Bagaimanakah etika berbusana di tempat kerja?

-
Bagaimanakah etika berbusana di tempat kerja?

Memilih dan mengenakan pakaian kerja yang sesuai bisa menjadi tantangan tersendiri. Terkadang setiap tempat kerja memiliki peraturan dan budaya yang berbeda, sehingga kita perlu untuk menyesuaikannya.

Mungkin kita tidak akan terlalu pusing akan masalah tersebut bila tempat kerja menyediakan seragam kerja bagi karyawannya. Tidak perlu repot dan bingung memakai busana apa tiap kali berangkat kerja.

Lalu, bagaimana dengan tempat kerja yang membebaskan karyawannya dalam hal berpakaian? Jenis dan model pakaian apa yang sebaiknya kita kenakan?

 

1. Busana saat hari pertama bekerja

Sebaiknya saat hari pertama masuk kerja, kenakan pakaian yang bersifat formal. Ini berlaku di semua industri kerja. Pakaian tidak harus mahal ataupun tampak berlebihan. Yang penting bersih dan rapi. Ini bisa meninggalkan kesan bahwa Anda adalah seorang yang profesional dan percaya diri.

 

2. Sesuai dengan budaya dan peraturan

Cari tahu budaya dan aturan berpakaian yang diterapkan di tempat Anda bekerja. Ini bisa membantu Anda dalam memilih pakaian kerja yang akan Anda kenakan.

Bila tempat kerja mewajibkan karyawannya mengenakan pakaian yang bersifat formal atau pakaian yang bergaya kasual, maka sudah semestinya peraturan ini diikuti.
Sebaiknya sebaiknya perhatikan gaya berpakaian rekan kerja dan atasan. Meski peraturan tetap harus dilaksanakan, tidak ada salahnya Anda menyesuaikan gaya pakaian Anda dengan mereka.

Akan terlihat aneh bila rekan kerja atau atasan tampil mengenakan jeans dengan kemeja, sementara Anda tampil mengenakan kemeja lengkap dengan dasi dan jas.

 

3. Kreatif padu padan

Inilah tantangan terbesar bagi karyawan yang diberikan kebebasan dalam hal berpakaian. Pakaian tiap hari harus ganti. Tetapi tentunya kita tidak mau jika pakaian kita terlihat itu-tu saja.

Untuk hal yang satu ini, kita hanya perlu mengandalkan kreativitas. Saat akhir pekan, luangkan waktu untuk mengecek koleksi pakaian kerja, sepatu, dan aksesoris yang kita miliki. Setelah itu, kita padu padankan agar setiap hari kita tampil baru dan berbeda.

 

4. Santai tapi sopan

Biasanya, beberapa tempat kerja memberlakukan peraturan yang sedikit berbeda dalam hal pakaian pada hari Jumat. Ada yang membolehkan karyawannya mengenakan pakaian model kasual, seperti jeans dan kaos. Namun, ada yang mewajibkan karyawannya mengenakan batik.

Perlu diingat, meski lebih santai, tetap harus menjaga penampilan dan memberikan kesan baik. Hindari celana jeans yang bergaya robek atau terlalu ketat. Hindari pula kaos dan baju batik yang bermodel ketat dan terlalu pendek. Tetap kenakan sepatu, jangan sendal jepit.

 

5. Jaga penampilan

Tak cuma baju yang harus Anda perhatikan, tapi penampilan diri juga perlu. Sebisa mungkin sebelum berangkat kerja Anda mandi, gosok gigi, dan berpenampilan fresh.

Bagi wanita, tak perlu pakai riasan tebal. Yang penting terlihat bersih, rapi, wangi, cerah dan berseri.

Komentar