Cari Penghasilan Tambahan? Coba 11 Kerjaan Sampingan Ini

-
Cari Penghasilan Tambahan? Coba 11 Kerjaan Sampingan Ini

Di awal tahun 2018, kabar kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok cukup nyaring terdengar. Kebutuhan dapur seperti cabe hingga beras meningkat harganya. Inflasi tak terelakkan.

Imbasnya, penghasilan pun tergerus laju inflasi hingga uang yang dimiliki menjadi tidak memadai untuk menutup kebutuhan yang meningkat harganya.

Kebutuhan hidup yang terus meningkat inilah yang membuat banyak orang akhirnya tergerak mencari tambahan pendapatan dengan menjalankan bisnis sampingan. Memulai bisnis sampingan tidak perlu takut gagal, Moneysavers. 

Kerja sampingan memang menarik untuk dijalani. Seharusnya tidak ada istilah gagal dalam bisnis atau  pekerjaan sampingan ini karena memang sebatas hanya sebagai penghasilan tambahan.

Saatnya beralih pada peluang kerja sampingan yang menguntungkan dan menarik. Pasti Anda tertarik dong mencoba salah satunya yang sesuai dengan passion dan skills Anda. Ini dia rekomendasi seputar kerja sampingan yang bisa Anda coba :

 

1. Kerja sampingan di restoran atau warung makan

Kerja sampingan di warung makan salah satu kerja sampingan mahasiswa yang paling banyak diminati untuk mengisi waktu senggang ataupun libur. Anda bisa mencoba pekerjaan sampingan sebagai waiter, helper, cooker dan sebagainya.

 

2. Menjual makanan ringan  atau kue

Kerja sampingan yang satu ini bisa dikatakan juga sebuah bisnis kecil-kecilan. Menjual makanan ringan menjadi  usaha kecil kebanyakan ibu-ibu muda untuk mendapatkan penghasilan sampingan.

Selain itu membuat kue juga bisa menyalurkan hobimu. Usaha atau pekerjaan sampingan seperti ini memang tidak membutuhkan modal besar.

Alternatif yang mungkin bisa anda ambil yaitu menitipkan makanan ringan atau kue tersbut ke warung-warung terdekat. Cocok buat kerja sampingan untuk karyawan.

 

3. Reseller

Reseller merupakan peluang usaha dengan modal kecil yang semua orang bisa kerjakan di rumah. Karena pekerjaan ini hanya menjual produk orang lain dan mendapatkan keuntungan dari penjualan yang sudah ditargetkan untuk mendapatkan komisi.

Jadi, bisa dikatakan reseller juga termasuk kerja sampingan yang menguntungkan dan mengasyikan. Pastikan Anda juga mengembangkan skills marketing ya.

 

4. Admin sosial media

Mencari pekerjaan sampingan di rumah yang menguntungkan dan mengasyikan? Coba saja mendaftar sebagai admin online.

Pekerjaan ini bisa dikerjakan di rumah dan Anda diharuskan untuk membuat laporan. Anda hanya mencermati penjualan produk atau Anda diminta untuk mempromosikan produk secara online.

 

5. Laundry

Awalnya Anda bisa bergabung sebagai tenaga kerja sampingan di Laundry. Tetapi, di kemudian hari ini akan lebih menguntungkan bahkan  bisa mengantarkanmu menjadi seorang pengusaha sukses.

Lho, kok bisa? Dimulai dengan mempelajari bisnis laundry dengan jadi karyawannya kemudian setelah Anda lebih mantap bisa memulai bisnis laundry-mu sendiri. Menarik, kan?

 

6. Content writer

Kerja sampingan online tanpa modal paling dicari oleh banyak online salah satunya menjadi content writer  di web. Kerja sampingan di internet sangat menguntungkan bagi Anda yang suka menulis. Pekerjaan ini hanya membutuhkan laptop dan jaringan internet.

 

7. Desain grafis

Pekerjaan sampingan ini cocok bagi karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis. Di sela-sela pekerjaan utama, Anda bisa menawarkan jasa ke rekanan yang anda kenal atau melalui beberapa marketplace.

Jasa desain yang banyak dicari adalah kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth dan interior.

 

8. Les privat

Jasa mengajar privat untuk mata pelajaran sekolah sejauh ini banyak ditawarkan oleh mahasiswa yang ingin menambah tabungan mereka atau untuk biaya kuliah. Selain pelajaran sekolah, bahasa asing atau bermusik juga merupakan bidang yang banyak dicari tenaga pengajarnya.

Awalnya Anda bisa mulai dari rumah ke rumah mendatangi murid-murid. Tetapi nantinya jika sudah mulai dikenal dan punya banyak murid, Anda pun bisa membuka tempat les sendiri di rumah sehingga bukan Anda yang keliling tapi para murid lah yang akan datang ke rumahmu. Menarik, kan?

 

9. Penitipan anak

Jangan remehkan jasa penitipan anak. Tanpa jasa ini banyak orang yang tidak bisa bekerja karena tidak ada orang lain yang bisa menjaga anaknya. Jasa penitipan anak tidak membutuhkan modal besar.

Manfaatkan rumahmu untuk membuka jas penitipan anak. Bisa juga dengan menjadi karyawan lembaga penitipan anak. Ini akan jadi kerja sampingan yang menguntungkan.

 

10. Online shop

Kerja sampingan online yang sangat mejamur di Indonesia yaitu online shop atau toko online. Anda cukup memasarkan produkmu ke media sosial.

Namun, Anda harus didapatkan perhitungan biaya pengiriman barang ke luar kota. Maka dihitung lebih teliti lagi.

 

11. Translator

Anda bisa menjadi seorang translator bahasa asing untuk mengisi waktu liburmu. Pekerjaan ini sangat keren bagi Anda yang suka bahasa asing. Hanya kerja sedikit menemani tamu klien setelahnya Anda akan dibayar dengan fee yang sangat tinggi.

 

Jadi, mana pilihan kerja sampingan yang menarik buatmu? Pilihlah yang sesuai dengan passion dan skills Anda ya karena tentunya akan lebih menguntungkan. Siapa tahu Anda bisa mengembangkan bisnis dari kerja sampingan.

Komentar