Cara berjualan online

-
Cara berjualan online

1. Tentukan produk

Kamu bisa mulai melihat-lihat produk dan jasa yang laris di internet. Gampangnya,fokus aja ke produk-produk yang sesuai hobi kamu,missal kamu hobi main futsal kamu bisa belajar melihat peluang jualan sepatu futsal atau jersey bola dan semua yang berkaitan dengan hobi kamu. Ini memudahkan kamu memulai jualan,karena kamu pasti udah sangat paham jenis,harga maupun kualitasnya.

2. Cari agen terpercaya

Agar tidak mengecewakan konsumen di kemudian hari cari pemasok barang dagangan kamu yang bisa dipercaya. Ketersediaan produk dengan berbagai ukuran maupun varian menjadi salah satu faktor penting reputasimu sebagai penjual akan terpercaya atau justru jeblok karena sering mengecewakan pelanggan.

3. Pilih media online

Hampir semua orang punya sosial media,maka manfaatkan itu. Facebook,twitter,instagram, dan yang lainnya. Manfaatkan juga forum jual beli di facebook, kaskus, atau portal seperti buka lapak atau OLX dan sejenisnya. Optimalkan yang gratis dulu untuk belajar, kalau udah laris boleh lah beli domain dan bikin toko online sendiri.

4. Pilih tata cara pengiriman

Saat ini ada banyak perusahaan penyedia jasa pengiriman, pilih yang terpercaya. Biasanya ketepatan waktu dan fasilitas (misal: bisa dicek online) menjadikan tariff pengiriman lebih mahal. Namun jika antara penjual dan pembeli sepakat tidak masalah.

5. Tentukan cara pembayaran.

Kebanyakan penjual online memiliki beberapa rekening bank, gunakan setidaknya dua bank untuk transaksi. Cantumkan juga melayani pembelian dengan sistem cash on delivery ( COD ) atau tidak, ini akan memudahkan pembeli yang ingin melihat langsung barang yang kamu jual.

Komentar