Yakinkan Calon Perusahaanmu Lewat 4 Cara Berikut!

Ketika perekrut meminta kamu menjawab pertanyaan, "Mengapa kami harus mempekerjakan Anda ?" artinya adalah, "Apa yang membuat Anda cocok untuk posisi ini?" Jawaban kamu untuk pertanyaan ini harus ringkas dan menjelaskan apa yang bisa kamu tawarkan kepada perusahaan. Cara terbaik untuk menanggapinya adalah untuk memberikan contoh yang pasti bagaimana keterampilan dan prestasi yang dimiliki bisa menjadikan kamu kandidat terbaik untuk pekerjaan itu. Bingung gimana cara meyakinkan pewawancara akan kemampuan kamu?

Berikut adalah 4 cara terbaik untuk meyakinkan pewawancara dalam interview pekerjaan.

1. Mencocokkan kualifikasi kamu dengan lowongan pekerjaan

Untuk mempersiapkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan interviewer, cermati terlebih dahulu kualifikasi yang diminta pada lowongan pekerjaan tersebut. Susunlah daftar persyaratan yang mungkin diajukan berkaitan dengan posisi yang kamu tuju, termasuk ciri-ciri kepribadian, keterampilan, dan kualifikasi. Kemudian, buat juga daftar keahlian dan pengalaman kamu yang sesuai dengan persyaratan ini.

Misalnya, jika pertanyaannya adalah apakah kamu bisa bekerja dalam tim dengan baik? Berikan jawaban yang sesuai dengan menghubungkannya pada pengalaman kamu, seperti apakah kamu pernah bekerja dalam sebuah tim pada pekerjaan sebelumnya atau terlibat dalam sebuah organisasi.

 

2. Berikan jawaban yang sesuai

Usahakan untuk selalu memberikan jawaban yang singkat dan padat, tapi tetap sesuai. Oleh karena itu, pilih satu atau dua sifat-sifat khusus dari daftar yang sudah kamu susun untuk menekankan pada promosi potensi kamu. Buat jawabanmu sesuai dengan apa yang ditanyakan dan tetap tambahkan informasi mengenai keahlian kamu. Mulailah dengan menjelaskan apa yang dicari oleh perusahaan dan bagaimana kamu bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

 


3. Fokus pada keunikan kamu

Pewawancara pasti ingin tahu bagaimana kamu bisa tampil lebih menonjol diantara para pelamar lainnya. Fokuslah pada satu atau dua kualitas kamu yang kamu rasa unik atau sulit untuk ditemukan pada kandidat lainnya. Jika kamu sudah sangat berpengalaman atau sangat menguasai keterampilan tertentu yang dibutuhkan untuk posisi tersebut, jangan ragu untuk mengungkapkannya. Ini adalah kesempatan kamu untuk memberitahu pewawancara mengapa kamu berpotensi untuk menjadi seorang karyawan yang berharga.

 

4. Tunjukkan prestasi yang telah diraih

Sudah menjadi hal yang umum ketika perusahaan meminta kamu untuk menunjukkan karya atau kemampuan yang dimiliki. Apalagi jika kamu memilih posisi yang butuh keahlian lebih. Untuk itu, pilihlah prestasi yang menggambarkan keahlian kamu di bidang yang kamu tuju dan masukkan ke dalam CV atau ungkapan langsung saat menjawab pertanyaan “Apa yang membuat Anda cocok untuk posisi ini?”

 

Tunjukkan kepada pihak perusahaan bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk menempati posisi yang ditawarkan berdasarkan dari prestasi dan kemampuan kamu.

 

Share
Komentar