Menggunakan Bahasa Positif di Tempat Kerja

-
Menggunakan Bahasa Positif di Tempat Kerja

Bahasa adalah alat yang sangat kuat dalam berkomunikasi secara lisan, atau dalam bentuk tertulis, cara Anda mengekspresikan diri akan mempengaruhi apakah pesan Anda diterima secara positif atau negatif. Bahkan ketika Anda menyampaikan berita yang tidak menyenangkan, dampaknya bisa melunak dengan menggunakan apa yang kita sebut bahasa positif.

 

Dengan cara berkomunikasi yang lebih positif lebih memungkinkan bagi Anda untuk mendapatkan kerjasama dari klien Anda daripada argumen atau konfrontasi. Disaat Anda berkomunikasi dengan klien atau pelanggan, staf Anda, atau rekan kerja Anda lainnya gunakanlah bahasa positif untuk menimbulkan citra positif dari pada yang bersifat merusak.

 

Seorang Naysayer atau orang yang secara agresif menolak terhadap sesuatu baik dan bersikap pesimis biasanya tidak mempunyai alternatif ide, tetapi sangat pandai dalam mencari celah dari ide orang lain. Jika Anda pernah bekerja sama dengan tipe seorang naysayer, atau Anda adalah salah satunya, Anda akan tahu bahwa jenis komunikasi negatif ini adalah yang paling menyakitkan bagi mereka yang berada disekitarnya. Seorang Naysayer memungkinkan adanya diskusi yang menciptakan lingkungan yang negatif dan meningkatkan konfrontasi.

 

Kalimat dan bahasa negatif seringkali memiliki karakteristik sebagai berikut:

1. Mengatakan pada orang lain tentang hal yang tidak bisa dilakukannya.

2. Nada halus untuk menyalahkan

3. Mengandung kata-kata seperti: tidak bisa, tidak ingin,tidak mampu dan lainnya.

4. Tidak menekankan tindakan yang positif yang lebih sesuai.

 

Ungkapan dan bahasa positif memiliki kualitas berikut:

1. Memberitahu orang lain tentang hal yang dapat dilakukan

2. Menyarankan alternatif dan pilihan yang tersedia bagi penerima

3. Memberi support dan tidak bertele-tele.

4. menekankan tindakan positif dan konsekuensi positif yang dapat diantisipasi.

 

Tempat pertama untuk mulai menggunakan bahasa positif adalah dengan tulisan. Setelah Anda mengembangkan bakat penulisan secara positif, akan lebih mudah untuk mengubah bahasa lisan Anda untuk menyajikan nada yang memberikan kesan positif.

 

Komentar