Latihan Wawancara

Setelah memilih pakaian wawancara yang sesuai, sekarang saatnya mempersiapkan untuk wawancara yang sebenarnya.

Berikut adalah daftar langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk mempersiapkan diri anda dalam wawancara.

 

Buat daftar kualifikasi anda

buatlah daftar keahlian dan pengalaman anda yang berhubungan dengan kualifikasi pekerjaan tersebut. Ini akan membantu anda menjawab pertanyaan penting tentang mengapa anda cocok untuk pekerjaan tersebut.

 

Buat daftar pertanyaan dan jawaban

Buat daftar pertanyaan wawancara umum dan pikirkan bagaimana anda akan menjawab masing-masing pertanyaan. Pikirkan juga pertanyaan spesifik dari perusahaan yang mungkin akan ditanyakan kepada anda. Sekarang anda dapat menemukan contoh pertanyaan yang diajukan oleh perusahaan di berbagai website, salah satu website yang menyediakan contoh pertanyaan adalah Glassdoor. Pastikan anda tahu bagaimana anda akan menjawab setiap pertanyaan

Anda tidak perlu meghafal jawaban tersebut kata demi kata, karena anda akan terdengar seperti robot saat wawancara. Cukup catatkan beberapa catatan untuk setiap pertanyaan wawancara agar anda ingat pada gagasan utama yang ingin anda atasi dalam setiap jawaban.

 

Praktek, Praktek, dan Praktek

Cara terbaik untuk mempersiapkan wawancara adalah berlatih, anggaplah latihan tersebut adalah wawancara yang sebenarnya. Mintalah seseorang teman atau anggota keluarga untuk mewawancarai anda, mintalah mereka mengajukan pertanyaan dari daftar pertanyaan wawancara yang anda tulis. Mintalah mereka untuk memberikan umpan balik yang membangun tentang cara anda menjawab pertanyaan, Bahasa tubuh, profesionalisme, dll.

Anda juga bisa merekam suara/ syuting diri anda sendiri. Lihatlah kembali rekaman untuk melihat seberapa baik anda menjawab setiap pertanyaan. Kaji bahasa tubuh anda, kontak mata, dan nada suara anda. Buat ruang di mana anda akan melakukan praktek wawancara, pergi ke kedai kopi atau di meja dapur anda. Jika ada yang membantu anda, mintalah dia untuk duduk di depan anda. Dengan mengenakan pakaian wawancara, pengalaman tersebut akan terasa lebih otentik.

 

Dengan mempersiapkan jawaban, Anda akan lebih percaya diri masuk ke dalam wawancara sebenarnya. Alih-alih berjuang untuk menjawab setiap pertanyaan selama wawancara, Anda akan bisa fokus untuk terhubung dengan pewawancara.

Share
Komentar