjinjit saat duduk, karena bisa menganggu struktur tulang dan persendian pada kaki. Akibatnya, kita cenderung akan merasa sakit pada otot maupun sendi kaki.

 

Share
Komentar