5 Manfaat Menjadi Relawan Saat Mencari Pekerjaan

-
5 Manfaat Menjadi Relawan Saat Mencari Pekerjaan

 

Selalu ada imbalan untuk orang yang mau membantu sesama. Seperti saat mendonor darah kamu mendapat manfaat menjadi relawan seperti: perasaan puas, rasa tanggung jawab dan rasa bahagia karena telah berbagi berkah ke sesama. 

Sekarang tambahkan “meningkatnya peluang diterima kerja” ke dalam daftar manfaat manjadi relawan. Berdasarkan survei yang digelar oleh Corporation for National and Community Service, agensi federal yang mempromosikan dunia sukarelawan di Ameika, orang yang menjadi relawan memiliki kesempatan 27% lebih besar diterima kerja dibanding yang tidak. 

 

Dibawah, kami akan memberitahu manfaat menjadi relawan:

Manfaat Menjadi Relawan

 

1. Mengajarkanmu Keahlian Baru yang Berguna

Ingin mendapat pengalaman kerja saat menganggur dan sedang mencari pekerjaan? Terdengar seperti paradox tapi hal itu dapat diselesaikan dengan menjadi relawan. Ini merupakan jalan yang tepat bagi penganggur untuk mendapakan keahlian yang bisa membantu mereka mendapat pekerjaan di kemudian hari.

Suatu kekeliruan yang umum diantara para pencari kerja bahwa pekerjaan sukarela tidak dihitung sebagai pengalaman kerja dan tidak dapat ditulis di resume. Padahal, tugas yang kamu kerjaan saat menjadi relawan sangat berguna ketika mencari kerja.

Contohnya relawan untuk grup  pecinta lingkungan non-profit dimana kamu diminta mempromosikan acara penggalangan dana. Disini kamu dituntut untuk menulis di surat kabar atau mencari sponsor. Pengalaman tersebut merupakan manfaat menjadi relawan yang dapat meningkatkan peluang kamu diterima kerja, apalagi jika kamu melamar di bidang marketing dan komunikasi.

 

2. Memperkenalkan Dirimu Sebagai Pelamar yang Menarik

Dalam game mencari kerja, orang yang sudah bekerja lebih cemas daripada yang menganggur. Itulah mengapa kami selalu menyarankan pencari kerja tetap dekat dengan bosnya dan resignhanya ketika mereka sudah mendapat pekerjaan baru. Sara Menke, pendiri Boutique Staffing Firm di San Francisco mengatakan “perusahaan ingin mempekerjakan yang terbaik dan biasanya mereka sudah bekerja”. 

Tetapi banyak hal di hidup ini yang tidak dapat dihindari dan mungkin berhenti kerja adalah pilihan terbaik bahkan sebelum kamu menemukan pekerjaan baru. Pada kasus tersebut, menjadi relawan dapat menjadi pengisi sebelum bekerja lagi. Jika kamu tidak mendapat pekerjaan selama masa menjadi relawan, kemampuan dan pengalaman yang kamu raih dapat bermanfaat di kemudian hari.

Biasanya, para bos juga melihat pelamar yang melakukan pekerjaan relawan dengan sungguh sungguh. Mereka akan mencari orang yang bekerja keras dan sungguh sungguh dan hal tersebut dapat diraih dengan bekerja menjadi relawan.

 

3. Memperluas Jaringan Pekerjaanmu

Jaringan pekerjaan saat mencari kerja menempatkanmu di posisi lebih baik daripada pelamar yang lain dan bekerja menjadi relawan dapat memberikan itu semua. Karena kebanyakan penggalangan dana mengharuskanmu berhubungan dengan banyak orang, kamu akan mendapat banyak jaringan pekerjaan yang baik.

Gugup saat bertemu orang? Biarkan pekerjaanmu yang berbicara. Lakukan pekerjaan sebaik mungkin dan bekerja lembur jika bisa. Kamu akan diterima kerja dengan bayaran tetap jika mereka menyukai performamu. Lalu, kamu akan dikenal oleh orang orang yang potensial karena kerjamu yang sangat baik di organisasi. Terakhir, membangun hubungan baik dengan orang-orang yang bekerja bersamamu dapat membantu langkahmu dalam karier, jadilah orang yang berprestasi dalam grup.

 

4. Membantu Mengekplorasi Peran dan Kariermu

Pernahkah kamu ada di posisi ingin mengawali karir tapi bingung jalan mana yang harus dipilih? Kerja sebagai relawan dapat membantumu menyelami peran berbeda untuk industri dan bidang berbeda.

Tidak seperti kantor reguler dimana tugasmu ditetapkan sejak hari pertama. Organisasi Non-profit atau organisasi non pemerintah yang mengambil sukarelawan, lebih fleksibel dalam pekerjaan atau tugas. Tidak pernah terdengar pegawai tingkat atas atau selebriti bekerja bersama relawan membangun rumah untuk orang tidak mampu. Tugasmu tidak dipatok berdasarkan latar belakang pendidikan, umur, gender atau status sosial. Selama kamu memliki sesuatu untuk dikontibusikan maka tidak ada batasan mengenani apa yang bisa kamu lakukan.

Singkatnya ini merupakan bentuk eksplorasi peran tanpa pindah kerja, yang mana tidak beresiko untuk dilakukan.

 

5. Memunculkan Kembali Semangat Mencari Kerja

Setiap orang yang telah keluar dari pekerjaan tahu bahwa waktu kosong sebelum mendapat kerja baru dapat menurunkan mental bahkan untuk mereka yang berjiwa kuat. Kami selalu menekankan pentingnya percaya diri dan optimis saat mencari kerja, tetapi kamu telah menganggur cukup lama dan pikiran positif sulit untuk datang.  

Itulah mengapa manfaat menjadi relawan dibutuhkan di waktu seperti ini.

Melakukan perbuatan terpuji baik untuk jiwamu, dan telah dibuktikan secara ilmiah. Membantu orang orang dapat menghidupkan kembali semangat kita, ini disebut “helper’s high”, ini berdampak kepada penurunan tingkat stres dan tampilan lebih positif.  

 

Nancy Collamer dari Forbes menghubungkan kisah mantan relawan yang bercerita bagaimana menjadi relawan membantunya membawa hal positif untuk dirinya, dengan manfaat menjadi relawan. Saat sesi grup pencari kerja, anggota dengan pengalaman menjadi relawan di Emergency Medical Service (EMS) berkata: “saya telah menganggur selama setahun dan saya merasa putus asa. Satu satunya hal yang tetap membuat saya semangat adalah kerja saya sebagai relawan di EMS. Saya menjadi relawan seminggu sekali dan ketika saya keluar ambulan saya merasa menjadi orang lain. Peran saya dibutuhkan dan saya dapat membuat perubahan. Melihat orang terbaring di tandu membuat saya sadar bahwa hidup saya tidak begitu buruk.  

Komentar