Mematikan Handphone Saat Bekerja, Haruskah?

-
Mematikan Handphone Saat Bekerja, Haruskah?

Semakin pesatnya perkembangan zaman, kebutuhan akan komunikasi pun terus meningkat. Hal itu pula yang mendorong para ilmuwan untuk menciptakan dan mengembangkan perangkat bernama telepon seluler atau biasa kita sebut “handphone“. Handphone memudahkan kita dalam berkomunikasi karena dapat dibawa ke mana-mana. Apalagi saat ini ada smartphoneyang memungkinkan kita melakukan segala aktifitas pekerjaan secara mobile dan efektif. Bahkan smartphone juga membantu kita dalam mencari-cari lowongan yang tepat.

 

Tetapi selain dampak positif, handphone juga ternyata dapat menjadi barang yang merugikan jika Anda tidak menggunakannya secara baik. Pengalaman membuktikan bahwa sekitar 80% pengguna smartphone pasti mengecek update setiap lima menit sekali saat sedang bekerja. Lalu apakah itu berarti Anda harus mematikannya saat bekerja?

 

Mematikan handphone saat bekerja mungkin bisa membantu memaksimalkan kinerja Anda, tetapi hal itu bukan satu-satunya solusi. Berikut ada beberapa tips untuk memaksimalkan kinerja Anda tanpa harus mematikan handphone Anda.

 

Jangan pasang fungsi silent dan letakkan handphone jauh dari hadapan Anda. 

Mungkin agak terdengar aneh, tetapi hal ini akan membuat Anda tidak mengecek update Anda lebih sering karena setiap ada update yang muncul, Anda akan mengetahuinya melalui bunyi yang dihasilkan oleh handphone Anda. Tetapi jangan lupa untuk mengatur volume suara handphoneAnda dalam batas normal karena akan menggangu rekan kerja Anda kalau terlalu berisik. Letakkan jauh dari hadapan Anda supaya Anda tidak terlalu fokus dengan handphone Anda.

 

Pasang jenis suara yang berbeda tergantung prioritas kebutuhan. 

handphone yang berkembang saat ini memungkinkan Anda untuk mengatur jenis suara untuk kontak yang berbeda. Aturlah jenis suara sesuai prioritas pekerjaan Anda. Hal itu akan membuat Anda tahu apakah update yang muncul adalah sesuatu yang penting atau tidak tanpa harus mengeceknya setiap saat.

 

Pasang icon sibuk atau busy. 

Dengan icon ini, rekan Anda akan mengetahui kalau Anda sedang tidak bisa diganggu untuk hal-hal yang tidak penting, sehingga rekan Anda akan enggan mengirimkan pesan yang isinya tidak berhubungan dengan pekerjaan yang sedang Anda jalani.

Itulah beberapa tips kerja yang mungkin dapat membantu Anda untuk tetap fokus pada pekerjaan tanpa harus mengorbankan manfaat yang terkandung dalam handphone yang Anda miliki. Mematikan handphone Anda mungkin akan lebih memaksimalkan kinerja Anda, tetapi dalam dunia digital saat ini, kesempatan besar bisa datang mendadak melalui handphone Anda. Jadi untuk apa mengorbankan kesempatan yang lebih besar dalam karir Anda jika Anda bisa meminimalisir dampak negatif dari handphone Anda?

 

Komentar