Mulai Hari Anda dengan 4 Kebiasaan Ini agar Jadi Lebih Fokus Sepanjang Hari

Jika Anda seringkali merasa frustrasi karena terdistraksi di tempat kerja, Anda tidak sendirian. Mungkin Anda kadang harus menjalani diskusi Slack yang tiada habisnya, dan ketika diskusi tersebut berakhir, Anda jadi kesulitan berfokus kepada tugas yang Anda kerjakan. Atau, ada rekan kerja yang mengkritik Anda, dan Anda tak bisa berhenti mengingat-ingat komentarnya yang membuat Anda sakit hati.

Kehilangan fokus memang merupakan sebuah hal yang normal terjadi setelah kamu bekerja setelah sebuah periode yang cukup lama. Namun, jika Anda begitu mudah terdistraksi sepanjang hari, maka Anda mungkin harus mengubah beberapa kebiasaan di pagi hari Anda agar bisa jadi lebih fokus. Memulai hari dengan benar bisa membangun pondasi yang kuat untuk sepanjang hari.

 

Lakukan Ini di Pagi Hari agar Anda Jadi Lebih Fokus Ketika Ngantor.

1. Jalan Kaki Pagi Hari

Jika Anda sering membaca blog kesehatan dan kebugaran, Anda mungkin mengira bahwa “bergerak” pada pagi hari mengharuskan Anda melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Jika memang ini adalah mode olahraga pilihan Anda, maka lakukanlah. Tetapi, ini bukannya sebuah keharusan. Tak semua orang punya waktu atau daya untuk melakukan olahraga lari pagi-pagi. Jika memang Anda hanya mampu berjalan kaki pagi-pagi sebelum beraktivitas, maka lakukanlah ini.

Jalan kaki seringkali diremehkan kehebatannya. Padahal, berjalan-jalan bisa membantu Anda berpikir dan menghasilkan ide. Mendedikasikan waktu khusus untuk menggodok ide Anda bisa membantu Anda memformulasikan dan mengatur strukturnya. Jadi, ketika Anda sudah masuk ke kantor, Anda sudah siap untuk jadi lebih fokus sepanjang hari, bukannya kebingungan mau melakukan apa sebagai to do listAnda hari itu.

 

2. Menata Area Kerja

Perhatian kita dari sananya diprogram untuk memerhatikan apa yang baru. Karena itu, maka otak Anda akan cenderung tidak bisa tenang jika Anda masih memiliki sesuatu yang masih belum terproses. Jadi, jika Anda dikelilingi oleh buku-buku yang masih belum Anda baca, Anda mungkin jadi tergoda untuk menunda-nunda pekerjaan. Kerjaan yang belum tuntas akan mengingatkan Anda bahwa Anda punya tugas yang belum Anda kerjakan, yang bisa membuat Anda jadi stres dan jadi susah untuk berkonsentrasi dalam bekerja. Untuk jadi lebih fokus, Anda harus membereskan dulu area kerja Anda. Sebelum Anda menyalakan komputer, luangkan lima hingga 10 menit untuk memindahkan pekerjaan yang berserakan dan kertas-kertas yang mendistraksi Anda. Letakkanlah di tempat yang tidak bisa Anda lihat, seperti di dalam laci atau lemari.

 

3. Mandi Air Dingin

Banyak orang yang memilih untuk minum kopi tiap pagi untuk jadi lebih awas dan waspada. Kopi memang efektif, tetapi juga mampu membuat Anda merasa resah dan akhirnya malah menjadikan Anda lebih lelah ketika sudah agak siang. Sebaliknya, dengan mandi air es, Anda akan bangun tidur dengan segera, tanpa ada perasaan resah atau kelelahan karena energi dari kopi sudah habis. Segera balut diri Anda dengan pakaian hangat sehabis Anda mandi dan Anda akan jadi lebih fokus dan waspada saat sudah berada di kantor.

 

4. Pilih Prioritas Berbeda untuk Dikerjakan Setiap Harinya

Banyak ahli produktivitas yang memberikan tips untuk “mengerjakan prioritas paling penting” pada waktu paling awal Anda masuk kerja. Namun, jika Anda adalah tipe orang yang mudah bosan dengan melakukan hal-hal yang sama atau mirip setiap paginya, maka tips ini tidak akan cocok buat Anda. Pilihlah prioritas yang berbeda setiap pagi untuk dikerjakan duluan. Temukan kriteria yang akan membantu Anda menjalani hari lebih baik: misalnya, mengerjakan hal yang paling Anda tunda di hari sebelumnya. Mengubah kebiasaan bisa membuat Anda jadi lebih fokus.

 

Selamat mengupayakan hari yang lebih produktif!

Share
Komentar