Bertemu Klien Pertama Kali? Ini yang Harus Dilakukan

-
 Bertemu Klien Pertama Kali? Ini yang Harus Dilakukan

Persiapkan diri

Ini adalah poin yang paling penting, usahakan agar kamu terlihat profesional dan menarik. Menarik bukan hanya dari tampilan fisik ya, melainkan juga bahwa kamu memiliki karakter yang baik dan menyenangkan. Contohnya, meskipun suasana hatimu sedang nggak baik, usahakan untuk dapat menutupi hal tersebut dan tetap bersikap profesional.

Materi atau bahan pembicaraan

Saat berhadapan dengan klien untuk pertama kalinya, kamu harus mengetahui apa yang ingin kamu sampaikan atau yang ingin kamu tuju. Jika kamu membawa bahan untuk dipresentasikan, pastikan bahwa semua materi siap dan kamu benar-benar memahaminya. Buat kesan pertama tersebut semakin baik dengan membicarakan hal-hal yang berbobot dengan bahasa yang komunikatif.

Lebih baik menunggu

Jika kamu adalah tipe yang on time, jangan lakukan hal ini saat pertemuan pertama. Lebih baik, kamu datang lebih awal dan menunggu kedatangan klien. Keuntungan dari datang lebih awal tentu bukan hanya memberik kesan baik, kamu juga bisa mengecek ulang kesiapan 2 poin di atas.

Jadi pendengar yang baik

Meskipun pertemuan pertama ini bertujuan untuk meyakinkan klien agar menyetujui kerja sama, bukan berarti kamu bebas untuk berbicara. Lebih baik tahan keinginanmu dan biarkan klien menjabarkan apa yang mereka harapkan dari kerja sama ini terlebih dahulu. Buat dirimu menjadi pendengar yang baik agar klien semakin yakin untuk bekerja sama denganmu, Bright Friends.

sumber:http://brighterlife.co.id

Komentar