7 Sifat yang Akan Membuatmu Menjadi Rekan Kerja Favorit

-
7 Sifat yang Akan Membuatmu Menjadi Rekan Kerja Favorit

Rekan kerja yang baik menambahkan kegembiraan dan energi positif ke dalam hari kerja kita. Mereka bekerja sama dengan kita untuk mencapai tujuan dan merupakan salah satu alasan untuk datang ke kantor. Rekan kerja yang bersemangat mendorong tim menjadi lebih kuat, sehingga perusahaan juga menjadi lebih kuat.

Kebahagiaan kita di tempat kerja berkaitan langsung dengan kinerja kita. Lingkungan kerja yang dinamis membawa ide segar dan cara yang kreatif untuk memecahkan masalah. Tapi yang membuatnya seperti itu adalah orang-orangnya, bukan keadaan. Setiap orang punya pandangan sendiri dalam merumuskan kultur dan lingkungan kerja.

Apa yang membuat seseorang menjadi rekan kerja yang populer? Berikut ada 7 sifat utama dari rekan kerja favorit:

 

1. Berpikiran terbuka

Mau menerima berbagai pandangan dan kritik yang membangun merupakan sifat yang penting untuk  meningkatkan kerja sama dalam tim dan produktivitas. Bukan berarti kamu harus menyetujui segalanya dan mudah terpengaruh. Maksudnya adalah menghormati perbedaan pendapat dan memiliki kerendahan hati untuk menerima kritik membangun terhadap pekerjaanmu. Kamu tidak perlu setuju dengan mereka, tapi saran dari teman bisa menjadi petunjuk yang baik untuk maju dan berkembang. 

 

2. Luwes

Kemampuan untuk beradaptasi merupakan kunci menuju pertumbuhan yang berkesinambungan, terutama pada lingkungan kerja yang kreatif dan industri yang bersaing. Sekarang menjadi lebih penting untuk mengikuti perkembangan teknologi yang pesat – cara kita hidup, bekerja dan bermain telah benar-benar berubah dan terus berkembang setiap hari. Dalam beberapa tahun ke depan, mobil tanpa sopir dan pengiriman melalui pesawat tanpa awak akan menjadi kegiatan sehari-hari dan siapa yang tahu ada apa lagi!

 

3. Bertanggung jawab

Akuntabilitas – rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap pekerjaanmu – sampaikan pada anggota tim bahwa mereka bisa mengandalkanmu untuk menyelesaikan tugas saat kamu bilang akan menyelesaikannya. Hal ini menunjukkan integritas dan kepercayaan saat kamu mempertanggungjawabkan deadline dan standar yang harus dipenuhi, terutama bila kamu membuat kesalahan, lebih baik fokus pada gambaran besar daripada mencari alasan mengapa kamu berbuat salah.

 

4. Berinisiatif

Inisiatif berkata banyak tentang karakter seseorang. Cepat mengambil keputusan untuk membantu saat melihat anggota tim berjuang dengan tugasnya atau hanya dengan memberi ide segar dan saran yang membangun tanpa harus diminta akan menambah nilaimu. Semua orang menghargai anggota yang ringan tangan.

Sungguh-sungguh bekerja untuk tim

Menunjukkan kekuatanmu untuk bekerja dalam tim dengan tetap focus pada pekerjaan dan mengutamakan tujuan perusahaan. Jangan terganggu dengan office politic dan jangan memihak. Kamu tidak dibayar untuk itu. Teman dalam timmu akan lebih menghormatimu dan menghargai profesionalitasmu.

 

5. Empati

Menunjukkan rasa empati pada rekan kerja saat mereka menghadapi persoalan pribadi atau persoalan kerja bisa membuat perbedaan yang lebih besar dari yang bisa kamu sadari. Fakta sederhana bahwa seseorang peduli pada apa yang sedang kamu alami membuatmu merasa dihargai dan sedikit mengurangi stress. Empati juga membantu mempererat hubungan antara dua pihak, mendorong rasa percaya yang lebih besar dan rasa saling menghormati.

 

6. Mampu menyelesaikan masalah

Pernah memperhatikan bagaimana beberapa orang secara otomatis menyalahkan orang lain ketika timbul masalah? Reaksi defensif ini sama sekali tidak akan menyelesaikan masalah dan kontra produktif dalam banyak cara. Penting untuk mencari tahu penyebab masalahnya agar tidak terulang kembali tapi utamakan untuk menyelesaikan masalah dan memperbaiki kesalahan daripada mencari siapa yang salah dan mempermalukan pihak lainnya. Buat anggota timmu terkesan dengan keahlian kreatifmu dalam menyelesaikan masalah dan kamu akan langsung menjadi PIC favorit.

Komentar