Ingin Lebih Sehat dan Semakin Produktif? Yuk Letakkan Tanaman di Kantor!

 

Konsep go green  tak harus diwujudkan secara rumit kok. Anda bisa memulainya dari hal-hal kecil. Salah satunya adalah meletakkan tanaman di kantor. Setelah proses beres-beres kantor rampung, Anda bisa menambah sentuhan asri dengan menyiapkan aneka tanaman.

Jangan Ragu Meletakkan Tanaman di Kantor Mulai Sekarang agar Anda Lekas Mendapatkan Manfaatnya

 

1. Mengatasi Polusi dalam Ruangan

 

Ternyata bukan hanya tempat di luar ruangan yang rentan mengalami polusi. Ruangan kantor Anda pun bisa berpolusi karena pengaruh debu dan kotoran lainnya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan NASA pada tahun 1989, meletakkan tanaman di kantor ampuh meminimalkan polusi akibat zat trichloroethylene, benzene, dan formaldehyde.

 

2. Meminimalkan Risiko Asma

Studi mengenai tanaman di ruangan kantor juga dilakukan di University of Agriculture Norwegia pada tahun 1998. Hasil studi tersebut menyatakan bahwa tanaman yang diletakkan di dalam ruangan terbukti dapat menyerap debu dan mengurangi gejala gangguan sistem pernapasan. Risiko asma, batuk, dan gangguan pernapasan lainnya bisa berkurang hingga 30% jika ada tanaman di kantor Anda.

 

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Memandangi tanaman-tanaman hijau di sela rutinitas akan meringankan dampak stres bagi tubuh dan pikiran Anda. Bila otak terhindar dari stres, Anda pun akan menjadi lebih kreatif dan produktif saat menyelesaikan pekerjaan. Bahkan suasana hati Anda juga akan menjadi lebih stabil. Anda dapat terbebas dari bad mood yang kerap mengganggu semangat kerja.

 

4. Membantu Mengurangi Rasa Cemas

Rasa cemas tentu tak bisa dipisahkan dari kehidupan kantor. Ada saja hal-hal yang bisa membuat Anda cemas, misalnya ketika akan mengikuti rapat penting, bertemu dengan klien bisnis besar, atau saat bos sedang protes dengan hasil kerja Anda. Perasaan cemas ternyata dapat dikendalikan dengan baik jika Anda tanaman di kantor. Sebab keberadaan tanaman tersebut akan memberikan efek relaksasi yang maksimal bagi tubuh dan pikiran Anda.

Penelitian tentang manfaat tanaman untuk membantu mengurangi rasa cemas dan kelelahan pernah dilakukan di rumah sakit. Kini, tentu tak ada salahnya jika Anda menerapkan hasil penelitian tersebut pada ruangan kantor Anda.

 

5. Menjaga Kesehatan Mata

Kalau sudah lelah memandangi layar komputer atau gadget selama berjam-jam, berarti sudah saatnya membuat mata jadi lebih rileks. Anda bisa mengalihkan pandangan pada sudut-sudut hijau di ruangan kantor. Dengan demikian, mata Anda akan terbebas dari rasa lelah. Risiko gangguan daya penglihatan pun dapat diminimalkan bila Anda rutin melakukan relaksasi mata.

 

Apakah selama ini ruangan kantor Anda sudah dilengkapi berbagai tanaman?

Kalau belum, tentu masih ada kesempatan untuk membuat ruangan kantor Anda jadi lebih nyaman. Yuk siapkan aneka tanaman berukuran kecil dan sedang yang cocok dipadukan dengan interior kantor Anda.

 

Share
Komentar