1.Berjiwa besar
Sebaiknya kritikan tidak dihadapi secara emosional. Kritikan mestinya disikapi secara bijak dan berjiwa besar. Kritikan adalah wujud perhatian,sehingga kritikus itu sebenarnya menghendaki kebaikan kepada kita sehingga ia berani menyampaikan kekurangan atau kesalahannya secara langsung. Jadi kita tidak perlu marah-marah jika mendapat kritikan.
2.Perhatikan isinya
Perhatikan apa isi perkataan dan jangan perhatikan siapa yang mengatakan. Meskipun kritikan itu disampaikan oleh orang yang status sosialnya lebih rendah dari kita,kita tidak perlu marah atau pun tersinggung. Dengarkan lah kritikan itu dan sampaikan pendapatmu secara bijak.
3.Jaga lisan
Niat baik tanpa diikuti cara yang baik bisa menimbulkan sesuatu yang tidak baik. Kritikan bisa menjadi petaka jika salah menyampaikannya. Sebaiknya kritikan disampaikan dengan suara rendah dan didahului permintaan maaf jika kritikan itu bisa menyinggungnya.
4.Sampaikan terimakasih
Kritikan merupakan bentuk perhatian dari rekan kerja.Rekan kerja memberikan kritik agar kita dapat bersikap atau bekerja dengan lebih baik lagi .Mestinya kita menyampaikan ucapan terimakasih setelah mendapatkan kritik ataupun saran,karena ucapan terima kasih itu tentu akan membahagiakan pengkritik.