Tips Menjadi Karyawan yang Produktif dan Tak Tergantikan

Orang-orang datang dan pergi. Tapi itu bukan berarti Anda tidak perlu berusaha untuk menjadi tak tergantikan di lingkungan anda - rumah tangga, sekolah, atau tempat kerja. Nah, khusus bagi anda yang sedang bekerja, berikut adalah beberapa tips character building yang dapat anda renungkan untuk menjadi sosok yang tak tergantikan. Hal ini akan memberikan anda keunggulan kompetitif dalam berbagai segi, salah satunya adalah kenaikan gaji dan promosi jabatan.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa anda coba.

1. Manajemen Waktu.

Anda sudah punya manajemen waktu yang baik? Ciri-cirinya adalah anda tahu apa prioritas Anda dan anda selalu memberi batas waktu pada setiap pekerjaan yang anda lakukan agar menjadi lebih efektif dan efisien. Unggul dari segi manajemen waktu adalah cara yang paling baik untuk melakukan lebih banyak dalam satu hari.

Contohnya adalah apa yang dilakukan Chris Gardner, seorang pialang saham kenamaan Wall Street yang mungkin sosoknya anda kenal dalam film Pursuit of Happyness. Dari sekian ratus sambungan telefon, di samping meletakkan gagang telefon untuk memutus sambungan (seperti apa yang seringkali kita lakukan), dia menutup sambungan dengan jarinya. Dengan demikian per harinya dia bisa menghemat sekian menit dan dapat melakukan panggilan telefon lebih banyak.

 

2. Mulai lebih Awal.

Jika Anda bukan tipe orang yang sering bangun pagi, mungkin sudah saatnya untuk segera merubah kebiasaan ini. Mulailah hari Anda dengan lebih awal. Berikan satu atau dua jam ekstra di tempat kerja anda dan lihat bagaimana perubahan hari Anda. Anda akan menemukan lebih banyak hal yang perlu dilakukan. Anda juga akan menemukan lebih banyak waktu untuk memikirkan inisiatif-inisiatif Anda.

 

3. Tetap Termotivasi.

Motivasi datangnya bisa dari mana saja. Dari hal kecil seperti memandangi foto orang terkasih di meja kerja anda, membaca buku, rajin beribadah atau mengikuti seminar. Motivasi akan membuat anda selalu tampil energik dan positif. Tetapi tetap saja, tidak ada yang bisa mengubah diri Anda kecuali kemauan yang keras dari dalam diri anda sendiri.

 

4. Belajar Berkolaborasi.

Belajarlah untuk bekerja sama dengan mereka yang punya landasan yang sama dengan anda. Tidak banyak orang yang bisa melakukannya. Sebab terkadang dalam proses kerjasama, seseorang terjebak dalam egonya masing-masing. Anda hanya perlu membuang ego Anda dan bekerja untuk kebaikan yang lebih besar, yaitu visi perusahaan anda.

 

5. Antusias.

Berikan energi dan antusiasme ke dalam pekerjaan Anda. Libatkan rekan-rekan anda di dalamnya. Sehingga anda akan dikenal sebagai sosok yang tak kenal lelah dalam mengejar tujuan yang lebih besar dari perusahaan. Dengan energi dan antusiasme ini, Anda akan menemukan lebih banyak hal yang bisa dilakukan.

 

6. Ambisi Tinggi.

Penting sekali menunjukkan bahwa anda punya ambisi yang tinggi. Dengan adanya ambisi, Anda akan tetap tertantang meskipun banyak pihak yang menghambat anda untuk maju. Seseorang yang mampu mengatasi tantangan demi tantangan akan menjadi orang yang unggul di bidang yang ditekuninya.

 

7. Lakukan lebih banyak.

Keseluruhan tips di atas tujuan akhirnya adalah membuat anda lebih produktif. Sebab untuk maju di tempat kerja, kunci utamanya adalah melakukan lebih banyak dari pada yang lain.

Share
Komentar