7 Hal yang Jadi Penyebab Karyawan Tak Betah di Kantor

Kalau kamu tidak nyaman maka pekerjaan yang kamu lakukan juga tidak bisa maksimal. Saat kamu mengerahkan semua tenaga, hati dan pikiran, seharusnya itu setimpal dengan kenyamanan yang kamu dapatkan. Ini bukan masalah kuat tidak kuat, tapi kamu tahu kalau tidak seharusnya kamu bertahan pada sesuatu yang hanya menguras habis usaha yang sudah coba kamu berikan.

Kamu yang sekarang sedang tidak betah di kantormu sendiri, apakah salah satu hal di bawah ini adalah penyebabnya?

1. Atasan yang tidak tegas dan tidak bisa memproses saat kamu butuh bantuan

dan tidak bisa membantumu juga merupakan pemicu kamu tidak bisa betah di kantor. Kalau kamu bertahan padahal kamu sudah berusaha menyuarakan apa kesulitanmu dan tetap tidak diproses juga, maka sebaiknya kamu keluar saja.

 

2. Pekerjaan yang kamu lakukan tidak sebanding dengan gaji yang kamu terima

Ibarat kamu mengerjakan 100% tapi gaji yang kamu terima hanya 10%. Seharusnya, semua tanggung jawab yang besar yang kamu terima haruslah mendapat penghargaan yang pantas.

 

3. Kamu tidak berkembang, malah tertekan

Pekerjaan yang sehat seharusnya yang bisa membuatmu lebih berkembang, bukan yang malah membuatmu tertekan. Kamu harus bisa tahu batasan. Jika kamu merasa tertekan terlalu lama, lama-lama akan berdampak pada kesehatanmu juga.

 

4. Rekan kantor yang selalu berniat menjatuhkanmu

Punya bos baik tapi rekan yang tidak baik akan membahayakan posisimu. Percayalah bahwa kebenaran tidak akan pernah mengkhianati. Jadi jangan takut kalau ada teman yang mau menjatuhkanmu. Justru kamu harus bangga, tandanya kamu ada di atas dia.

 

5. Budaya kantor yang buruk

Saling menggosipkan satu dengan lainnya atau bahkan suasana yang asing walau kamu telah mencoba membaur. Kamu bisa lihat juga dari hirarki dan status sosial yang mungkin kental di kantormu. Ingat, budaya yang buruk akan menyebabkan kamu punya kebiasaan yang buruk juga.

 

6. Kamu mengalami kemunduran dalam segi kemanusiaan

Dalam artian, pekerjaanmu tidak membawa dampak positif dalam hidupmu. Sebaliknya, kamu malah mengalami kemunduran. Contohnya saja kamu jadi lebih emosian karena stres memikirkan pekerjaan. Kamu jarang rileks, bahkan santai saja kamu tidak bisa. Kamu harus tahu bahwa pekerjaan itu bukan seluruh hidupmu, lebih baik kamu cari pekerjaan yang lebih bisa menghargaimu.

 

7. Kamu tidak memiliki kehidupan yang seimbang

Karena pekerjaanmu terlalu di luar batas, kamu jadi tidak punya kehidupan pekerjaan yang seimbang dengan kehidupan pribadimu sendiri. Bahkan kamu sampai melewatkan hal-hal penting dalam hidupmu karena kamu terlalu tercekik dengan deadline dan target. Kalau sudah seperti ini, pekerjaanmu memang tidak sehat.

Kalau kamu memang menyadari semua tanda di atas telah kamu rasakan, maka mulailah membuat cv baru dan mencari pekerjaan yang bisa menghargaimu. Yakinlah, pasti ada tempat yang lebih layak untuk orang sepertimu. Kantormu yang sekarang bisa jadi tidak cukup pantas mempekerjakan karyawan sepertimu, jangan berkecil hati, ya.

 

Share
Komentar