Cara Membantu Teman Menemukan Pekerjaan Baru

-
Cara Membantu Teman Menemukan Pekerjaan Baru

1. Tawarkan rujukan. Jika ada lowongan yang relevan di perusahaan anda, lihat apakah anda bisa memasukkan rujukan untuk teman anda. Pengusaha sangat senang mendengar calon yang memenuhi syarat, dan anda bahkan mungkin mendapatkan bonus rujukan.

 

2. Kirim lead pekerjaan Jika pekerjaan yang sesuai ditampilkan di layar komputer atau situs sosial anda, kirimkan ke teman anda. Periksa situs daftar pekerjaan sesekali untuk melihat apakah anda dapat menemukan pekerjaan yang merupakan kemungkinan bagus. Pimpinan pekerjaan anda mungkin adalah orang yang akhirnya membuat orang tersebut menjadi pekerjaan baru.

 

3. Tawarkan untuk mengoreksi resume dan surat pengantar. Salah satu hal tersulit yang harus dilakukan saat anda menulis dan mengedit adalah dengan menangkap kesalahan anda sendiri. Sepasang mata lain selalu membantu. Tawarkan untuk membuktikan dan meninjau resume dan surat teman anda, jadi materi aplikasinya sangat sesuai.Buat bayangan pekerjaan. Apakah teman anda tertarik pada apa yang anda lakukan untuk mencari nafkah? Tanyakan kepada atasan anda untuk mengetahui apakah anda dapat membuat bayangan pekerjaan, di mana orang tersebut menghabiskan beberapa jam atau hari dengan anda di tempat kerja. Ini juga merupakan kesempatan sempurna untuk membuat beberapa perkenalan jika rekan kerja anda berada dalam posisi untuk membantu.

 

4. Susunlah sebuah wawancara informasi. Wawancara informasi adalah pertemuan informal yang dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang pekerjaan atau perusahaan. Buat wawancara informasi jika anda memiliki koneksi dengan orang-orang di bidang karir atau industri teman anda. Kebanyakan orang senang berbagi informasi tentang apa yang mereka lakukan, dan koneksi anda mungkin bisa menghasilkan beberapa arahan atau prospek pekerjaan.

 

5. Pergilah ke acara networking bersama teman anda. Jika anda bukan orang yang paling keluar di ruangan itu, sangat menakutkan jika menghadiri acara jejaring profesional. Jauh lebih mudah bila Anda memiliki teman. Anda mungkin juga membuat beberapa koneksi untuk membantu karir Anda. Jika sulit untuk Anda juga, berikut adalah beberapa tip yang akan membantu.

Komentar