Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Klien

-
Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Klien

Menjalin hubungan baik dengan klien merupakan prioritas utama dalam melakukan hubungan kerja sama, baik itu partnership, sponsor, ataupun vendor. Seperti yang Anda ketahui bersama bahwa, dalam prakteknya di lapangan kerja, kepuasan klien adalah penghargaan tertinggi bagi Anda dalam suatu hubungan bisnis, karena klien akan melihat bahwa perusahaan Anda memiliki cara kerja yang baik, tim yang hebat, serta mampu memenuhi setiap keinginan dan maksud yang mereka inginkan.

 

Banyak cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk lebih mendekatkan diri dengan klien demi kelangsungan hubungan kerjasama ke depannya, seperti mencari tahu penilaian apa yang mereka cari, apa yang menjadi perhatian utama mereka, serta apa yang mereka harapkan dari kerja sama yang sedang berlangsung dengan perusahaan Anda.

 

Jika Anda perhatikan dan pelajari secara mendalam, sebenarnya tidaklah sulit untuk menciptakan dan menjaga hubungan baik dengan klien. Ada beberapa cara yang sangat sederhana untuk mendekatkan diri dengan klien agar Anda bisa membangun hubungan yang lebih baik lagi.

 

Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Klien

 

Tanyakan mereka

Coba untuk lebih mendengarkan apa mau mereka atau coba tanyakan, apa saja yang sebenarnya mereka inginkan atau harapkan dari hubungan kerjasama yang sedang berlangsung antara Anda dengan klien Anda. Catat setiap detailnya dengan menggunakan metode kuesioner, email tanggapan serta kolom komentar untuk kilen Anda.

 

Dengarkan mereka

Anda harus memahami bahwa setiap perkataan, kritik dan saran dari klien akan memberikan nilai positif bagi perusahaan Anda. Lakukan evaluasi yang detai dari setiap tanggapan klien Anda. Ingat, pujian yang diberikan oleh klien menunjukan kelebihan serta keunggulan Anda dan hal apa saja yang harus Anda pertahankan dan memperkuatnya. Sedangkan komplain atau krtikikan akan memberikan pemikiran dan ide baru bagi perusahaan yang berguna untuk melakukan tindakan perbaikan.

 

Menghormati kredibilitas pesaing Anda

Ingat, dalam dunia kerja, Anda akan selalu menghadapi persaingan dan mungkin akan berhadapan dengan pesaing yang cukup berat. Coba pelajari secara mendalam keunggulan serta kekurangan produk – produk dari pesaing Anda tanpa harus menyebarluaskan citra buruk dari produk mereka. Pelajari apa saja yang tidak dimiliki oleh pesaing Anda sebab besar kemungkinan itu akan menjadi nilai tambah bagi produk Anda sehingga perusahaan Anda dapat menghadapi persaingan secara sehat.

 

Manfaatkan umpan balik melalui Online.

Coba Anda bergabung dengan group atau forum pengguna internet yang berkaitan dengan industri dan produk Anda. Pelajari setiap postingan dan kiriman yang ada utnuk memberikan Anda ide atau refensi baru untuk meningkatkan kualitas produk dan industri Anda. Anda juga bisa ikut aktif dalam diskusi dari group dan forum tersebut untuk mendapatkan masukan lebih banyak lagi.

 

Buat perencanaan dengan klien

Terus lakukan pendekatan dengan klien Anda sepanjang tahun melalui program – program yang ada di perusahaan Anda. Coba perkuat koneksi mendasar Anda dengan klien melalui konsultasi dan pertemuan.

 

Dan yang terpenting dalam mendekatkan diri dengan klien Anda adalah sebelum melakukan hubungan kerja sama dengan klien, pastikan konsep Anda sebaik mungkin. Kaji lebih mendalam serta tentukan nilai – nilai apa saja yang akan Anda berikan kepada klien dan timbal balik apa yang Anda harpakan.

Komentar