Apa yang Tidak Harus Dilakukan Saat Memilih Karir

-
Apa yang Tidak Harus Dilakukan Saat Memilih Karir

Ada banyak keputusan yang harus anda ambil saat memilih sebuah pekerjaan. Anda ingin memilih pekerjaan di mana anda bisa sukses selama beberapa tahun kedepan. Meskipun Anda dapat mengubah karir dengan mudah, akan lebih mudah jika anda tidak perlu melakukannya terlalu sering. Dengan kata lain berarti anda harus memilih sesuatu yang tidak hanya cocok untuk anda, tapi juga dapat mendukung anda secara financial jauh ke masa depan. Tingkatkan kemampuan anda dalam mengambil keputusan yang baik agar terhindar dari kesalahan yang sangat umum ini.

 

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memilih Karir:

Mendengarkan orang lain tentang apa yang harus anda lakukan dan tidak harus anda lakukan

Banyak orang berpikirbahwa mereka harus memiliki pendapat dalam karir yang dipilih. Seperti orang tua, teman, atau orang penting lainnya. Dalam kebanyakan kasus, keputusan anda dalam memilih karir tidak berdampak pada orang lain dalam hidup anda. Namun, keputusan anda akan berdampak pada diri anda selama beberapa tahun kedepan. Pastikan karir yang anda pilih adalah sesuatu yang anda inginkan untuk menghabiskan hari-hari anda.

 

Mengikuti langkah orang lain

Anda mungkin dihantui oleh harapan orang tua anda untuk melakukan pekerjaan yang sama dengan mereka. Anda mungkin mengetahui bahwa orang tua anda adalah orang yang menghidupi anda selama ini, menyediakan tempat tinggal untuk anda, membiayai sekolah anda dan anda sangat ingin membalas budi kepada orang tua anda. Tapi sebisa mungkin anda harus membuat pilihan sendiri dalam hal karir, karena itu akan berdampak pada kehidupan anda di masa mendatang.

Apa yang tepat bagi mereka mungkin bukan untuk anda. Dalam jangka panjang, ada kemungkinan mereka lebih suka melihat anda bahagia dalam karir pilihan anda sendiri daripada tidak bahagia jika anda memilih untuk mengikuti mereka.

 

Tidak melakukan pekerjaan rumah

Jangan memilih karir tanpa meluangkan waktu untuk mempelajarinya. Selain deskripsi pekerjaan, anda harus mengumpulkan informasi tentang tugas pekerjaan biasanya, persyaratan pendidikan, dan prospek pekerjaan.

 

Tidak berbicara dengan orang yang tahu

Pekerjaan rumah anda tidak lengkap jika Anda melewatkan pembicaraan dengan seseorang yang saat ini bekerja di bidang karir yang sedang anda pertimbangkan.

Mereka yang terlibat dalam pekerjaan dapat memberi anda laporan yang benar tentang bagaimana rasanya bekerja di dalamnya. Jika memungkinkan berbicaralah dengan beberapa orang untuk menghindari bias individu.

 

Pergi untuk uang

Membawa pulang gaji itu penting, tapi ukuran itu sebenarnya bukan kepuasan kerja yang hebat. Dengan kata lain, anda bisa menghasilkan banyak tapi jika anda membenci apa yang anda lakukan, anda akan merasa sulit untuk menikmati hasil kerja anda. Carilah keseimbangan antara menghasilkan cukup uang dan pekerjaan yang cocok dengan anda.

 

Mengabaikan siapa anda

Tipe kepribadian, minat, nilai dan bakat anda membuat anda lebih cocok untuk beberapa pekerjaan daripada yang lain. Sifat-sifat ini bersifat intrinsic yang berarti anda tidak dapat mengubahnya. Jika anda tidak memperhitungkannya saat memilih karir, ada kemungkinan besar anda akan berakhir dalam pekerjaan yang tidak sesuai untuk anda.

 

Tidak mempertimbangkan lokasi

Jika anda tinggal di tempat yang tidak menawarkan banyak kesempatan di bidang anda dan anda tidak rela pindah, anda akan kesulitan mendapatkan pekerjaan.

 

Tidak melihat daftar pekerjaan terbaik

Daftar karir terbaik tahun ini/ decade ini bisa menjadi panduan bermanfaat dalam memilih pekerjaan. Namun, membuat keputusan hanya berdasarkan salah satu daftar tersebut adalah ide yang mengerikan, anda harus menggali lebih dalam untuk mengetahui apakah pekerjaan itu cocok untuk anda.

Komentar