4 Kemampuan yang Paling Dicari HRD. Kamu Punya Salah Satunya?

-
4 Kemampuan yang Paling Dicari HRD. Kamu Punya Salah Satunya?

Beda posisi jabatan, sudah pasti beda kualifikasi yang dicari. Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa kualifikasi dan kemampuan yang pasti dicari oleh semua HRD?

 

Kemampuan yang Selalu Dicari HRD

1. Melek Teknologi

Di era seperti ini, yang merupakan era di mana teknologi terus berkembang setiap harinya, hampir semua industri mengandalkan komputer ataupun gadget agar bisnisnya tetap berjalan lancar. Maka dari itu, setiap pencari kerja harus lah paham betul cara mengoperasikan komputer. Pemahaman komputer tersebut bukan hanya sekedar untuk log in ke Facebook saja, tapi harus secara lebih mendalam.

Perdalam lagi pengetahuanmu tentang komputer dengan cara mengikuti kursus singkat atau rajin membaca mengenai trend terkini dan yang akan datang mengenai teknologi. Mengikuti kelas online atau menghadiri training dan seminar untuk mengetahui teknologi baru dan yang sedang trend. Dengan mempunyai pemahaman teknologi yang mendalam, maka bisa jadi kesempatanmu untuk mendapatkan pekerjaan lebih baik semakin terbuka lebar.

 

2. Kemampuan Berkomunikasi

Kemampuan dalam menerjemahkan pemikiran dan ide-ide yang kamu punya ke dalam kata merupakan kemampuan paling penting dalam bidang industri manapun. Mampu mengucapkan apa yang kamu inginkan, apa yang kamu butuhkan dan apa yang ingin kamu raih akan membawamu menjadi yang terdepan di dalam berkarier.

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan komunikasimu adalah dengan rajin membaca. Kamu bisa googling dan membaca ratusan artikel yang bisa membantumu untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi. Kamu juga bisa membaca surat kabar untuk selalu up to date terhadap berita terkini. Gabungkan kedua hal tersebut dan kemampuan komunikasimu bisa meningkat.

 

3. Kemampuan di Bidang Customer Service dan Hubungan Masyarakat

Menjaga hubungan baik dengan para klien dan kepuasaan pelanggan merupakan denyut nadi bagi setiap bidang industri. Bidang industri seperti retail, hospitality dan manufaktur adalah salah tiga industri yang membutuhkan kemampuan dalam bidang pelayanaan pelanggan dan hubungan masyarakat. Jika kamu dapat melibatkan klien dalam sebuah percakapan dan menyediakan pelayanan unggulan kepada pelanggan, maka kamu akan dianggap valuable di mata HRD.

Customer service dan public relation merupakan dua ketrampilan yang saling berkaitan. Kembangkan dua kemampuan ini dengan memperbanyak networking dan asah terus kemampuan mendengarmu. Hilangkan pemikiran bahwa kamu mendengar untuk menjawab segala pertanyaan dan keluhan pelanggan, namun tumbuhkan pemikiran kamu mendengar untuk memahami. Dengan begitu kamu dapat merespon pelanggan perusahaan dengan baik dan benar.

 

4. Kepemimpinan dan Kemampuan Beradaptasi

Sikap berani menjadi pemimpin dan kemampuan beradaptasi mempunyai nilai plus di mata HRD. Memang benar, dua hal tersebut merupakan attitude bukan skill. Namun, dua hal tersebut bisa kamu asah jika terus berlatih.

Kepemimpinan dan kemampuan beradaptasi adalah dua hal yang saling berkaitan untuk mengasah ketrampilanmu agar semakin berkembang di karier. HRD selalu mencari orang yang selalu ingin mengembangkan kemampuannya agar bisnis perusahaan juga ikut berkembang.

 

Persaingan di dunia kerja memang sangat ketat. Maka dari itu, selalu usahakan bahwa resume dan kemampuan yang kamu punya mampu menarik minat HRD perusahaan, setidaknya, memanggil untuk wawancara kerja. Dengan menguasai kemampuan yang pasti dicari oleh HRD perusahaan di bidang industri manapun, kamu pun sudah selangkah lebih dekat ke karier yang lebih baik. Semangat!

Komentar