10 Kualitas Wajib Dimiliki Seorang Pemimpin

-
10 Kualitas Wajib Dimiliki Seorang Pemimpin

Leadership memang dapat dipelajari, namun banyak mereka yang telah ‘membawa’ sikap leadership sejak lahir.

 

Natural born leader”  atau terlahir dengan sikap pemimpin sudah lumrah kita dengar dan sering digunakan untuk menjelaskan sikap dari atasan kita, rekan kerja atau bahkan teman kita. Namun, apa yang menyebabkan seseorang memiliki sikap pemimipin secara ‘natural’? Apa yang menyebabkan natural born leader berbeda dengan berbagai tipe pemimpin lainnya? Karakteristik spesifik apa yang dipunyai oleh natural born leaders?

Teryy St. Marie, seorang konsultan dan strategis bisnis yang baru-baru ini termasuk ke dalam Top 100 Leadership and Management Experts oleh Inc. Magazine, menjelaskan bahwa “….pemimpin yang baik dalam mengambil keputusan berdasarkan perencanaan yang matang, bisa melalui meditasi atau berdasarkan musyawarah.”

Berikut 10 kualitas yang dapat menjelaskan seseorang menjadi natural leader:

 

Kualitas Wajib Seorang Pemimpin

 

1. Santun

Sikap santun merupakan dasar dalam kepemimpinan. Kemampuan untuk mudah mengungkapkan rasa hormat atau syukur dengan mengucapkan kata-kata seperti ‘tolong’ dan ‘terima kasih’.

 

2. Murah Hati

Murah hati di sini bukan berarti berkaitan dengan uang. Murah hati lebih ke arah keikhlasan Anda untuk mengabdikan waktu, usaha dan kesabaran terhadap rekan kerja Anda, teman atau orang di sekitar tanpa harus memiliki rasa ingin mendapatkan imbalan.

 

3. Rendah Hati

Ken Blanchard, seorang ahli di bidang manajemen, mengatakan “Orang yang rendah hati bukannya tidak memikirkan tentang diri mereka sendiri, namun mereka hanya mengurangi waktunya untuk memikirkan diri sendiri.”

 

4. Empati

Dengan menempatkan diri pada keadaan yang orang lain sedang rasakan, Anda akan menjadi lebih mampu dan efektif dalam memimpin sebuah tim.

 

5. Mempertimbangkan

Mempertimbangkan segala akibat dan kemungkinan yang akan terjadi merupakan kualitas umum yang harus dimiliki oleh orang yang ingin memiliki sikap kepemimpinan. Pertimbangan di sini berarti mempunyai pemikiran tulus terhadap situasi orang lain seperti kesejahteraan mereka, situasi yang sedang mereka hadapi hingga opini pribadi mereka.

 

6. Keberanian

Ada alasan di balik mengapa Aristotle menempatakan keberanian sebagai sifat dasar yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Keberanian merupakan alasan simple yang dapat membuat seseorang mengambil keputusan. Pemimpin yang terbaik adalah pemimpin yang berani dalam memutuskan pilihan-pilihan sulit dan menerima risiko demi untuk mendapatkan hasil terbaik.

 

7. Belas Asih

Belas kasih adalah kondisi mental yang berarti mempunyai perhatian lebih terhadap mereka yang sedang memiliki nasib kurang beruntung dan aspirasi untuk membantu mereka tersebut.

 

8. Integritas

Komitmen sesorang atau kemauan untuk melaksanakan kewajiban dengan alasan yang sebenarnya, tidak perduli dengan keadaan yang sedang terjadi merupakan definisi dari integritas. Orang yang mempunyai integritas tidak mampu untuk melanggar kepercayaan yang telah diamanahkan dan sulit untuk melakukan korupsi. Mampu memilih dan menjalani yang benar terlepas dari konsekuensi yang akan diterima adalah ciri dari seorang berintegritas tinggi.

 

9. Sopan

Peter Ducker pernah mengatakan “sikap sopan bagaikan oli yang semakin memperlancar jalannya suatu organisasi.” Sikap sopan adalah sikap paling esensial yang harus dibangun agar hubungan yang profesional dapat berjalan lancar dan lama, begitupun sikap saling menghormati yang harus dibangun dalam lingkungan kantor.

 

10. Penyesalan

Bila Anda merasa telah melakukan kesalahan, janganlah ragu untuk mengatakan maaf dan menyesal telah melakukan tindakan tersebut. Dengan begitu, Anda telah menunjukkan bahwa Anda adalah pemimpin yang berjiwa besar.

Hanya beberapa orang saja yang memiliki kualitas yang dikategorikan sebagai natural born leaders. Namun walaupun Anda tidak memiliki semua kualitas di atas, Anda tetap bisa untuk menjadi seorang pemimpin dengan belajar sikap-sikap diatas. Malahan, semua dari kita seharusnya bisa bersikap seperti tersebut.

 

Komentar