Cara Mengetahui Pekerjaan yang Cocok dengan Diri Kita Sendiri

-
Cara Mengetahui Pekerjaan yang Cocok dengan Diri Kita Sendiri

1. Bisa Menjalankan Pekerjaan Tanpa Banyak Kesulitan

Dalam bekerja di kantor harus menguasai pekerjaan yang dijalani sehingga tidak merepotkan orang lain saat bekerja. Sebagian besar pekerjaan yang dikerjakan harus bisa diselesaikan oleh diri sendiri. Lain hal jika pekerjaan itu butuh kerjasama tim.

2. Bekerja di Lokasi / Tempat Kerja yang Cocok

Jangan memilih pekerjaan yang terlalu jauh tempatnya dari tempat tinggal kita, karena dapat menguras tenaga, biaya dan waktu kita. Namun jika sudah terlanjur, maka bisa diatasi dengan mencari tempat tinggal yang lebih dekat dengan kantor, selama anggota keluarga lain tidak keberatan.

3. Memberikan Penghasilan dan Tunjangan yang Baik dan Halal

Percuma kita kerja banting tulang, peras keringat, tekor otak apabila pendapatan yang diterima tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan hidup sederhana sehari-hari. Carilah pekerjaan yang penghasilan serta tunjangannya bisa lebih dari cukup dalam mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Pekerjaan dan penghasilan pun juga harus halal dari sisi Agama kita.

4. Bekerja dengan Orang-Orang yang Menyenangkan

Kita bisa pusing dan stress jika rekan-rekan kerja kita selalu membuat masalah dengan kita. Bekerja yang baik harus diliputi oleh suasana kekeluargaan, saling menghormati dan saling menghargai satu sama lain serta penuh dengan canda tawa dalam porsi yang wajar.

5. Menyukai dan Menikmati Pekerjaan yang Diberikan

Kita bekerja harus sesuai dengan minat kita sehingga kita bisa menjalankan pekerjaan dengan penuh suka cita dan penuh tanggungjawab. Tanpa itu maka kita akan merasa seperti terpaksa melakukan pekerjaan kita yang tanpa didasari keinginan kuat untuk melakukan pekerjaan yang diberikan.

6. Budaya Kerja yang Baik

Di dalam tempat kerja memiliki aturan-aturan, adat kebiasaan, norma dan nilai-nilai yang adil serta sesuai dengan hati nurani kita. Jika bertentangan maka bisa membuat kita kurang menikmati pekerjaan tersebut.

7. Memiliki Atasan dan Bawahan yang Baik

Tiada pekerjaan yang lebih indah jika atasan dan bawahan kita adalah orang-orang terbaik dan menyenangan. Jika kita salah, maka bos akan membantu memperbaiki dan anak buah selalu mengingatkan. Dalam bekerja atasan mengayomi dan bawahan memberikan dukungan moril dan spirituil yang baik.

8. Pekerjaan Tetap yang Berkesinambungan

Pekerjaan yang digeluti harus memberikan kepastian di masa depan. Status kepegawaian kita harus bisa menjadi pegawai / karyawan tetap setelah mengabdi untuk masa waktu tertentu. Tidak terus menerus sebagai pegawai / karyawan kontrak, honorer atau pun outsourcing.

9. Memberikan Penghargaan Jika Telah Bekerja dengan Baik

Betapa senangnya jika pekerjaan yang telah kita kerjakan dengan baik dihargai oleh perusahaan. Jika kita bekerja dengan sepenuh jika namun dihargai sama dengan orang yang kerjanya biasa-biasa saja, maka kita bisa menjadi tidak semangat dalam bekerja secara maksimal.

10. Membuat Keluarga Kita Bangga

Keluarga kita di rumah dan di luar rumah pun juga harus setuju dengan pekerjaan yang saat ini kita geluti. Akan sangat bermasalah jika profesi dan tempat kita bekerja ditentang oleh keluarga dan masyarakat umum.

11. Tidak Sering Menimbulkan Konflik / Masalah

Jika selama kita bekerja selalu memunculkan permasalahan demi permasalahan yang pelik, maka sebaiknya kita minta pindah bagian atua bila perlu carilah pekerjaan lain. Konflik / masalah yang timbul dapat merusak konsentrasi kerja dan konsentrasi di luar kerja sehingga bisa membuat hidup kita kurang bahagia.

12. Tidak Ingin Mencari Pekerjaan Lain

Yang paling penting dalam menentukan pekerjaan yang cocok atau tidak untuk diri kita sendiri adalah keinginan untuk pindah pekerjaan. Jika rasa itu ada maka sudah pasti pekerjaan itu tidak cocok. Namun jika rasa keinginan itu tidak ada, maka berarti kita sudah merasa cocok bekerja di tempat kerja kita. Beda halnya jika tidak mau cari pekerjaan lain karena memang tidak ada pekerjaan lain yang bisa kita dapatkan atau bekerja karena terpaksa oleh keadaan.

sumber:https://sites.google.com

Komentar