Belum Punya Pengalaman Tapi Ingin Cepat Dapat Kerja? Ini Tipsnya!

Masih menganggur dan tak kunjung dapat panggilan kerja atau wawancara? Jangan menyerah, Ladies. Tidak ada kata terlambat untuk terus mencoba yang terbaik. 

Persaingan yang makin ketat dan tuntutan yang makin berat memang kerap membuat kita makin sulit mendapat pekerjaan. Apalagi kalau kita belum punya pengalaman kerja sebelumnya, perjuangan jadi lebih berat lagi. Jangankan mendapat pekerjaan di kantor atau perusahaan impian, CV kita dilirik saja nggak. Tapi selalu ada cara yang bisa dicoba untuk mendapat pekerjaan yang kamu inginkan di tengah keterbatasan.

  • Cantumkan Prestasi atau Pencapaian yang Pernah Kamu Dapat

Dalam membuat CV atau resume, kamu perlu menunjukkan kalau kamu punya potensi dan kemampuan. Meski belum punya pengalaman kerja profesional, kamu masih tetap bisa mencantumkan prestasi atau pencapaian yang pernah kamu dapat. Tapi sesuaikan juga dengan posisi yang kamu lamar, ya. Misal, rasanya nggak perlu kamu mencantumkan pernah jadi juara lomba balap karung di desamu kalau posisi yang kamu lamar adalah jabatan manajer.

  • Tak Perlu Merendahkan Diri

Di surat lamaran, tak perlu mengatakan kalau kamu masih belum punya pengalaman apa-apa. Sebagai gantinya, tuliskan betapa semangat dan tak sabarnya dirimu untuk mulai bekerja di tempat yang kamu lamar tersebut. Meski belum punya pengalaman kerja, semangat nggak boleh kendur dong.

  • Sebutkan Keahlian yang Kamu Punya

Ambil contoh, kamu mau melamar sebagai desainer grafis (graphic designer), jelaskan keahlian apa saja yang kamu punya dan software apa saja yang kamu kuasai. Kalau bisa jelaskan se-spesifik mungkin. Kalau kamu pernah menangani proyek tertentu yang berkaitan dengan keahlianmu, sebutkan juga. Perlihatkan potensi dan kelebihan serta keunggulan dirimu.

  • Buat Portofolio Karyamu

Punya akun media sosial atau blog? Manfaatkan itu jadi media portfoliomu. Saat ini banyak pencari kerja yang mengecek latar belakangmu dari aktivitasmu di media sosial. Pastikan nggak ada yang alay di media sosialmu. Kalau perlu buat akun yang baru untuk dijadikan media portofolio yang lebih baik.

  • Minta Rekomendasi dari Orang Terpercaya

Kamu bisa melampirkan surat rekomendasi dari orang terpercaya. Seperti dari dosen pembimbing, atasan tempat dulu kamu pernah magang, atau ketua organisasi tempat kamu pernah aktif dan terlibat. Surat rekomendasi ini bisa jadi penguat CV dan surat lamaranmu. Setidaknya kamu memiliki poin plus bahwa kamu merupakan orang yang dapat dipercaya dan seorang pekerja keras.

Intinya jangan patah semangat dulu saat berjuang cari pekerjaan yang terbaik. Kamu punya potensi dan kemampuan, tinggal menemukan tempat yang paling tepat untuk menggunakan semua keahlianmu tersebut. Semangat, Ladies!

 

 

Share
Komentar