8 Tips Menjaga Pikiran dan Tubuh Anda saat Bekerja Keras

-
8 Tips Menjaga Pikiran dan Tubuh Anda saat Bekerja Keras

Bagi sebagian orang memiliki jadwal bekerja 50 jam seminggu adalah hal yang tidak biasa, namun beberapa individu sering bekerja dengan jadwal ini. Jika anda termasuk salah satu dari mereka, anda mungkin merasa terlalu banyak bekerja. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan dan produktivitas anda.

 

Hal ini dapat menyebabkan masalah yang berhubungan dengan pekerjaan termasuk kelelahan kerja. Ini sangat ironis karena, pada saat anda perlu memasukkan semua energi anda ke dalam pekerjaan anda, kelelahan bisa membuat anda merasa tidak ingin melakukan apa pun.

 

Anda mungkin tidak memiliki pilihan lain: memilih menghabiskan waktu untuk bekerja atau memilih kehilangan pekerjaan anda. Berikut adalah beberapa tip untuk membantu anda bertahan bekerja selama 50 jam seminggu.

 

Ingatlah untuk Mengambil Istirahat

Meskipun penting untuk tetap fokus pada pekerjaan anda, penting untuk beristirahat secara berkala dari pekerjaan anda. Ini mungkin terdengar kontra-intuitif. Jika anda meluangkan waktu jauh dari tugas anda, bukan berarti itu akan memakan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya.

Setelah mengerjakan sesuatu untuk waktu yang sangat lama, anda mungkin akan kehilangan fokus. Kemampuan anda untuk berkonsentrasi akan membaik setelah Anda beristirahat sejenak.

 

Olahraga Rutin

Olahraga adalah salah satu kebiasaan yang dapat mengurangi stress. Setelah bekerja 50 jam seminggu, anda mungkin akan mengalami banyak hal. Stres kerja bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan, jadi semakin sedikit masalah yang anda miliki akan semakin baik. Temukan waktu untuk olahraga, seperti saat sebelum bekerja atau saat anda tiba di rumah. Jika itu tidak memungkinkan, jalan-jalanlah selama jam makan siang atau istirahat.

 

Luangkan Waktu untuk Bersenang-senang

Banyak orang yang dihadapkan pada keharusan bekerja selama 50 jam seminggu, anda dapat membayangkan gambaran jadwal yang terlihat seperti ini: Pergilah bekerja, pulang, tidur, kembali kerja, pulang, tidur, dan seterusnya.

Anda harus memasukkan sesuatu yang menyenangkan ke dalam rutinitas itu, mungkin anda akan menderita jika tidak ada sesuatu yang menyenangkan dalam rutinitas tersebut. Meskipun anda mungkin tidak punya waktu untuk melakukannya lebih dari satu kali atau dua kali seminggu, anda dapat menyempatkan beberapa jam dalam seminggu untuk pergi menonton film, menonton acara tv favorit anda, piknik, atau sekadar bergaul dengan teman dan orang yang anda cintai. Jika anda tidak meluangkan waktu untuk bersenang-senang, bisa saja anda akan benci dengan pekerjaan anda.

 

Minum Banyak Air

Sangat penting untuk tetap terhidrasi dengan baik, tidak hanya untuk tubuh anda, tapi juga untuk pikiran anda. "Air sangat penting untuk fungsi otak," menurut ahli gizi Shereen Lehman (Kapan Anda Perlu Minum Lebih Banyak Air?). "Jika anda mengalami kesulitan berkonsentrasi," kata Lehman.

Tambahkan irisan lemon, jeruk, atau apel (atau ketiganya) ke dalamnya untuk memberi sedikit rasa ringan tanpa banyak kalori.

 

Batasi Asupan Kafein

Hal ini sudah menjadi kebiasaan orang-orang untuk minum minuman berkafein seperti kopi dan soda saat bekerja berjam-jam. Meskipun mereka dapat membantu anda tetap waspada setidaknya untuk waktu yang singkat, terlalu banyak kafein dapat membuat Anda gelisah dan dapat menyebabkan masalah pencernaan.

 

Hindari Bekerja Tujuh Hari dalam Seminggu

Bila kerjaan anda masih banyak dan berpikiran untuk terus bekerja tanpa libur sama sekali itu adalah ide yang buruk. Pastinya kebiasaan seperti itu akan berdampak buruk bagi kesehatan anda.

Anda mungkin tidak bisa menghabiskan seluruh akhir pekan dua hari berturut-turut, tapi anda harus mencoba meluangkan 1 hari untuk libur kerja. Setidaknya anda membutuhkan waktu sebanyak itu untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran anda. Ketika anda kembali bekerja, anda akan berada dalam keadaan yang jauh lebih baik untuk melakukan pekerjaan dengan baik.

 

Jagan Terlalu Banyak Mengonsumsi Junk Food

Bila anda berada di tengah  jadwal kerja tanpa henti, makanan sampah mungkin tampak seperti satu-satunya pilhan anda untuk mengisi perut, tak perlu diragukan bahwa makanan ini dapat memanjakan lidah anda. Terutama pada saat stress biasanya anda menginginkan makanan yang asin dan manis.

Seperti yang anda ketahui, makanan sampah memang dapat memanjakan lidah anda dan cepat mengenyangkan perut, tapi perlu diketahui juga bahwa makanan ini mengandung sedikit kalori dan sedikit nutrisi. Anda juga harus menyeimbangkannya denga makanan yang bergizi.

Meskipun anda mungkin tidak punya waktu untuk menyiapkan makanan lengkap, anda bisa membuat semangkuk besar salad yang dapat bertahan selama beberapa hari. Tambahkan telur rebus, tuna kalengan, atau rotisserie chicken untuk protein. Telur rebus dapat bertahan sampai seminggu jika anda simpan di kulkas, dan anda bisa membeli ayam rotisserie siap saji di toko bahan makanan. Anda akan memiliki beberapa makanan sehat siap makan dan tidak akan tergoda untuk berlari ke tempat makanan cepat saji untuk menikmati burger dan kentang goreng. Bawa buah utuh atau dapatkan salad buah di toko untuk menu makan saat istirahat.

 

Tidur yang Cukup

Para ahli percaya orang dewasa harus tidur rata-rata delapan jam setiap malam. Beberapa mungkin perlu sedikit lebih dan yang lain sedikit kurang. Nikmati tidur nyenyak dan mimpi yang indah tersebut, karan tanpa menikmati tidur tersebut, anda mungkin terganggu oleh kelelahan dan sulit berkonsentrasi di siang hari.

Pakar tidur menyarankan anda untuk mencoba tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk hari-hari pada saat anda tidak bekerja. Tidur sebentar tidak lebih dari 15 sampai 20 menit-bisa membantu menyegarkan anda di siang hari.

 

Referensi: www.thebalance.com

Komentar