Hal yang Jangan Dilakukan Anak Baru

-
Hal yang Jangan Dilakukan Anak Baru

Anak baru punya etikanya sendiri. Salah melangkah bisa-bisa Anda dimusuhi oleh satu kantor. Ya, mau bagaimana lagi terkadang lingkungan kantor dan persaingan kerja tak ubahnya dengan hutan rimba.

 

Jika ingin selamat di hari pertama bekerja dan di tahun-tahun selanjutnya, Anda perlu mencermati aturan yang wajib dilakukan anak baru di minggu-minggu pertama dia bergabung di perusahaan.

 

1. Unjuk Kemampuan

Jangan terlalu bersemangat menunjukkan kemampuan Anda kepada rekan kerja yang lain. Ini hanya akan mengesankan Anda sebagai orang yang sombong dan senang membanggakan diri. Sebagai anak baru Anda diminta untuk lebih tahu diri dan menghormati senioritas.

 

2. Jarang Menyapa

Sependiamnya Anda dan sejuteknya wajah orang-orang di kantor Anda harus lebih ramah menyapa mereka. Bukan lingkungan kantor yang beradaptasi dengan Anda tetapi Andalah yang harus merendahkan hati dan beradaptasi dengan mereka.

 

3. Menolak Tugas

Jangan berani menolak tugas di hari pertama Anda bekerja. Bisa jadi itu bukan tugas Anda dan bukan job description Anda tetapi mau bagaimanapun tetaplah kerjakan jika itu diminta untuk dilakukan. Menolak kerja di hari-hari pertama hanya akan membuat Anda dianggap tidak mau bekerja.

 

4. Pulang Cepat

Pulang teng go sangat tidak disarankan di hari-hari pertama bekerja. Kesan yang ditunjukkan adalah Anda tidak betah di kantor dan ingin segera pulang. Sebaiknya Anda lebih perhatian kepada lingkungan kerja, teman-teman dan atasan. Pelajari dulu pola kerja dan ritme kerja di kantor supaya Anda bisa menempatkan diri Anda dengan baik.

 

5. Mengeluh

Terlalu banyak mengeluh hanya akan membuat Anda sebagai pribadi yang lemah dan tidak bisa kerja. Bukan berarti Anda tidak boleh mengeluh tetapi simpan keluhan Anda di awal-awal bekerja. Atau curhatlah dengan teman, jangan curhat dengan rekan kantor yang bisa saja bersegera menilai Anda sebagai orang yang lemah.

 

6. Naik Gaji

Baru enam bulan bekerja Anda minta kenaikan gaji? Wajar saja ditolak! Masih untung Anda tidak mendapat kata-kata kasar dari atasan yang bisa saja kesal karena permintaan Anda yang terlalu dini. Apalagi kalau Anda dibilang masih beradaptasi dengan lingkungan kerja tersebut.

 

Komentar