PT Konimex

Di antara warna-warni budaya kota Solo, berdirilah sebuah perusahaan farmasi yang mengawali usahanya dalam kesederhanaan, namun mengemban cita-cita yang besar. Nama perusahaan itu adalah PT Konimex, kependekan dari Kondang Impor Ekspor yang didirikan pada tanggal 8 Juni 1967 oleh Djoenaedi Joesoef, atau biasa dipanggil Pak Djoen. Berbekal pengalaman bekerja di toko obat keluarganya dan dengan keyakinan bahwa kebahagiaan dimulai dari hidup sehat, beliau merintis usahanya dengan keinginan untuk menyehatkan semua keluarga di Indonesia. Hingga kini, Konimex terus berkarya dan berinovasi dengan berpegang teguh pada falsafah 3MU, yaitu Mutu, Mudah, dan Murah, agar semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sehat dan hidup bahagia.

Untuk memastikan produk-produknya mudah diperoleh masyarakat di mana saja, Konimex mendirikan PT Sinar Intermark dan PT Marga Nusantara Jaya sebagai distributor resminya. Seiring berjalannya waktu, kedua perusahaan tersebut dilebur menjadi PT Marga Nusantara Jaya yang memiliki tanggung jawab dalam memasarkan produk Konimex dengan merata dari tingkat grosir, pasar tradisional, pengecer, toko obat, apotek, hingga semua jenis pasar swalayan di semua kota di Indonesia. Seiring perkembangan produk dan target pasar dari tahun ke tahun, perusahaan distributor tersebut semakin memperluas jaringannya. Dari 33 cabang pada tahun 1992, bertumbuh menjadi 56 cabang pada tahun 2017, serta didukung armada kendaraan dan ribuan staff yang merentang dari Banda Aceh hingga Jayapura. Setelah seluruh pelosok Indonesia terlayani, Konimex semakin melebarkan sayapnya dengan melakukan penetrasi ke pasar internasional, seperti Singapura, Malaysia, Myanmar, Kamboja, Vietnam, dan bahkan ke kawasan Timur Tengah, yaitu Saudi Arabia.

Konimex selalu yakin dan siap menjawab tantangan pasar dengan dukungan tim manajemen yang tangguh dan berdedikasi. Selain itu, Konimex juga tetap berpegang teguh pada falsafah 3MU, budaya kerja ESI yaitu Excellence (memberikan yang terbaik), Synergy (menghargai perbedaan dan menyatukan kekuatan untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik), dan Integrity (satunya kata dengan perbuatan), serta dengan dukungan segenap stakeholder. Meskipun persaingan semakin ketat, serta selalu berubahnya kebutuhan dan perilaku konsumen dalam mengikuti perkembangan zaman, Konimex dengan statusnya sebagai perusahaan swasta nasional yang independen terus bertumbuh dengan stabil. Ekspansi usaha pun tetap fokus dilakukan dalam core business Konimex, yaitu produk-produk farmasi, consumer goods, dan produk ekstrak bahan  alami.

Share